Pemetaan Kualitas Madrasah Aliyah Di Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo

  • Rosdiana Rosdiana Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: standar, kualitas, madrasah aliyah

Abstract

Penelitian pemetaan kualitas madrasah ini, bertujuan menggali komponen pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan yang tertuang dalam PP Nomor 19 Tahun 2007, dan disempurnakan dengan PP Nomor 32 Tahun 2013. Meliputi kualitas isi, proses, lulusan tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan kualitas penilaian. Komponen-komponen ini dikaji melalui metode mapping capacity. Instrumen penelitian angket digunakan untuk menjaring data kuantitatif dan pedoman wawancara digunakan untuk menjaring data kualitatif. Hasil penelitian terhadap masing-masing madrasah yang diteliti kategori Sangat Baik terdapat pada kualitas lulusan, dan kualitas proses. Kategori cukup terdapat pada kualitas isi, pengelolaan, dan penilaian. Kategori kurang terdapat pada kualitas tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, serta kualitas pembiayaan. Kondisi terhadap kualitas yang belum memenuhi standar pendidikan merupakan tantangan yang harus dijawab sebagai upaya dalam mengejar standar kualitas ideal. Peran penting pihak terkait menjadi titik penentu bagi masa depan madrasah untuk eksis dalam mencerdaskan bangsa.

References

Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah (Dalam Teori, Konsep, dan Analisis). Jakarta. Prestasi Pustaka.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2013. Kiat Melahirkan Madrasah Unggu-lan, Merintis dan Mengelola Madrasah yang Kompetitif, Jogjakarta, Diva Press.
Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. 2005. Upacara Adat Provinsi Gorontalo. Direktorat Jenderal Nilai dan Kebudayaan, Seni, dan Film.
Harmanto. Gatot. 2008. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Geografi untuk SMA/MA: Ringkasan Materi X, XI, dan XII. Bandung: Yrama Widya.
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta, Gaung Persada Press.
Priadi, Surya. Pemetaan Pendidikan (Education Mapping) Sebagai Dasar Meningkatkan Layanan Pendidikan, Disertasi, Univer-si¬tas Negeri Yogyakarta, Priadisurya@Uny.Ac.Id.
Rohman, Muhammad dan Sofan Amri. 2012. Manajemen Pen¬di-dikan, Analisis dan Solusi Terhadap Kinerja Manajemen Kelas dan Strategi Mengajar yang Efektif, Jakarta, Prestasi Pustaka.
Su’ud, Udin Syaifudin. 2011. Pe-rencanaan Pendidikan, Su¬atu Pendekatan Komprehensif, Bandung. Remaja Rosdakarya.
Syukran Nafis, Ahmadi. 2010. Pendidikan Madrasah Dimensi Profesional dan Kekinian, Yogyakarta, LaksBang PRESSindo.
Published
2015-11-21