Problematika Pemanfaatan Buku Teks PAI Pada SD Di Kota Ambon

  • Muhammad As'ad Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: pemanfaatan, buku teks

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap pemanfaatan buku teks PAI pada SD di Kota Ambon berkaitan dengan berbagai problema dan upaya mengatasinya. SDN 1 Ambon dan SDN 89 Ambon dipilih sebagai sasaran penelitian ini memiliki karakteristik berbeda dari kondisi masyarakat lingkungannya, kota dan pinggiran kota  dan akreditasinya, B dan C. Masing-masing kedua sekolah ini hanya mempunyai seorang guru PAI. Buku ajar PAI di SDN 1 dibeli sendiri oleh murid sedang di SDN 89 diadakan Pemerintah. Kedua SD tersebut pada tahun ajaran 2014/2015 masih menggunakan kurikulum KTSP. Dalam proses pembelajaran pada kedua sekolah tersebut, buku teks pelajaran PAI dipergunakan sebagai instrumen pembelajaran di setiap kelas tanpa buku bantu selain LKS. Pada SDN 1 Ambon, saat pelajaran agama, siswa beragama Islam pindah ke ruang lain. Pada SDN 1 Ambon, buku teks pelajaran PAI tidak disediakan oleh pihak sekolah, Sedangkan pada SDN 89 disediakan oleh sekolah. 

Kata Kunci: pemanfaatan, buku teks

References

As’ad, Muhammad, dkk. 2009. Reformulasi Buku-Buku Paket Madrasah. Makassar: Idelenggara.
Badan Pusat Statistik Kota Ambon. 2014. Kota Ambon dalam Angka Tahun 2014.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Menteri Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Nomor 11 Tahun 2005.
Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Muslim, Abu. 2014. Membaca ‘Pusat Literasi’ dari Pelosok Negeri (Ironi Pengelolaan Perpustakaan Madrasah Aliyah di Konawe Selatan). Makalah disampaikan pada seminar nasional hasil penelitian Balai Litbang Agama Makassar tahun 2014. Makassar.
Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. 1986. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung : PT. Angkasa.
Published
2016-05-20