Strategi Membangun Toleransi Beragama Melalui Pendekatan Colorblind
Abstract
Objek penelitian ini adalah toleransi beragama dari pelajaran positif dari the colorblind. Hal Ini penting diteliti karena dengan membangun toleransi di tengah pluralitas agama yang ada di Indonesia, pendidikan multikultural hadir sebagai salah satu pendekatan yang efektif dalam mengajarkan keragaman dan membangun sikap saling menghormati di kalangan siswa. Penelitian ini menggunakan library research dengan memanfaatkan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber primer yaitu buku Multicultural Education Issues and Perspectives karya James A. Banks dan Cherry A, sumber skunder yaitu artikel yang berkaitan dengan toleransi beragama dan pendidikan multikultural. Teknik untuk menggali sumber data adalah teknik dokumentasi, yaitu dengan menggunakan content analysis. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) pendekatan colorblind menekankan kesetaraan dan berusaha mengurangi bias dengan tidak menonjolkan perbedaan. Melalui kurikulum yang inklusif, pelatihan guru yang berkelanjutan, kebijakan sekolah yang mendukung, dan kegiatan ekstrakurikuler yang mempromosikan dialog antaragama, sekolah dapat menjadi tempat yang lebih adil dan inklusif; (2) mengkaji pelajaran positif dari pendidikan multikultural perspektif colorblind, dapat diketahui bahwa ada hal positif yang dapat diambil dalam pendidikan multikultural meliputi pengurangan prasangka dan diskriminasi, peningkatan pemahaman dan penghargaan terhadap keragaman,, penguatan ikatan sosial, promosi perdamaian dan stabilitas sosial, dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif; (3) pendekatan colorblind dalam pendidikan multikultural memiliki beberapa manfaat, termasuk yaitu penghapusan stereotip, meningkatkan kesetaraan, dan fokus pada nilai universal. Namun, terdapat juga tantangan dalam penerapan pendekatan ini yaitu pengabaian ketidakadilan yang timbul dari masalah ketidakadilan yang dihadapi oleh kelompok minoritas agama dan kurangnya pengakuan terhadap keunikan budaya.
References
Arfa, A.M. and Lasaiba, M.A. (2022) ‘Pendidikan Multikultural dan Implementasinya di Dunia Pendidikan’, Geoforum, 1(2). Available at: https://doi.org/10.30598/geoforumvol1iss2pp36-49.
Arikarani, Y. et al. (2024) ‘Konsep Pendidikan Islam dalam Penguatan Moderasi Agama’, Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 7(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.37092/ej.v7i1.840.
Azwardi (2018) Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Balai, H.M., Israpil and Suardi (2023) ‘Substansi Literasi Moderasi Beragama dalam Buku Tematik pada MIS Madani Alauddin’, Pusaka: Jurnal Khazaah Keagamaan, 11(1).
Bank, J.A. and Banks, C.A.M. (1989) Multicultural Education Issue and Perspectives. Boston: Allyn and Bacon.
Budianto, A.A. (2023) ‘Pentingnya Pendidikan Inklusif: Menciptakan Lingkungan Belajar yang Ramah bagi Semua’, Jurnal Kajian Pendidikan dan Psikologi, 1(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.10.
Budiman, K. (2022) ‘Critical Race Theory: Example of an Alien Concept of Social Justice According to the Bible’, Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan, 21(1). Available at: https://doi.org/10.36421/veritas.v21i1.485.
Dwi, A. et al. (2024) ‘Analisis Pengaruh Implementasi Pendidikan Multikultural terhadap Sikap Toleransi Keberagaman Siswa Sekolah Dasar Inklusi’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2). Available at: https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2247.
Faturohman, Suhardi, E. and Wardan, R. (2024) ‘Analisis terhadap Diskriminasi Rasial dan Etnis yang Terkait dengan Hak Asasi Terhadap Manusia’, Jurnal Relasi Publik, 2(3). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.59581/jrp-widyakarya.v2i3.3429.
