Mengungkap Kesenjangan Prasarana Digital Kegiatan Pembelajaran Pada Pelajar Suku Kokoda di Papua
Abstract
Penggunaan perangkat teknologi pembelajaran secara daring telah menciptakan tantangan baru bagi anak-anak usia sekolah komunitas suku Kokoda Maibo Papua. Mereka selama ini tidak mengenal teknologi pembelajaran diharuskan memiliki dan menggunakan teknologi sebagai sarana pembelajaran. Tujuan studi ini adalah mengungkap terjadinya kesenjangan teknologi pendidikan di masa pandemi dan menemukan solusi atas masalah pendidikan berbasis penggunaan teknologi pembelajaran online bagi anak suku Kokoda Maibo Papua. Pengumpulan data secara kualitatif melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Data dianalisis secara interaktif terus menerus hingga data dianggap jenuh dari lapangan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran secara online telah mempersulit anak-anak suku Kokoda Maibo mengikuti pelajaran. Kesulitan mengikuti pelajaran diakibatkan faktor ketidakmampuan memiliki dan mengoperasikan perangkat teknologi serta tidak ada dana yang cukup untuk membeli pulsa internet. Faktor tersebut menjadi penghambat proses pembelajaran bagi anak-anak suku Kokoda Maibo yang memicu munculnya kesenjangan pendidikan. Solusi yang ditawarkan adalah pemerintah melakukan pemberdayaan dan menyiapkan perangkat teknologi pembelajaran pada siswa. Kebijakan pemberlakuan belajar online selain berdampak positif bagi masyarakat juga berdampak buruk pada kelompok masyarakat lainnya, masyarakat membutuhkan kebijakan pemerintah yang berdampak positif untuk semua lapisan masyarakat. Tulisan ini dapat berkontribusi pada penambahan literatur pada aspek kebijakan penggunaan perangkat teknologi pembelajaran online bagi kelompok masyarakat
References
Adedoyin, O. B., & Soykan, E. (2023). Covid-19 pandemic and online learning: the challenges and opportunities. In Interactive Learning Environments. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1813180
Amka, H. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Abk. In Penerbit Anugrah Jaya.
Ansyori, A., & Shaleh, S. (2020). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pendidikan Islam Informal Pada Remaja: Solusi di Masa Pandemi Covid-19. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3), 302–313. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i3.887Ben Hassen, T., & El Bilali, H. (2022). Impacts of the COVID-19 pandemic on food security and food consumption: Preliminary insights from the gulf cooperation council region. In Cogent Social Sciences. https://doi.org/10.1080/23311886.2022.2064608
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Caswita, C. (2019). Kurikulum Tersembunyi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i3.590
Chung, H. W., Apio, C., Goo, T., Heo, G., Han, K., Kim, T., Kim, H., Ko, Y., Lee, D., Lim, J., Lee, S., & Park, T. (2021). Effects of government policies on the spread of COVID-19 worldwide. Scientific Reports. https://doi.org/10.1038/s41598-021-99368-9
Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. PROSPECTS. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3
Dewi Khairani, M. Iqbal Prayoga , Dede Rosyada , Zulkifli, F. M. (2021). EDUKASI- Bahasa Arab Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 19(3), 2021, 346-361. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(3), 346–361.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Farha, A., Khusnah, N., & Nugroho, P. (2021). Problematika Pembelajaran Berbasis Online pada Lembaga Pendidikan Nonformal Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Manbaul Huda). Fitrah: Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i2.38
Firdaus, F., Sulfasyah, S., & Nur, H. (2019). Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil. Equilibrium: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i1.1796
Gede Agus Jaya Negara, I Nyoman Ariyoga, & I Nyoman Buda Asmara Putra. (2021). Transformasi Media Pembelajaran Sebagai Upaya Optimalisasi Perkuliahan - Google Books. In Buku Referensi Pembelajaran.
Güner, R., Hasanoğlu, İ., & Aktaş, F. (2021). Evaluating the efficiency of public policy measures against COVID-19. Turkish Journal of Medical Sciences. https://doi.org/10.3906/sag-2106-301
Handayani, W. (2018). Diskriminasi Gender Dalam Pendidikan. MUWAZAH. https://doi.org/10.28918/muwazah.v10i2.1784
Hernanda, A., Kumalasani, M. P., & Danawati, M. G. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Online SDN 1 Kalirejo Kabupaten Malang Dalam Masa Pandemi Covid-19. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.19539
Hidayati, S. W., & Sukarddin, S. (2021). Pembelajaran Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Iisbud Sarea: Problematika, Pemecahan Masalah, dan Harapan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1344
Inanna, Nurjannah, Ampa, A. T., & Nurdiana. (2021). Modul Elektronik ( E-Modul ) Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar.
