Kreatifitas Hukum Islam Di Indonesia

  • Abu Muslim Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Kreatifitas, Hukum Islam, Indonesia, Yurisprudensi, Fatwa

Abstract

Penelitian ini mengkaji secara deskriptif tentang kreatifitas hukum Islam di Indonesia. Tulisan ini melakukan pelacakan historis terkait eksistensi hukum Islam di Indonesia melalui teori-teori pemberlakuan hukum Islam yang meliputi periode penerimaan hukum Islam sepenuhnya dan periode penerimaan hukum Islam oleh hukum adat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreatifitas hukum Islam di Indonesia dapat dilihat dari hubungan antara hukum Islam dan hukum nasional terlihat dalam tiga bentuk, yaitu: (a) Hukum Islam yang berlaku khusus bagi umat Islam, (b) Hukum Islam masuk ke dalam hukum nasional secara umum yang memerlukan pelaksanaan khusus, dan (c) Hukum Islam masuk ke dalam Undang-undang yang berlaku secara umum bagi seluruh warga Negara Republik Indonesia. Kesemuanya kemudian terimplementasi ke dalam fikih, fatwa, putusan hakim, dan perundang-undangan.

 

Kata Kunci: Kreatifitas, Hukum Islam, Indonesia, Yurisprudensi, Fatwa 

 

References

Abdillah, Masykuri, dkk. 2005. Formalisasi Syari’at Islam di Indonesia Sebuah Pergulatan Yang Tak Pernah Tuntas. Renaisan.
Ash-Shiddiqy, Hasbi. 1996. Syari’at Islam Menjawab Tantangan Zaman. Jakarta: Bulan Bintang.
Azhar Basyir, Ahmad. 1993. Hukum Islam di Indonesia dari Masa ke Masa. dalam Moh. Mahfud, M.D. Peradilan Agama dan Kompilasi Hukum Islam dalam Tata Hukum Indonesia. Yogyakarta: UII-Press.
Azizy, Qadri. 2002. Eklektisisme Hukum Nasional Kompotisi Antara Hukum Islam dan Hukum Umum. Yogyakarta: Gama Media.
Bisri, Cik Hasan. 1998. Hukum Islam Dalam Tatanan Masyarakat Indonesia. Jakarta: Logos.
Daud Ali, Muhammad. 1994. Hukum Islam: Peradilan Agama dan Masalahnya, dalam Praja, Hukum Islam di Indonesia: Pemikiran dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
__________. 1997. Hukum Islam dan Peradilan Agama : Kumpulan Tulisan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fuad, Mahsun. 2005. Hukum Islam Indonesia: dari Nalar Partisipatoris Hingga Emansipatoris. Yogyakarta: LKiS.
Hanafi, Ahmad. 1986. Sejarah dan Pengantar Hukum Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Harahap, M. Hahya. 1999. Informasi Materi Kompilasi Hukum Islam : Mempositifkan Abstraksi Hukum Islam, dalam Cik Hasan Bisri (Peny.), Kompilasi Hukum Islam dan Peradilan Agama dalam Sistem Hukum Nasional. Jakarta : Logos Wacana Ilmu.
Ichtijanto, S.A., 1991. “Pengembangan Teori Berlakunya Hukum Islam di Indonesia”, dalam Juhaya S. Praja, Hukum Islam di Indonesia: Perkembangan dan Pemikiran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
al-Jauziyah, Ibnu Qayyim. t.th. I'lam al-Muwaqqiin an Rab al-Alamin. Juz III, Beirut: Dar al-Fikr.
Jazuli, A. 1991. Ilmu Fiqh: Sebuah Pengantar. Bandung: Orba Shakti.
Lewis, Bernard et. al. (Ed.). 1973. The Encyclopaedia of Islam. Leiden: E.J. Brill.
Marzuki Wahid dan Rumadi. 2001. Fikih Mazhab Negara. Yogyakarta: LkiS.
Mudzhar, Muh. Atho. 1993. Fatwa-Fatwa Majelis Ulama. Jakarta: INIS.
al-Munawar, Said Agil. 2004. Hukum Islam dan Pluralitas Sosial. Jakarta: Penamadani.
Ramulyo, Muhammad Idris. 1997. Asas-asas Hukum Islam Sejarah Timbul dan Berkembangnya Kedudukan Hukum Islam dalam system Hukum di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.
Rasdiyanah, Andi. 1996. Problematika dan kendala yang dihadapi Hukum Islam dalam Upaya Transformasi ke Dalam Hukum Nasional, Makalah disampaikan pada Seminar Nasional tentang Kontribusi Hukum Islam dalam Pembangunan Hukum Nasional setelah 50 Tahun Indonesia Merdeka, pada tanggal 1 – 2 Maret 1996 di Makassar.
S.A., Ichtijanto. 1991. Pengembangan Teori Berlakunya Hukum Islam di Indonesia, dalam Juhaya S. Praja, Hukum Islam di Indonesia: Perkembangan dan Pemikiran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saifuddin Anshari, Endang. 1996. Piagam Jakarta 22 Juni 1945. Bandung: Rajawali Press.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Sunny, Ismail. 1996. Kedudukan Hukum islam dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia, dalam Amrullah Ahmad, Dimensi Hukum Islam dalam Sistem Hukum Nasional Mengenang 65 Tahun, Prof. Dr. H. Bustanul Arifin, SH. Jakarta: Gema Insani Press.
Yafie, Ali. 1994. Fikih Sosial. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
. 1995. Menggagas Fikih Sosial. Bandung: Mizan.
Published
2015-11-21