Fihrisi, F. et al. (2023) ‘Menangani Ekstramisme dan Membina Moderasi Beragama di Sekolah: Praktik Terbaik dan Pembelajaran’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(15). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.8206954.
Fikri, M.A. (2023) ‘Peran Pendidikan Agama Islam dalam Mempromosikan Perdamaian dan Rekonsiliasi Sosial’, Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1). Available at: https://doi.org/10.56854/sasana.v2i1.223.
Haq, Z.A. (2022) ‘Narasi Toleransi Beragama Pada Akun Youtube “Jeda Nulis”’, Pusaka: Jurnal Khazaah Keagamaan, 10(1). Available at: https://doi.org/10.31969/pusaka.v10i1.673.
Huda, M. (2021) ‘Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Multikultural’, Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(1). Available at: https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i1.7.
Kulsum, U. et al. (2023) ‘Pendidikan Kultikultural Meningkatkan Konsep Tasamuh’, Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam, 12(2). Available at: https://doi.org/10.29313/tjpi.v12i2.10367.
Kurnaedi1, E.P. and Muslih, M. (2022) ‘Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Inklusif’, Indonesia Journal of Islamic Elementary Education, 2(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.28918/ijiee.v2i2.6265.
Malahayati, P., Harahap, I. and Siregar, H.S. (2024) ‘Implementasi Moderasi Bergama dalam Respon Agama Islam dan Kristen terhadap Modernitas’, Anwarul: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 4(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.58578/anwarul.v4i1.2674.
Martono, N. (2010) Metode Penelitian Kuantitaf: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Yogyakarta: Raja Grafindo Prasada.
Muna, C. and Lestari, P. (2023) ‘Penguatan Agama dan Wawasan Budaya Sebagai Upaya dalam Menumbuhkan Spirit Moderasi Beragama’, AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies, 6(1). Available at: https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.483.
Musdalifah, M. (2023) ‘Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah’, Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1). Available at: https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.221.
Nafi’ah, U. (2024) ‘Designing a Project-Based Learning ( PjBL ) Model on Multiculturalism in History’, SANTHET: Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora, 8(1). Available at: https://doi.org/10.36526/js.v3i2.3804.
Nurkholifah, S. et al. (2024) ‘Membangun Keberagaman di Seolah Inklusif Melalui Pendidikan Multikultural’, Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13453.
Pahrudin, A. and Wekke, I.S. (2021) Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural. Yogyakarta: Samudra Biru.
Pora’, S.T., Malleana, A.A. and Nurhasanah, N. (2023) ‘Menguak Kearifan Lokal Masyarakat Toraja dalam Menjaga Toleransi’, Pusaka: Jurnal Khazaah Keagamaan, 11(2). Available at: https://doi.org/10.31969/pusaka.v11i2.1234.
Pramono, B. et al. (2022) Implementasi Nilai-nilai Sesanti Bhinneka Tunggal Ika. Bandung: Indonesia Emas Group.
Rachel, R.S.F. (2023) ‘Paksa Berhijab di Sekolah Negeri: Diskriminasi Keberagaman’. Jakarta: IDN Times. Available at: https://www.idntimes.com/news/indonesia/rachma-syifa-faiza-rachel/paksa-siswi-berhijab-di-sekolah-negeri-pakar-diskriminasi-dan-bully.
Rajuspa, M.R. and Maulia, S.T. (2024) ‘Dinamika Sistem Politik di Indonesia: Tantangan’, Jurnal Hukum dan Kewarganegaraan, 4(10). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.3783/causa.v4i10.3865.
Ricardo (2022) ‘Ada Diskriminasi Agama di SMAN 52, Pemprov DKI Langsung Bergerak, Tegas!’ Jakarta: JPNN.com. Available at: https://m.jpnn.com/news/ada-diskriminasi-agama-di-sman-52-pemprov-dki-langsung-bergerak-tegas.
Rukhana, T. et al. (2022) Metode Penelitian Kualitatif. Batam: Rey Media Grafika.