Indah, A. V. (2020). DISKRIMINASI PENDIDIKAN DI INDONESIA: ANALISIS TEORI DEMOKRASI PENDIDIKAN ISLAM. Inspiratif Pendidikan. https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.17641
Indonesia, R. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003.
Indrayanti, K. W., & Saraswati, A. A. A. N. (2022). Criminalizing and penalizing blasphemy: the need to adopt a human rights approach in the reform of Indonesia’s blasphemy law. Cogent Social Sciences. https://doi.org/10.1080/23311886.2022.2104704
Iryani, J., & Syam, N. (2023). Peran Media Sosial dalam Menyebarkan Pesan Agama dan Perubahan Sosial. PUSAKA. https://doi.org/10.31969/pusaka.11i2.1242
Ispriyarso, B., & Wibawa, K. C. S. (2023). Reconstruction of the national economy post-covid-19 pandemic: Critical study of tax reforms in Indonesia. Cogent Social Sciences. https://doi.org/10.1080/23311886.2023.2174517
KBBI. (2020). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/teknologi, diakses tgl 26/2/2023. In Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/teknologi
Khozanatu Rohmah, S., Amal, I., Carlian, Y., Salahudin, A., & Fatimah, T. (2022). THE ROLE OF PARENTS IN FOSTERING MI STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION DURING. Journal AL-MUDARRIS. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v5i2.1126
Kittiprapas, S. (2022). Socioeconomic impacts of the COVID-19 pandemic on the vulnerable households: empirical evidence from slum areas of Bangkok city. Cogent Social Sciences. https://doi.org/10.1080/23311886.2022.2074111
Kleimola, R., & Leppisaari, I. (2022). Learning analytics to develop future competences in higher education: a case study. International Journal of Educational Technology in Higher Education. https://doi.org/10.1186/s41239-022-00318-w
Kompas. (2020). https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/21/181505469/diskriminasi-pengertian-dan-penyebabnya. Diakses tanggal 24-7-2021.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Lisyawati, E., Mohsen, M., Hidayati, U., & Taufik, O. A. (2023). Literasi Digital Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada MA Nurul Qurâ€TMan Bogor. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. https://doi.org/10.32729/edukasi.v21i2.1618
Mena, M. M., Guja, M. G., & Paulos, Y. (2022). Double discriminations against marginalized women: Analysis of women in Cinasha minority group of wolaita society, Ethiopia. Cogent Social Sciences. https://doi.org/10.1080/23311886.2022.2132676
Mhandu, J., Mahiya, I. T., & Muzvidziwa, E. (2021). The exclusionary character of remote teaching and learning during the COVID-19 pandemic. An exploration of the challenges faced by rural-based University of KwaZulu Natal students. Cogent Social Sciences. https://doi.org/10.1080/23311886.2021.1947568
Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI JEMBATAN REFORMASI PEMBELAJARAN DI INDONESIA LEBIH MAJU. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi. https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6390
Mujizatullah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Moderasi Beragama Melalui Media Kreatif pada Sekolah Umum/Madrasah di Kabupaten Bone. PUSAKA. https://doi.org/10.31969/pusaka.v9i2.526
Mulyawan, U. (2021). PROBLEMATIKA ONLINE LEARNING; HAMBATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA. Jurnal Ilmiah Hospitality. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.349
Muzuva, P., & Hlungwani, P. M. (2022). Impact of COVID 19 on livelihoods of female entrepreneurs in Marondera urban. Cogent Social Sciences. https://doi.org/10.1080/23311886.2022.2136607
Nkrumah, M. A., Asafo-Adjei, R., & Akossey, M. (2023). Evolving from physical to electronic classrooms: Implications for quality assurance in a selected technical university. Cogent Social Sciences. https://doi.org/10.1080/23311886.2023.2255421
Nuri Ningtyas, D., & Sihombing, A. A. (2023). Blended Learning: Pembelajaran Abad 21 sebagai ‘Jalan-Tengah’ Menjaga Kualitas Pendidikan Di Era Pandemi Covid-19. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. https://doi.org/10.32729/edukasi.v21i1.1420
Nuvriasari, A., & Harsoyo, T. D. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. In COVID-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif.
