Pandangan Al-Qur’an Terhadap Bullying Verbal dan Hate Speech

  • Muhammad Alwi Nasir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammad Asri Nasir MTs Negeri Bantaeng
Keywords: bullying verbal, hate speech, Al-Qur’an

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas pandangan Al-Qur‘an terkait perilaku bullying verbal dan hate speech sebagai fenomena yang akhir-akhir ini sering terjadi, khususnya di kalangan pelajar. Kedua perilaku tersebut ternyata banyak memberikan dampak yang negatif terhadap korban, baik itu mencakup skala kecil seperti kehilangan kepercayaan diri hingga skala yang besar yakni keinginan untuk bunuh diri dan terciptanya konflik. Melihat dampak-dampak yang diberikan pada seseorang, maka perlu untuk memberikan solusi untuk mengatasi perilaku buruk tersebut, salah satunya adalah dengan melalui pemahaman agama. Agama Islam yang menjunjung tinggi sikap saling menghormati antarkelompok maupun antarindividu turut andil dalam peran tersebut melalui Al-Qur’an. Tulisan ini menggunakan penelitian pustaka atau library research dengan menggali informasi yang bersumber dari kitab, jurnal dan artikel-artikel yang berkaitan dengan pembahasan bullying verbal dan hate speech. Metode yang digunakan adalah metode maudhu’i yakni mengumpulkan dan menganalisa ayat- ayat Al-Qur’an yang membahas masalah topik tertentu kemudian mengelaborasinya dari segala aspek. Adapun hasil temuan dalam penelitian yakni sebagai berikut: Pertama, QS. al-Hujurat [49]: 11 berisikan larangan terkait perilaku bullying verbal dan hate speech. Kedua, solusi yang ditawarkan Al-Qur‘an, yaitu dengan bertakwa kepada Allah; berkata baik; dan memanggil dengan panggilan yang baik. Ketiga, sikap yang dicontohkan Al- Qur’an ketika berhadapan dengan perilaku tersebut, yaitu berpaling dari mereka, dan memberikan nasehat kepada pelaku tersebut. Kata Kunci: bullying verbal, hate speech, Al-Qur’an

References

Abdillah, F., Pohan, A. S. M., & Susanti, E. (2024). Bullying Dan Hate Speech Pada Mahasiswa MPI. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 1. https://doi.org/10.61132/yudisti ra.v2i1.371

Al- Farmawi, Abd. H. (1996). Metode Tafsir Maudhu’I: Studi Pengantaar. Rajawali Pers.

Al-Fidāi Ismāīl Ibn Umar Ibn Kaṡīr al- Dimasyqī, A. (1999). Tafsīr al- Qur’ān al- Aẓīm, Juz 7. Dār Ṭayyibah Li al-Nasyīr wa al- Tawzī‟.

Asir, A. (2014). Agama Dan Fungsinya Dalam Kehidupan Umat Manusia. Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman, Vol. 1, No.1.

Asri, K. H., Rahman, L. N., & Ummah, R. (2022). Dampak Bullying, Kekerasan Dan Hate Speech Pada Anak: Studi Kasus Di SMK Swasta Caringin Bogor, Indonesia. 3(2).

Brown, A. (2017). What Is Hate Speech? Part 1: The Myth Of Hate. Law And Philosphy.

Darmawan. (2017). Fenomena Bullying (Perisakan) Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Kependidikan, 1, No. 2.

Enoh. (2007). Konsep Baik (Kebaikan) dan Konsep Buruk (Keburukan) Dalam Al-Qur‘an (Analisis Konseptual Terhadap Ayat-Ayat yang Bertema Kebaikan dan Keburukan). Mimbar, XXIII, no. 1.

Fahruddin, M. M. (2012). Konsep Inner Beauty: Kajian Pendidikan Akhlaq. Jurnal el- Hikmah Fakultas Tarbiyah UIN Malang, IX, no. 2.

Fajar Shidiqi, M., & Suprapti, V. (2013). Pemaknaan Pada Remaja Penindas (The Bully). Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial, 2, No. 2.

Harahap, M. S. (2015). Arti Penting Nilai Bagi Manusia Dalam Kehidupan Bermasyarakat (Suatu Kajian Dari Filsafat Hukum). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 6, No. 1.