Ruslan, I. (2020) Toleransi Antar Umat Beragama di Indonesia. Lampung: Arjasa Pratama.
Safitri, S.N. et al. (2024) ‘Analisis Peran Pendidikan Multikultural dalam Upaya Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Inklusif’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13300.
Sari, R.K. (2021) ‘Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia’, Jurnal Borneo Humaniora, 4(2). Available at: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249.
Setiawan, F. and Khasanah, M. (2024) ‘Implementasi Pendidikan Multikultural Guna Membangun Karakter Toleran Peserta Didik di MI Darussalam Magetan’, Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.60132/jip.v2i2.270.
Shofa, J.N. (2023) ‘Viral Siswa Jadi SD Korban Bully Akibat Berbeda Keyakinan, DPR: Segera Telusuri!’ Jakarta: Berisatu.com. Available at: https://www.beritasatu.com/nasional/1055724/viral-siswa-jadi-sd-korban-bully-akibat-berbeda-keyakinan-dpr-segera-telusuri.
Siti Nurdina Awalita (2023) ‘Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Rahmatan lil’alamin tingkat Madrasah Ibtida’iyah’, Journal of Contemporary Islamic Education, 4(1). Available at: https://doi.org/10.25217/jcie.v4i1.4047.
Surur, M. et al. (2024) ‘Analisis Tindak Perundungan Verbal pada Proses Pembelajaran: Dampak pada Motivasi dan Prestasi Belajar Siswi Kelas X Studi Kasus di Madrash Aliyah Negeri 2 Situbondo’, Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan (JKPPK), 2(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.318.
Tobasa, M.R., Husna, D. and Nurjanah, P.W. (2023) ‘Tantangan dan Strategi Mendisiplinkan Siswa Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusif: Tinjauan dari Perspektif Studi Literatur’, Anwarul: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 4(1). Available at: https://doi.org/10.58578/anwarul.v4i1.2375.
Wahid, A. and Ikfi Khoulita (2023) ‘Pendidikan Inklusif (Mewujudkan Keadilan, Kesetaraan dalam Lingkungan Multikultural’, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1(3). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v1i3.1041.
Wahidah, N. et al. (2023) ‘Mengidentifikasi Keragaman Budaya di Sekitarnya Secara Setara Melalui Gotong Royong dan Collaboration di Kelas 5’, Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.629.
Wibowo, A.S.P., Assyifa, A.E. and Amiarti, M. (2024) ‘Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk Membangun Karakter Siswa dalam Menghadapi Masalah Hoax’, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3). Available at: https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.482.
Wulandari, F. and Harsono, R.D.M. (2024) ‘Analisis Gaya Kepemimpinan Berdasarkan: Sektor Bisnis, Kepemimpinan Perempuan, Institusi Pendidikan dan Institusi Pemerintahan (Literature Review)’, Yume: Journal of Management, 7(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6506.
