Biografi KH. Hasyim Arsyad

  • Abd Kadir M Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Ulama,, KH. Hasyim Arsyad, penceramah, Guru tua

Abstract

Ulama sebagai tokoh sentral dalam komunitas Islam memegang peranan penting dalam menyerukan dan menyebarkan ajaran-ajaran Islam di tengah masyarakat. Penelitian ini mengungkapan biografi salah seorang ulama di Sulawesi Utara. Dengan metode kualitatif, temuan penelitian menunjukkan bahwa K.H. Hasyim Arsyad adalah seorang ulama yang disegani dalam masyarakat, karena keluasan ilmunya, dan keikhlasannya dalam melakukan kegiatan keagamaan. Keluasan ilmu agamanya diperoleh secara langsung dari seorang ulama kharismatik dan pendiri Perguruan Alkhaerat di Palu, yaitu Sayyid Idrus Aljufri yang dikenal dengan Guru Tua. Keikhlasan dan pesan gurunya itu dijadikan dasar dalam menempa dirinya sebagai ulama. Selama hidupnya, ia mengabdikan dirinya dalam bidang pendidikan, baik di lembaga pendidikan pemerintah maupun di lembaga pendidikan Alkhaerat dan lembaga swasta lainnya. Sementara kegiatannya di bidang dakwah ditekuninya sampai akhir hayatnya.

References

Abdullah, Wan Mohd. Shaghir. 2006. Syeikh Arsyad Thawil al-Bantani-Ulama Jihad di Banten. http://ulama-nusantara.blogspot.co.id/ (diakses 15 Juni 2013).
Al Anshori, M. Junaedi. 2010. Sejarah Nasional Indonesia: Masa Prasejarah Sampai Masa Proklamasi Kemerdekaan. Jakarta: Mitra Aksara Panaitan.
Babcock, Tim G. 1989. Kampung Jawa Tondano: Religion and Cultural Identity. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Badan Pusat Statistik. 2012. Sulawesi Utara dalam Angka 2012. Manado: Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara.
Bilfagih, Taufik. 2010. Dapatkan Syair Wasiat Ayah Karangan Syekh Abd. Samad Bachdlar. http://www.alhikam-indonesia.com/, (diakses 15 Juni 2013).
Horikoshi, Hiroko. 1987. Kyai dan Perubahan Sosial. Jakarta: Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M).
Jumat, Gani. 2012. Nasionalisme Ulama: Pemikiran Politik Kebangsaan Sayyid Idrus bin Salim Aljufri. Jakarta: Kementerian Agama.
Mirnawati. 2012. Kumpulan Pahlawan Indonesia Terlengkap. Jakarta: Penerbit CIF.
Rombepayung, J.P. dkk. T.th. Monografi Daerah Sulawesi Utara. Jakarta: Proyek Pengembangan Media Kebudayaan Depdikbud.
Sulaiman, M. Noor., 2000. Peranan Alkhairat dalam Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Kaili di Sulawesi Tengah (1930-1996). Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga.
Suwondo, Bambang. 1978. Sejarah Kebangkitan Nasional Daerah Sulawesi Utara. Jakarta: Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan Daerah Sulawesi Utara.
Taulu, HM. 1977. Sejarah Ringkas Masuknya Agama Islam di Sulawesi Utara. Manado: Yayasan Manguni Rondor.
Tumenggung, dkk. 1977. Adat Istiadat Daerah Sulawesi Utara. Jakarta: Proyek Penelitian Sejarah dan Budaya Depdikbud.
Published
2015-11-03