Pengelolaan Perpustakaan Madrasah Aliyah di Kabupaten Sinjai

  • Muhammad Sadli Mustafa Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Pengelolaan, Perpustakaan, Madrasah Aliyah, Sinjai

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan kondisi ril perpustakaan Madrasah Aliyah di Kabupaten Sinjai dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sasaran penelitian dipilih secara purposif di tiga Madrasah Aliyah yang masing-masing mewakili tingkatan akreditasi. Madrasah tersebut adalah MAN 1 Sinjai terakreditasi B, MA Darussalam Patalassangterakreditasi C, dan MA al-Azhar Mannanti yang belum terakreditasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan di tiga Madrasah Aliyah tersebut masih sederhana dan terbatas dengan kata lain pengelolaannya belum sepenuhnya memenuhi Standar Nasional Perpustakaan, baik dari segi sarana, koleksi, ketenagaan atau sumber daya manusia, maupun pengelolaannya. Hal itu disebabkan karena kurangnya pengetahuan pengelola tentang penyelenggaraan perpustakaan yang baik sesuai standar nasional perpustakaan. Regulasi dan petunjuk teknis terkait penyelenggaraan perpustakaan madrasah sesuai standar juga belum tersosialisasi dengan baik hingga ke daerah termasuk ke madrasah yang diteliti. Karena para pengelola perpustakaan di tiga Madrasah Aliyah tersebut masih memiliki semangat yang cukup tinggi dalam mengelola perpustakaan sehingga dengan keterbatasan yang ada, perpustakaan tetap dapat berfungsi dengan baik meski dengan cara yang sederhana.

References

Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 35.
Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 ayat 23.
Undang-Undang RI No. 43 Th 2007 tentang Perpustakaan pasal 1, 17, dan 18.
Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan, Pasal 1 ayat 11.
Bafadal, Ibrahim. 1996. Pengelolaan perpustakaan sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Cresswell, John W. 1994. Research Design, Qualitative and Quantitative Approaches. Sage Publication. Thousand Oaks, California, USA.
Djamas, Nurhayati. Ed. Manajemen Madrasah mandiri. Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. 2005.
Kementerian Agama Kabupaten Sinjai. Data Keagamaan Seksi Bimas Kementerian Agama Kabupaten Sinjai Tahun 2013.
------------. Data Emis Tahun Pelajaran 2013-2014.
Khalqillah, Ali Mas’ud. Manajemen Perpustakaan Madrasah. Makalah, disampaikan pada Pembinaan Pustakawan Madrasah Aliyah se-Jawa Timur 19 Mei 2010.
Murniaty. Manajemen dan Organisasi Perpustakaan Sekolah. Makalah, disampaikan dalam forum Diklat Pustakawan Perpustakaan Sekolah, Medan, 2006.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, SNP 009:2011 dalam Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Bidang Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 2011.
Sugiyono.Metode Penelitian Pen-didikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta, 2010.
Yusuf, Pawit M. dkk. Pedoman Penyelenggaraan Perpusta-kaan Sekolah. Cet. II; Jakarta: Prenada Media, 2007.
Published
2016-05-20