‘Aqīdah, Qabīlah dan Ghanīmah: Reformulasi Trialektika Politik Islam-Arab al-Jābirī dalam Membaca Sejarah Kemunduran Islam
Abstract
Kemunduran Islam merupakan topik perdebatan antar akademisi, intelektual, ulama dan cendekiawan setidaknya mengenai faktor-faktornya. Akan tetapi, jarang disorot tentang kapan kemunduran tersebut berlangsung. Mayoritas mengidentifikasi kemunduran Islam terjadi pasca runtuhnya Baghdād pada 1258 M dan hancurnya Andalusia pada 1492 M. Persepsi ini secara tidak langsung memosisikan sejarah Islam sebagai peristiwa yang sistematis, bukan simultan. Artikel ini hendak mengungkap sisi tak terbaca dari kemunduran Islam menggunakan dua pisau analisis, yaitu signifikasi tanpa henti Umberto Eco dan struktur-superstruktur Karl Marx. Menjawab sisi tak terbaca itu, penulis mengajukan dua rumusan masalah. Pertama, apa tolok ukur kemunduran Islam? Kedua, bagaimana proses sosio-politik yang mengantarkan Islam pada kemundurannya? Berseberangan dengan persepsi dominan, artikel ini memunculkan dua kesimpulan bahwa kemunduran Islam sudah terjadi pada periode awal, tepatnya pada era sahabat, era yang selama ini ditahbiskan sebagai fase Islam ideal. Kemunduran itu bertopang pada distopia sejarah terhadap utopia Islam sebagai gerakan dakwah kultural berbasis iman. Itu terbaca dari dominasi motif qabīlah dan ghanīmah dalam keislaman periode awal. Dominasi dua motif ini menimbulkan tragedi-tragedi kelam Islam periode awal yang menghambat pembumian dimensi ideal dari Islam.
References
Al-Usairy, A. (1999). Sejarah Islam: Sejak Zaman Nabi Adam Hingga Abad XX. Akbar.
Audifax, Y. A. P. dan. (2017). Kecerdasan Semiotik: Melampaui Dialektika dan Fenomena. Cantrik.
Ayoub, M. M. (2003). The Crisis of Muslim History: Religion and Politics in Early Islam. Oneworld Publication.
Aziz, Abd. (2017). Konsep Turas sebagai Upaya Meredam Ketegangan Hubungan Islam dan Negara: Telaah atas Pemikiran Abid al-Jabiri dan Hassan Hanafi. Asy-Syari’ah, III(1).
Aziz, J. A. (2015). Pemikiran Politik Muhammad ’Abid al-Jabiri: Telaah terhadap Buku al-’Aql al-Siyasi al-’Arabi: Muhaddidatuhu wa Tajalliyatuh. Miqot, XXXIX(1).
Azra, A. (2002). Historiografi Islam Kontemporer: Wacana, Aktualitas dan Aktor Sejarah. Gramedia Pustaka Utama.
Bsoul, L. A. (2024). Obstacles to Sustainable Development in the Islamic World. Invest: Journal of Sharia and Economic Law, 4(1).
Eco, U. (n.d.). Tamasya dalam Hiperealitas. Jalasutra.
Eco, U. (1986). Semiotics and the Philosophy of Language (Midland Book Edition). Indiana University Press.
Eco, U. (1994). The Limits of Interpretation Advances in Semiotics. Indiana University Press.
Engels, K. M. dan F. (2022). The German Ideology. Foreign Languages Press.
Fadl, K. M. A. el-. (2014). Speaking in God’s Name; Authority, Islamic Law and Women. Oneworld Oxford.
Giddens, A. (1996). The Nation-State and Violence: Volume Two of a Contemporary Critique of Historical Materialism. Blackwell Publisher Ltd.
Haekal, M. H. (2015). Sejarah Hidup Muhammad: Biografi Rasulullah yang Legendaris dan Terpercaya. Pustaka Akhlak.
Haryatmoko. (2016). Membongkar Rezim Kepastian: Pemikiran Kritis Post-Strukturalis. Kanisius.
Hourani, A. (2012). A History of the Arab Peoples. Faber and Faber.
Hoxha, B. (2022). Umberto Eco’s Semiotics: Theory, Methodology and Poetics. Cambridge Scholars Publishing.
Islam, M. S. (2018). Conceptualizing Development and Underdevelopment: From Classical Modernization to Contemporary Post-Development Discourse. Journal of Asian Development, 4(2).
