Adaptasi Pembelajaran Kitab Kuning dalam Konteks Modernisasi Pada Pondok Pesantren Darul Falah Ternate

  • Andy Andy IAIN Ternate
  • Akramun Nisa Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Makassar
  • Minggusta Juliadarma Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Ternate
Keywords: pondok pesantren, modernisasi pembelajaran, kitab kuning

Abstract

Penelitian ini membahas adaptasi Pondok Pesantren Darul Falah Ternate dalam menghadapi modernisasi pendidikan, khususnya terkait dengan pembelajaran Kitab Kuning. Pesantren dihadapkan pada tantangan mempertahankan nilai-nilai tradisional dalam pembelajaran agama Islam, sambil merespons perkembangan teknologi dan tuntutan masyarakat modern. Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana pesantren tersebut mengintegrasikan metode pembelajaran klasik seperti bandongan dan sorogan dengan penggunaan teknologi digital, termasuk live streaming, untuk memperluas jangkauan pendidikan mereka. Dengan menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara terbuka, observasi peserta, dan analisis dokumen. Peneliti terlibat langsung dalam kegiatan pesantren untuk mengamati praktik pembelajaran dan bagaimana teknologi digunakan dalam proses pengajaran. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan, kondensasi, penyajian, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil studi menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Darul Falah berhasil memadukan tradisi dan modernisasi dengan tetap menjaga nilai-nilai keilmuan Islam yang diajarkan melalui Kitab Kuning. Penggunaan live streaming dan platform media sosial telah memungkinkan pesantren untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya adaptasi pesantren terhadap perubahan zaman tanpa kehilangan esensinya sebagai institusi pendidikan Islam. Hasilnya dapat menjadi rujukan bagi pesantren lain di Indonesia dalam merespons tantangan modernisasi dan teknologi.

References

Andy. (2022). Pesantren dan kepemimpinan kiai. Akademia Pustaka.

Andy, A. (2019). Tradisi Kitab Kuning Pada Pondok Pesantren An Nahdlah. Al-Tadabbur, 5(1), 1–15.

Awaluddin, A. F. (2021). Kemampuan Baca Kitab Kuning di Pesantren (Studi Komparatif Metode Mumtaz dan Metode Qawaid wa Tarjamah pada Pendidikan Diniyah Formal (PDF). PUSAKA, 9(2). https://doi.org/10.31969/pusaka.v9i2.524

Baso, A. (2017). Al-Jabiri, Eropa Dan Kita: Dialog Metodologi Islam Nusantara Untuk Dunia. Jakarta: Pustaka Afid.

Basyit, A. (2017). Pembaharuan Model Pesantren: Respon Terhadap Modernitas. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(2), 293–324. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i2.6444

Bruinessen, M. Van. (2020). Kitab Kuning, Pesantren, dan Tarekat (Edisi Revi). Gading Publishing.

Chairi, E. (2019). Pengembangan Metode Bandongan dalam Kajian Kitab Kuning di Pesantren Attarbiyah Guluk-Guluk dalam Perspektif Muhammad Abid al-Jabiri. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.233

Creswell, J. W. (2023a). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Aproaches, terj. Ahmad Lintang Lazuardi, Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan. Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2023b). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terj. Achmad Fawaid dan Rianayati Kusmini Pancasari (Edisi 4). Pustaka Pelajar.

Dhofier, Z. (2011). Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai dan Visinya mengenai Masa Depan Indonesia. LP3ES.

Djazilam, M. S. (2019). Relevansi Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional dalam Era Modernisasi. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v5i1.3398

Dwi, M., & Maskuri, M. (2023). Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Islam Multikultural Melalui Spirit Entrepreneur Santri (Studi Etnografi di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang). Edunity : Kajian Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.57096/edunity.v2i2.55

Fauroni, R. L., & Quraisy, M. (2019). Pesantren Agility in Community Economic Development. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 10(2). https://doi.org/10.18326/muqtasid.v10i2.155-168

Hamid, W. (2020). Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al Risalah Batetanga Kabupaten Polman Provinsi Sulawesi Barat. PUSAKA, 8(1). https://doi.org/10.31969/pusaka.v8i1.328

Hasyim, M. (2018). Modernisasi Pendidikan Pesantren dalam Perspektif KH. Abdurrahman Wahid. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 2(2). https://doi.org/10.37348/cendekia.v2i2.27

Ifendi, M. (2021). Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Sunan Drajad Banjarwati Lamongan. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2). https://doi.org/10.24235/tarbawi.v6i2.8898

Indonesia, R. (2019). Undang-Undang Nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren. Dokumen Negara (Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Pesantren), 006344.

Kamal, F. (2020). Model Pembelajaran Sorogan Dan Bandongan dalam Tradisi Pondok Pesantren. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 15–26.

Meloeng, L. J. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Miles, & Huberman. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Gramedia.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Third edit). SAGA Publications.

Mita Silfiyasari, & Ashif Az Zhafi. (2020). Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.218

Munawaroh, M., & Zaman, B. (2020). Peran Majelis Taklim dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat. JURNAL PENELITIAN, 14(2). https://doi.org/10.21043/jp.v14i2.7836

Nurkholis, N., & Santosa, A. B. (2022). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Pesantren. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 7(2). https://doi.org/10.18860/jmpi.v7i2.17023

Pabbajah, M. T. H., & Pabbajah, M. (2020). Peran Pondok Pesantren Salafiyah terhadap Revitalisasi Pendidikan Islam (Studi Pada Pondok Pesantren Salafiyyah Parappe, Campalagian, Polman). EDUCANDUM, 6(2). https://doi.org/10.31969/educandum.v6i2.406

Riady, M. S., & Wardi, M. (2021). Telaah Pemikiran KH. Abdurrahman Wahid Tentang Pondok Pesantren. Dirosat : Journal of Islamic Studies, 6(1). https://doi.org/10.28944/dirosat.v6i1.468

Susanto, D. (2017). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Santri Berbasis Teknologi Tepat Guna Di Pondok Pesantren (Perspektif Dakwah). Jurnal Imu Dakwah, 37(2).

Wahid, A. (2010). Menggerakkan Tradisi: Esai-Esai Pesantren. LKiS.

Published
2024-11-26