Ḥasan Alī bin Aḥmad al-Wāḥidī al- Naisābūrī, A. (1980). Asbāb al- Nuzūl. Dār al-Kutub al- Ilmiyyah.

Hidayati, N. (2012). Bullying Pada Anak: Analisis Dan Alternatidf Solusi. Insan, 14, No. 1.

Hutagaol, R. W., Utomo, K. S., Febrianti, Mandala, I. O., Putra, R. S., Sibarani, Y., & Ma’muriyah, N. (2022). Bullying Dan Hate Speech Di Kalangan Pemuda. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), Vol. 4 No. 1.

Iqbal Ahnaf, M., & Suhadi. (2014). Isu- Isu Kunci Ujaran Ujaran Kebencian(Hate Speech): Implikasinya Terhadap Gerakan Sosial Membangun Toleransi. Harmoni: Jurnal Multikultural & Multireligius, 13, No. 3.

Irawan. (2018). Hate Speech Di Indonesia: Bahaya Dan Solusi. Mawa’izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 9, No. 1.

Ja‘far Muḥammad bin Jarīr al- Ṭabarī, A. (2001). Jāmi’ al- Bayān an Ta’wīl al-Qur’ān (Juz 21). Hijr.

Junita Ningrum, D., Suryadi, & Eka Chandra Warhana, D. (2018). Kajian Ujaran Kebencian Di Media Sosial. Jurnal Ilmiah Korpus, II, No. III.

Kartika Sari, S. (2020). Bullying Dan Solusinya Dalam Al-Qur‘an. Academic Journal of Islamic Principles and Philosophy, 1, No. 1.

Marela, G., Wahab, A., & Raymondalexas Marchira, C. (2017). Bullying Verbal Menyebabkan Depresi Pada Remaja SMA Di Kota Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat (BKM Journal Of Community Medicine And Pubic Health), 33, No. 1.

Muannas, & Mansyur, M. (2020). Model Literasi Digital untuk Melawan Ujaran Kebencian di Media Sosial. Jurnal IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi), 22, No. 2.

Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. Konseling Edukasi: Journal of Guidance And Counseling, 2, No. 2.

Nyoman Ayu Suciartini, N., & Luh Putu Unix Sumartini, N. (2018). Verbal Bullying Dalam Media Sosial. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6, No. 2.

Pahriadi. (2018). Ujaran Kebencian Perspektif Al-Qur‘an (Suatu Kajian Tahlili Terhadap QS. al-Zariyat/51: 52-55). Fakultas Ushuluddin, Filsafat dan Politik, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Pragholapati,

A., Muliani, R., & Lia Aryanti, F. (2020). Hubungan Bullying Dengan Kemampuan Sosial Pada Remaja Di SMK Kota Bandung. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 9, No. 1.

Ratna Gayatri, P. (2019). Dampak Tindakan Bullying Dengan Kecemasan Pada Remaja. Judika: Jurnal Nusantara Medika, 3 No.1.

Ridwan Siregar, M., & Yunita Puri, V. (2017). Relevansi Hate Speech Dasar Agama Melalui Internet Dengan Cyber Terrorism. Justita Et Pax: Jurnal Hukum, Vol. 33, No. 2.

Rizqi, H., & Inayati, H. (2019). Dampak Psikologis Bullying Pada Remaja. Jurnal Kesehatan “Wiraraja Medika,” 9, No. 1.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (cet. 1). Literasi Media Publishing.

Subekti, R., & Anismaditya, P. (2020). Dampak Ujaran Kebencian Di Media Sosial Pada Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Warga Kepunduhan. Jurnal Ilmiah Semantika, 2.

Sufriani, & Purnama Sari, E. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di Sekolah Dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Idea Nursing Journal, VIII, No. 3.

Yuyarti. (2018). Mengatasi Bullying Dengan Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif, 9, No. 1.

Zain Zakiyah, E., Fedryansyah, M., & Surya Gutama, A. (2018). Dampak Bullying Pada Tugas Perkembangan Remaja Korban Bullying. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 1, No. 3.

Zain Zakiyah, E., Humaedi, S., & Budiarti Santoso, M. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM, 4, No. 2.

Zulkarnain. (2020). Ujaran Kebencian (Hate Speech) Di Masyarakat Dalam Kajian Teologi. Studia Sosial Religia, 3, No. 1.
Published
2024-06-02