Jābirī, Ḥasan Ḥanafī dan Muḥammad ’Ābid al-. (2015). Dialog Timur dan Barat: Menuju Rekonstruksi Metodologis Pemikiran Politik Arab yang Progresif dan Egaliter. IRCiSoD.
Jābirī, M. ’Ābid al-. (1994). al-Khiṭāb al-’Arabī al-Mu’āṣir: Dirāsah Taḥlīliyyah Naqdiyyah. Markaz Dirāsāt al-Waḥdah al-’Arabiyyah.
Jābirī, M. ’Ābid al-. (2000). al-’Aql al-Siyāsī al-’Arabī: Muḥaddidātuhū wa Tajalliyātuhū (4th ed., Vol. 3). Markaz Dirāsāt al-Waḥdah al-’Arabiyyah.
Jābirī, M. ’Ābid al-. (2001). al-’Aql al-Akhlāqī al-’Arabī: Dirāsah Taḥlīliyyah Naqdiyyah li Nuẓum al-Qiyam fī al-Ṡaqāfah al-’Arabiyyah (Vol. 4). Markaz Dirāsāt al-Waḥdah al-’Arabiyyah.
Jābirī, M. ’Ābid al-. (2002). Takwīn al-’Aql al-’Arabī (8th ed., Vol. 1). Markaz Dirāsāt al-Waḥdah al-’Arabiyyah.
Jābirī, M. ’Ābid al-. (2009). Bunyat al-’Aql al-’Arabī: Dirāsah Taḥlīliyyah Naqdiyyah li Nuẓum al-Ma’rifah fī al-Ṡaqāfah al-’Arabiyyah (9th ed., Vol. 2). Markaz Dirāsāt al-Waḥdah al-’Arabiyyah.
Kleden, I. (2018). Ilmu-Ilmu Sosial dan Teologi Kontekstual. Jurnal Ledalero, 17(2).
Kuru, A. T. (2019). Islam, Authoritarianism, and Underdevelopment: A Global and Historical Comparison. Cambridge University Press.
Kusnadi, J. (2018). Kebijakan Ekonomi Khalifah Umar bin Khattab. MPRA: Munich Personal RePEc Archive.
Lapidus, I. M. (2002). A History of Islamic Societies (2nd ed.). Cambridge University Press.
Loka, M. K. R., Minarwati dan Dara Puspita. (2023). Pemikiran Modern Kontemporer Islam: Masa Kemunduran Islam dan Penjajahan Barat terhadap Dunia Islam. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial Dan Budaya, 1(2).
Machiavelli, N. (1961). The Prince. Penguin Books.
Nasution, S. (n.d.). Penyebab Kemunduran Peradaban Islam pada Abad Klasik. Jurnal An-Nida’: Jurnal Pemikiran Islam, 41(1), Juni 2017.
Nasution, S. (2017). Sejarah Perkembangan Peradaban Islam. Asa Riau.
Nugroho, S. E. (2007). M. ’Abid al-Jabiri: Studi Pemikirannya tentang Tradisi (Turats) [Skripsi]. UIN Sunan Kalijaga.
Ozcan, Y. Z. (1995). Is Islam an Obstacle to Development?: Evidence to Contrary and Some Methodological Considerations. Intellectual Discourse, 3(1).
Rahmat, A. (2021). Konsep Perbandingan Geopolitik, Sosial Budaya dan Ekonomi Negara-Negara Maju dan Negara Berkembang. Edukasia Multikultura, 3(1).
Shaban, M. A. (1994). Islamic History: A New Interpretation. Cambridge University Press.
Syahrastānī, M. ibn ’Abd al-Karīm al-. (n.d.). al-Milal wa al-Nihal: Aliran-Aliran Teologi dalam Sejarah Umat Manusia. Bina Ilmu.
Syalabī, A. (1959). Al-Tārīkh al-Islāmī wa al-Ḥaḍārah al-Islāmiyyah. Maktabat al-Nahḍah al-Miṣriyyah.
Wahid, M. T. A. F. dan H. (2022). Why Are Muslim Countries Underdeveloped?: A System GMM Approach. Journal of Economic Cooperation and Development, 43(4).
Watt, W. M. (1995). Pengantar Studi Al-Qur’an. Raja Grafindo Persada dan Rajawali Press.
Wijaya, A. (2012). Nalar Kritis Epistemologi Islam: Membincang Dialog Kritis Para Kritikus Muslim; al-Ghazali, Ibnu Rusyd, Thaha Husein, Muhammad Abid al-Jabiri. Komunitas Kajian Proliman bekerja sama dengan Nadi Pustaka.