Ponzini, A. (2021). Institutional and policy-related implications on quality education access in Shanghai: Middle-class locals, outsiders and foreigners compared. Cogent Social Sciences. https://doi.org/10.1080/23311886.2021.1909793
Prihatin, Y. (2021). PROBLEMATIKA KETERAMPILAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SECARA DARING. JURNALISTRENDI : JURNAL LINGUISTIK, SASTRA, DAN PENDIDIKAN. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v6i2.790
Puji Asmaul Chusna, & Ana Dwi Muji Utami. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11–30. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Ratnawati, D., Sulistyorini, S., & Abidin, A. Z. (2019). KESETARAAN GENDER TENTANG PENDIDIKAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN. Jurnal Harkat : Media Komunikasi Gender. https://doi.org/10.15408/harkat.v15i1.13436
Riady, Y., Alqahtany, T. M., Habibi, A., Sofyan, S., & Albelbisi, N. A. (2022). Factors affecting teachers’ social media use during covid-19. Cogent Social Sciences. https://doi.org/10.1080/23311886.2022.2115658
Rini, N. S. (2018). Analisis Implementasi Prinsip Non-Diskriminasi dalam Peraturan Daerah di Bidang Pendidikan dan Kesehatan. Jurnal HAM, 9(1), 19. https://doi.org/10.30641/ham.2018.9.19-36
Rismawidiawati, R., & Maryam, A. (2021). Peran Guru Pada Proses Belajar dari Rumah Selama Covid-19 di SMPN 1 Sungguminasa Gowa Sulawesi Selatan. PUSAKA. https://doi.org/10.31969/pusaka.v9i1.479
Samsu, S., Rusmini, R., Kustati, M., Ritonga, M., Novia Maulana, A., & Zulmuqim, Z. (2022). Tumenggung leadership and educational model in leading indigenous people: Suku Anak Dalam portrait. Cogent Social Sciences. https://doi.org/10.1080/23311886.2022.2123634
Saprillah, S. (2011). MIGRASI KAUM MUSLIM KE SORONG PAPUA BARAT Migration of Moeslems to Sorong, West Papua. Al-Qalam. https://doi.org/10.31969/alq.v17i2.119
Schneider, S. L., & Council, M. L. (2020). Distance learning in the era of COVID-19. Archives of Dermatological Research. https://doi.org/10.1007/s00403-020-02088-9
Septiana, R. M. (2022). The Role of Wanagama as healing Forest during the pandemic covid 19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement). https://doi.org/10.22146/jpkm.74049
Shodiq, S. (2021). Peran Sistem Informasi dan Teknologi Informasi terhadap Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi. https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i1.23968
Suhardin, S., Hayadin, H., Sugiarti, S., & Marlina, A. (2021). Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Berbasis Rumah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i3.1161
Suhardin, S., Marlina, A., & Sugiarti, S. (2022). Membangun Model Evaluasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Rumah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. https://doi.org/10.32729/edukasi.v20i3.1291
Sulfasyah, & Nur, H. (2016). Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil. Equilibrium: Jurnal Pendidikan Sosiologi.
Tadesse, S., & Muluye, W. (2020). The Impact of COVID-19 Pandemic on Education System in Developing Countries: A Review. Open Journal of Social Sciences. https://doi.org/10.4236/jss.2020.810011
Tannvi, T., & Narayana, S. (2022). The challenge of gender stereotyping in Indian courts. Cogent Social Sciences. https://doi.org/10.1080/23311886.2022.2116815
Taufik, O. A., Basri, H. H., & Sumarni, S. (2021). Implementasi Belajar Dari Rumah dan Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka di Madrasah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i2.1085
Teslya, A., Pham, T. M., Godijk, N. G., Kretzschmar, M. E., Bootsma, M. C. J., & Rozhnova, G. (2020). Impact of self-imposed prevention measures and short-term government-imposed social distancing on mitigating and delaying a COVID-19 epidemic: A modelling study. PLoS Medicine. https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1003166
Uma, S. (2020). Female Criminality, Mental Health & the Law. In Gender and Mental Health: Combining Theory and Practice. https://doi.org/10.1007/978-981-15-5393-6_10
Wang, C., & Li, H. (2022). Public Compliance Matters in Evidence-Based Public Health Policy: Evidence from Evaluating Social Distancing in the First Wave of COVID-19. International Journal of Environmental Research and Public Health. https://doi.org/10.3390/ijerph19074033
Wargadinata, W., Maimunah, I., Dewi, E., & Rofiq, Z. (2020). Student’s Responses on Learning in the Early COVID-19 Pandemic. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah. https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.6153
Whitsel, L. P., Ajenikoko, F., Chase, P. J., Johnson, J., McSwain, B., Phelps, M., Radcliffe, R., & Faghy, M. A. (2023). Public policy for healthy living: How COVID-19 has changed the landscape. In Progress in Cardiovascular Diseases. https://doi.org/10.1016/j.pcad.2023.01.002
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET). https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63
Yaumi, M. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran (Edisi Kedua). In Prenada Media Group.
Yunus, M., Setiawan, D. F., & Wuryandini, E. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Online pada masa. 4(2), 1196–1202.
Yunus, S., Mariyudi, M., & Abubakar, M. Bin. (2023). Strategies for optimizing learning activities during the pandemic and new normal. Cogent Social Sciences. https://doi.org/10.1080/23311886.2023.2175491
ZAM, E. M. (2021). PERAN LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.176