TRADISI TERSISA DARI MEMBACA NASKAH KUNO DI POLEWALI MANDAR SULAWESI BARAT

  • Muhammad Subair Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Tradisi Naskah, Naskah Kuno, Polewali, Teks Naskah

Abstract

Penelitian ini adalah bersifat kualitatif dengan mengungkap tradisi masyarakat yang terkait dengan naskah kuno, yaitu didahului dengan melakukan pembacaan naskah kuno yang telah diiventarisasi, dengan pendekatan analisis filologi terbatas, pembacaan tersebut dibatasi pada bagian awal dan bagian akhir naskah untuk memberikan gambaran tentang isi naskah yang terdapat pada masyarakat polewali Mandar Sulbar. Pembacaan nasah kuno yang dilakukan dibatasi pada bagian awal dan akhir naskah yang berhasil dilakukan terhadap 35 buah naskah. Adapun tradisi yang berkembang di masyarakat sampai saat ini yang berkaitan dengan naskah kuno adalah barazanji dan sorogan. Keterbatasan akses pembacaan naskah perlu ditindak lanjuti dengan kegiatan pengembangan dan kerjasama kepada pihak yang dapat melakukan kajian filologis. Hal ini mengingat peneliti filologi masih sangat sedikit dilakukan terhadap naskah kuno khususnya yang ada dalam lingkup Sulawesi. 

References

Bafadhal, Fadhal AR dan Asep Saefullah (ed)., 2005. Naskah Klasik Keagamaan Nusantara I Cerminan Budaya Bangsa. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan Badan Litbang Agama dan Dikalt Keagamaan.
Husnul, Fahimah Ilyas, 2015. Laporan Hasil Penelitian. Digitali¬sasi Naskah Kuno di Po¬lewali Mandar Sulawesi Batar. Makassar: Balai Pe-nelitian dan Pengembangan Agama Makassar dalam Behrend., T.E., 1998. Kata-log Induk Naskah-Naskah Nusantara Jilid 4 Perpus-takaan Nasional Republik Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Edi Sedyawati, 2006. Budaya Indonesia: Kajian Arkeologi, Seni dan Sejarah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Henri Chamber-Loir & Oman Fathurrahman, 1999. Khazanah Naskah: Panduan Koleksi Naskah-naskah Indonesia Sedunia, Cet. I. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Ikram, Achadiati. 1997. Filologia Nusantara. Jakarta: Pustaka Jaya.
Ismail, Arifuddin, 2008 Nilai-nilai Islam dalam Perkawinan: Studi Kasus pada Masyarakat Mandar di Kecamatan Sendana Kab. Majene. http://arifs57.blogspot.com/2008/08/nilai-nilai-islam-dalam-perkawinan .html Akses 18 Agustus 2015.
Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2010-2014, Rencana Strategis, dalam Lampiran Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia tahun 2010, h. 21
Muh. Rais, Dr. 2010. Sejarah Islam Mandar, Makalah Hasil Penelitian.
Muhammad Amin Daud. 2007. Mengenal Struktur dan Sistem Pemerintahan Kerajaan Balanipa Mandar, Mandar, Lembaga Kerapatan Warga Istiadat Budaya Balanipa Mandar.
Mulia, Musda., dkk. (ed.)., 1992. Katalog Naskah Kuno yang Bernafaskan Islam di Indonesia. Jilid II. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Agama, Departemen Agama RI.
Soebadio, Haryati. 1975. Penelitian Naskah Lama Indonesia. Bulletin Yaperna edisi 7, II. Juni.
Tri Wahyu Syaputra Palontjongi, http://wahyupalontjongi.blogspot.com/2011/01/ islam-di-tanah-mandar.html. Akses pada hari Jumat, 08 Juli 2011.
Published
2016-11-23