Pengelolaan Perpustakaan Madrasah Aliyah di Kota Kendari

  • Abd Kadir M Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Perpustakaan, Madrasah Aliyah, Kendari

Abstract

Penelitian ini menggambarkan eksistensi perpustakaan yang dimiliki oleh Madrasah Aliyah dan mendiskripsikan dinamika pengelolaannya serta peluang dan tantangan prospek pengembangannya. Dengan metode kualitatif, temuan penelitian menunjukkan bahwa semua madrasah memiliki perpustakaan yang fungsinya sebagai salah satu sumber belajar, walaupun sebagian ruangan perpustakaan itu dianggap tidak representatif, karena bersifat sementara yang sewaktu-waktu dapat dipindahkan dan digunakan untuk kegiatan lain. Semua perpustakaan Madrasah Aliyah memiliki tenaga pengelola perpustakaan, minimal satu orang dan semuanya adalah guru mata pelajaran pada madrasah dimana perpustakaan itu berada, yang diberi tugas tambahan oleh kepala madrasah sebagai kepala perpustakaan. Kondisi koleksi buku, sarana dan prasarana, serta tenaga pengelola belum sepenuhnya sesuai dengan standar perpustakaan  nasional. Pemerintah telah memberikan bantuan dalam peningkatan perpustakaan madrasah, walaupun bantuan tersebut masih sangat terbatas, sehingga pengelolaan perpustakaan belum maksimal.

Kata Kunci: Perpustakaan, Madrasah Aliyah, Kendari

References

jamas, Nurhayati (ed.). 2005. Manajemen Madrasah Mandiri. Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diktat Kementerian Agama RI.
Draft, Richard L. 1989. Management. Chicago: The Dryden Press.
Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara. 2012 Profil Madrasah Aliyah Sulawesi Tenggara Tahun 2012. Kendari: Bidang Madrasah dan Pendidikan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara.
Badan Pusat Statistik Kota Kendari dalam Angka 2013.
Perpustakaan Nasional. 1992. Panduan Koleksi Perpustakaan Khusus, Jakarta: Perpustakaan Nasional RI
Stoner, James A.F. dan R. Edwar Preeman. 1989.Management .New Jersey: Prentice Hall International, Inc.
Surachman, Arief, 2005. Pengelolaan Perpustakaan Khusus, (Makalah disampaikan dalam "Seminar Jurusan Seni Kriya", Institut Seni Indonesia, 31 Agustus 2005).
Sutarno. 2008. Membina Perpustakaan Desa. Jakarta: Sagung Seto.
M. Yusuf, Pawit dan Yaya Suhendar. 2005. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana.
Bafadal, Ibrahim. 1996. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2016-05-20