Lektur Keagamaan Kontemporer di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jawa Barat

  • Syarifuddin Amir Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Perpustakaan, Layanan, Lektur, Keagamaan

Abstract

Perpustakaan adalah jantung perguruan tinggi sekaligus sebagai salah satu tolak ukur kualitas perguruan tinggi. Oleh karena itu pemanfaatan layanan perpustakaan kepada user perlu dimaksimalkan. Penelitian ini memotret pola pemanfaatan lektur keagamaan di Perpustakaan UIN Sunang Gunung Djati Bandung dengan dengan menggunakan metode kualitatif. Secara umum, koleksi lektur keagamaan di UIN Sunan Gunung Djati cukup bervariasi dengan berbagai jenisnya seperti buku, buku, CD, Audio Visual maupun jurnal ilmiah. Pola pemanfaatan koleksi terbagi ke dalam beberapa layanan yaitu layanan Layanan Keanggotaan, Layanan Sirkulasi, Layanan Skripsi, Tesis dan Disertasi dan Layanan Penulusuran informasi. Layanan-layanan pada umunya berlaku di beberapa perpustakaan di nusantara. Hanya saja data frekuensi pemanfaatan pada Bidang Layanan UPT Perpustakaan UIN Sunan  Gunung Djati Bandung hanya ada pada layanan sirkulasi. disamping itu, layanan sirkulasi masih belum mengakomodir layanan perpustakaan digital (digital library).    

References

F. Rahayuningsih. 2007. Pengelolaan Perpustakaan. Cet. 1; Yogyakarat: Graha Ilmu, 2007.
Lasa HS. 2007. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Cet. 1; Yogjakarta: Pustaka Book Publisher, 2007.
Mulia, Musda dkk (ed.). 1998. Katalog Naskah Kuno yang Bernafaskan Islamdi Indonesia II. Jakarta: Badan Litbang Agama Departemen Agama RI.
------------- 1999. Katalog Naskah Kuno yang Bernafaskan Islam di Indonesia II. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Agama Departemen Agama RI.
Nanang Ismail. et.al. Pembangunan Sistem e-Library Berbasis Free Open Source Software (FOSS) untuk Peningkatan Layanan Perpustakaan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung . Makalah Disampaikan pada Konferensi Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia, 14-15 Juni 2011.
Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Penuntun Teknis Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2012..
Puslitbang Lektur Keagamaan, diedit oleh Fadhal AR Bafadal dan Muchlis. Anotasi Buku-Buku Keagamaan Kontemporer. Jakarta: Puslitbang Lektur keagamaan Badan Litbang dan Diklat Depatemen Agama RI Gedung Bayt al-Qur’an dan Museum Istiqlal Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, 2006.
Sugiyono. 2007. Memahami Penelitan Kualitatif. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Suwarno, Wiji. 2010. Perpustakaan dan Buku: Wacan Penulisan dan Penerbitan. Cet. I; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007.
Wahyu Suprianti dan Ahmad Muhsin. Teknologi Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Kanisius, 1998.
Sumber Internet Diakses pada tanggal 11 Oktober 2103.
http://www.pemustaka.com/perpustakaan-ideal-impian.html. Diakses pada tanggal 11 Oktober 2103.
http://www.pemustaka.com/reinterpretasi-paradigma-erpustakaan-di-era-tehnologi-informasi.html. Diakses pada tanggal 11 Oktober 2103.
Published
2015-11-21