I’jaz Alquran (Pandangan Abdul Qahir al-Jurjani)

  • Kartini Kartini Institut Agama Islam Negeri Palopo
Keywords: I’jaz, Al-Qur’an, Balaghah, Al-Jurjani, Al-Bayan

Abstract

Perkembangan balaghah sebagai satu bidang kajian bahasa Arab, tidak dapat dipisahkan dari kajian الإعجاز القرآني dengan lahirnya kitab bernama (مجاز القرآن) karya Abu Ubaidah Mu’ammar ibn al-Mutsanna (w. 209 H/213H), yang merupakan kitab pertama secara khusus mengkaji balaghah, kemudian dilanjutkan oleh banyak ahli seperti al-Jahiz dalam kitabnya (البيان والتبيين), dan puncaknya dilakukan pada masa Abdul Qahir al-Jurjani dengan pendekatan النظم (struktural) dalam karyanya (دلائل الإعجاز) dan (أسرار البلاغة). Pandangan al-Jurjani inilah yang menjadi fokus pembahasan dalam makalah ini, bahwa  إعجاز القرآن menurut Al-Jurjani bukan pada keindahan lafaz dan makna setiap lafaz tersebut, melainkan pada struktur kalimat dan makna yang terdapat dibalik struktur kalimat tersebut. Al-Jurjani adalah seorang ahli balaghah sama seperti ahli balaghah yang lain, maka semua unsur yang dibahas dalam ilmu balagha dibahas oleh Al-jurjani seperti al-ma’ni, al-bayan, al-badi’, dan sebagainya.

 

Kata Kunci: I’jaz Al-Qur’an, Balaghah, Al-Jurjani, Al-Bayan

References

Ainin, Muhammad. 2010. Fenomena Pragmatik dalam Al-Quran. Misykat.
Dhaifi Syauqi. Mu’jizat al-Qur’an . Kairo: Dar Al-Ma’arif.
Hidayat,H. D. Al-Balagah li al-Jami’ wa al-Syawahid Min Kalam al-Badi’. Semarang: PT. Karya Toha Putra dan Yayasan Bina Masyarakat Qur’ani.
Husain, Abdul Qahir, Atsar al—Nuhat fi Bahts al-Balagah .
Qardaw, Yusuf. 1999. Berinteraksi dengan Al-Qur’an. Terjemahan Abdul Hayyi Al-Kattani. Jakarta: Gema Insani.
Shihab, M. Quraish. 2007. Mukjizat Al-Quran Ditinjau dari Aspek Kebahasaan Isyarat Ilmiah dan Pemberitaan Gaib. Bandung: Mizan.
Shihab, Umar. 2007. Kontekstual Al-Quran, Kajian Tematik Atas Ayat-ayat Hukum dalam Al-Qur’an. Jakarta: PT. Penamadina.
Published
2015-11-21