URLs for the References
Pendahuluan
Dwi, A., Zamroni, K., Zakiah, L., Amelia, C. R., & Shaliha, H. A. Analisis Pengaruh Implementasi Pendidikan Multikultural terhadap Sikap Toleransi Keberagaman Siswa Sekolah Dasar Inklusi: https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/2247
Faturohman, Suhardi, E., & Wardan, R. Analisis terhadap Diskriminasi Rasial dan Etnis yang Terkait dengan Hak Asasi Terhadap Manusia: https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jrpwidyakarya/article/view/3429
Idrus Ruslan. Toleransi Antar Umat Beragama di Indonesia: https://drive.google.com/file/d/1K-nGEiybTtN16JvsgPeWkgO8aFwwpMoA/view?usp=sharing
Muna, C., & Lestari, P. Penguatan Agama dan Wawasan Budaya Sebagai Upaya dalam Menumbuhkan Spirit Moderasi Beragama:
https://alafkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/download/483/255
Pahrudin, A., & Wekke, I. S. Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural: https://books.google.co.id/books?id=z8RKEAAAQBAJ&pg=PR4&dq=Pahrudin,+A.,+%26+Wekke,+I.+S.+Pengembangan+Model+Kurikulum+Pendidikan+Agama+Islam+Multikultural:&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwin1sfJ-cGIAxVMUGwGHb28KYwQ6AF6BAgKEAI
Pramono, B., Muchtaridi, Sompa, A. T., Manurung, E. B. P., Eryora, I., Khaerudin, U., Hidayat, H., & Aji Furqon. Implementasi Nilai-nilai Sesanti Bhinneka Tunggal Ika: https://drive.google.com/file/d/1m2gz-iXkUh_BYWwE1mb4ZDW_uhN3SyjB/view?usp=drive_link
Rachel, R. S. F. Paksa Berhijab di Sekolah Negeri: Diskriminasi Keberagaman. https://www.idntimes.com/news/indonesia/rachma-syifa-faiza-rachel/paksa-siswi-berhijab-di-sekolah-negeri-pakar-diskriminasi-dan-bully
Ricardo. Ada Diskriminasi Agama di SMAN 52, Pemprov DKI Langsung Bergerak, Tegas!. https://m.jpnn.com/news/ada-diskriminasi-agama-di-sman-52-pemprov-dki-langsung-bergerak-tegas
Safitri, S. N., Zakiah, L., Wahyuningsih, S., Hayati, S. D., & Maulidina, C. A. Analisis Peran Pendidikan Multikultural dalam Upaya Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Inklusif: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/13300
Setiawan, F., & Khasanah, M. Implementasi Pendidikan Multikultural Guna Membangun Karakter Toleran Peserta Didik di MI Darussalam Magetan: http://edukhasi.org/index.php/jip/article/view/270
Shofa, J. N. Viral Siswa Jadi SD Korban Bully Akibat Berbeda Keyakinan, DPR: Segera Telusuri!. https://www.beritasatu.com/nasional/1055724/viral-siswa-jadi-sd-korban-bully-akibat-berbeda-keyakinan-dpr-segera-telusuri
Surur, M., Yuliana, D., Suksma, C., Ramadhanti, A., & Handoyo, M. A. Analisis Tindak Perundungan Verbal pada Proses Pembelajaran: Dampak pada Motivasi dan Prestasi Belajar Siswi Kelas X Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 2 Situbondo: https://jurnal.aksaraglobal.co.id/index.php/jkppk/article/view/318
Tobasa, M. R., Husna, D., & Nurjanah, P. W. Tantangan dan Strategi Mendisiplinkan Siswa Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusif: Tinjauan dari Perspektif Studi Literatur: https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/anwarul/article/view/2375
Wibowo, A. S. P., Assyifa, A. E., & Amiarti, M. Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk Membangun Karakter Siswa dalam Menghadapi Masalah Hoax: https://edu.pubmedia.id/index.php/pgsd/article/view/482
Wulandari, F., & Harsono, R. D. M Analisis Gaya Kepemimpinan Berdasarkan: Sektor Bisnis, Kepemimpinan Perempuan, Institusi Pendidikan dan Institusi Pemerintahan (Literature Review): https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/6506
Metode
Azwardi. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: https://books.google.co.id/books?id=-lfRDwAAQBAJ&pg=PA181&dq=Azwardi.+Metode+Penelitian+Pendidikan+Bahasa+dan+Sastra+Indonesia:&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwjn5Ymj-sGIAxXdb2wGHS9VIp0Q6AF6BAgIEAI
Bank, J. A., & Banks, C. A. M. Multicultural Education Issue and Perspectives:
http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/borneo_humaniora/article/view/2249
https://drive.google.com/file/d/16kKuz6Cd-ckMYutBIf_Zi0Er2_r_YjCb/view?usp=drive_link
https://drive.google.com/file/d/1nbyYcNWQbxzLLz_MbiXCE1Ud8I2wgwPO/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/1NN5QJeglOHRK_gMAv15Iorgg0out5JHT/view?usp=drive_link
Martono, N. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder: https://books.google.co.id/books?id=tUl1BgAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Martono,+N.+Metode+Penelitian+Kuantitatif:+Analisis+Isi+dan+Analisis+Data+Sekunder:&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwjQjfGw-sGIAxXrSmwGHQBxLm8Q6AF6BAgGEAI
Rukhana Rukhana, T., Darwis, D., Alatas, A. R., Tarigan, W. J., Mufidah, Z. R., Arifin, M., & Cahyadi, N. Metode Penelitian Kualitatif:
Sari, R. K. Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia: http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/borneo_humaniora/article/view/2249
Hasil Penelitian dan Pembahasan
Anugrah, A., & Ardhy, S. Respons Pendidikan Islam terhadap Radikalisme, Toleransi, dan Pluralisme di Era Kontemporer: https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jua.v26i2.23560
Arfa, A. M., & Lasaiba, M. A. Pendidikan Multikultural dan Implementasinya di Dunia Pendidikan: https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3629040
Bank, J. A., & Banks, C. A. M. Multicultural Education Issue and Perspective: https://drive.google.com/file/d/10hw_DYLeQruCHOpVaj5HvDJJUq2w-N2s/view?usp=sharing
Budianto, A. A. Pentingnya Pendidikan Inklusif: Menciptakan Lingkungan Belajar yang Ramah bagi Semua: . https://doi.org/https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.10
Budiman, K. Critical Race Theory: Example of an Alien Concept of Social Justice According to the Bible: https://ojs.seabs.ac.id/index.php/Veritas/article/view/485
Fihrisi, F., Putra Alliandra, K., Ika Septiviana, F., Zahrotul Ainiyah, U., Nuqia, K., Erista Ferli, D., Tri Wulansari, E., & Qonitatin, U. Menangani Ekstrimisme dan Membina Moderasi Beragama di Sekolah: Praktik Terbaik dan Pembelajaran: https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/5845
Fikri, M. A. Peran Pendidikan Agama Islam dalam Mempromosikan Perdamaian dan Rekonsiliasi Sosial: https://doi.org/10.56854/sasana.v2i1.223
http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/5845
https://drive.google.com/file/d/1NN5QJeglOHRK_gMAv15Iorgg0out5JHT/view?usp=drive_link
https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/3804
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/13453
https://ojs.seabs.ac.id/index.php/Veritas/article/view/485
https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jgse/article/view/8535
Kulsum, U., Shafaunnida, A., Studi, P., Agama, P., & Kulsum, U. Pendidikan Multikultural Meningkatkan Konsep Tasamuh. Ta’dib : https://doi.org/10.29313/tjpi.v12i2.10367
Malahayati, P., Harahap, I., & Siregar, H. S. Implementasi Moderasi Bergama dalam Respon Agama Islam dan Kristen terhadap Modernitas: https://doi.org/https://doi.org/10.58578/anwarul.v4i1.2674
Nafi’ah, U. Designing a Project-Based Learning ( PjBL ) Model on Multiculturalism in History. SA NTHET: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/3804
Nurkholifah, S., Zakiah, L., Adiesty, J. I., Aziz, A. M., & Jaya, I. Membangun Keberagaman di Sekolah Inklusif Melalui Pendidikan Multikultural: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/13453
Rajuspa, M. R., & Maulia, S. T. Dinamika Sistem Politik di Indonesia: Tantangan:. https://doi.org/https://doi.org/10.3783/causa.v4i10.3865
Wahid, A., & Ikfi Khoulita. Pendidikan Inklusif (Mewujudkan Keadilan, Kesetaraan dalam Lingkungan Multikultural: https://doi.org/https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v1i3.1041
Wahidah, N., Santoso, G., La Aca, M. F., Wuriani, D., Bosawer, A., Lestari, N. M., & Anggo, A. Y Mengidentifikasi Keragaman Budaya di Sekitarnya Secara Setara Melalui Gotong Royong dan Collaboration di Kelas 5: https://doi.org/https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.629