Dekonstruksi Khilafah dan Teokrasi Islam : Telaah Kritis Pemikiran Ali Abdul Raziq dalam Konteks Politik Islam Modern

  • Ibnu Azka Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  • Rafika Rafika Universitas Islam Negeri Palopo
  • Muhammad Yasid Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta
Keywords: khilafah, teokrasi, ali abd. raziq, pemerintahan islam, sekularisasi

Abstract

Perdebatan mengenai konsep khilafah dalam Islam telah berlangsung selama berabad-abad dan terus menjadi topik yang menarik perhatian, khususnya ketika dikaitkan dengan persoalan bentuk pemerintahan yang dianggap sesuai atau ideal menurut prinsip-prinsip ajaran Islam. Khilafah sering dipahami sebagai institusi politik yang menggantikan peran kepemimpinan Nabi Muhammad setelah wafatnya, dan telah menjadi
model pemerintahan yang dijadikan rujukan oleh sebagian besar ulama klasik maupun kelompok Islam politik kontemporer. Salah satu pemikir
yang mengkritik konsep khilafah sebagai sistem teokrasi adalah Ali Abd. Raziq. Dalam karyanya Al-Islam wa Usul Al-Hukm, ia berpendapat bahwa
Islam tidak menetapkan bentuk pemerintahan tertentu dan bahwa khilafah bukanlah institusi yang memiliki legitimasi teologis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kritik Ali Abd. Raziq terhadap teokrasi Islam serta bagaimana reinterpretasi konsep khilafah dalam pandangannya berdampak pada pemikiran politik Islam modern. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian kepustakaan dengan pendekatan historis dan filosofis terhadap karya-karya Ali Abd. Raziq serta pemikiran para ulama yang mengkritisinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ali Abd. Raziq menegaskan bahwa kekuasaan politik dalam Islam bersifat duniawi dan harus dikelola berdasarkan prinsip rasionalitas dan pengalaman historis, bukan atas dasar doktrin keagamaan yang bersifat absolut. Gagasannya membuka ruang bagi pembentukan negara yang berlandaskan hukum positif dan nilai-nilai demokrasi tanpa harus bergantung pada sistem khilafah. Temuan ini memberikan kontribusi dalam wacana reformasi politik Islam serta relevansinya dalam menghadapi tantangan pemerintahan modern di dunia Muslim.

References

Abd. Baqi, Fuad. (1992). Al-Mu’jam al- Mufaharas fì Alfäz al-Qurä (Cet: II). Beirut, Därul al-Fikr, 1992.

Abdurrahman Wahid. (2009). Ilusi Negara Islam: Ekspansi Gerakan Islam Transnasional di Indonesia (Cet : 1). The Wahid Institute dan Ma’arif Indonesia 2009.

Al-farizi, M., Nizar, M., & Albab, U. (2024). Reinterpretation Of The Meaning Of Khalifah Towards A New Islamic Civilization : A Contextual Thematic Study Of The Khilafah Verse. Leadership : Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 77–94.

Ali Abd. Razik. (1993). al-Islam Wa al- Ushul al-Hukumi. al- Haeeh al- Mishriyah al-Ammah, 1993).

Azra, A. (2016). Transformasi Politik Islam : Radikalisme, Khilafatisme, dan Demokrasi. Prenadamedia Group.

Bahri, S., Efendi, Y., Hidayat, R., Selamat, K., Sa, N., Mahmud, U. I. N., Batusangkar, Y., Mahmud, U.
I. N., & Batusangkar, Y. (2025). Dismissing the Islamic Khilafah Discourse in Indonesia According to Yudian Wahyudi in Hasan Hanafi ’ s Perspective of Islamic Fundamentalism. UAI Journal of Arts, Humanities And Social Sciences, 7692(1), 8–17.
https://doi.org/10.5281/zenodo.14 697995

Bahtiar Efendy. (1998). Islam dan Negara, Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik Islam di Indonesia (Cet.I).Paramadina,1998.

Bara, U. A., Muliadi, M., & Rusliana, I. (2022). Studi Komparatif Pemikiran Filsafat Politik Ali Abdul Raziq dan Rashid Rida mengenai Khilafah. Jurnal Riset Agama, 2(3), 166–181.
https://doi.org/10.15575/jra.v2i3.1 9439

Damanik, A. M., Alamsyah, K. R., Aqila, M. D., & Kudry, V. Al. (2024). Pemikiran Politik Muhammad Rasyid Ridha Dan Muhammad Iqbal. Jurnal Multidisiplin Inovatif, 8(7), 404–419.

Daniel, R. (2024). The Impact of the Leadership Style of the Four Caliphates on the Politics of Islam in Contemporary Time. African Multidisciplinary Journal of Research, 9(Ii), 1–24.

Demirel, D. (2024). Sociological and Political Origins in IBN Khaldun’s State Theory. Sociology Lens, 1– 12.
https://doi.org/10.1111/johs.12473
Din Syamsuddin. (2001). Isalm dan Politik Orde Baru,. Jakarta: Logos- Wacana Ilmu.

DOĞAN, O. (2024). Müslüman Dünyasında SekülerleĢme: Hükümet Performansı ve Dindarlık Arasındaki ĠliĢki Secularization in the Muslim World: Relationship Between Government Performance and Religiosity. International Refereed Journal, 25, 174–192.

Faidi, A. (2018). Sistem Kekhalifahan dan Konstruksi Budaya Politik Arab. Al-Ihkam: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial, Vol. 13(1), 187–204.
https://doi.org/10.19105/al- ihkam.v13i1.14788

Haroen N.dkk. (2000). Ensiklopedia Hukum Islam. PT. Ichtiar Baru Van Hoeve.

Harun Nasution. (1978). Filsafat dan MIstisisme Dalam Islam (Cet: II). Jakarta, Bulan Bintang, 1978.

Harun Nasution. (1998). Islam Rasional (Cet. V). Penerbit Mizan, 1998.

Hasan, S. (2021). The Muslim Majority Countries as Islamic State: Importance, Performance, Future. 1–16.

Hidayat, A. (2024). ‘Aqīdah, Qabīlah dan Ghanīmah: Reformulasi Trialektika Politik Islam-Arab al- Jābirī dalam Membaca Sejarah Kemunduran Islam. Jurnal, Pusaka Keagamaan, Khazanah, 12(2), 271–286.

Husain Ahmad Amin. (1992). Haula al- Da’wah Ilä Tathbiq al-Syari’ah al- Islamy. Cet. III Kairo: Där Saad al- Sabah, 1992), h. 115.

Ibrahim, R., Rifa’i, A. A., Supriyanto, Zaenuri, M., Fuadi, M. A., & Mujiburrohman. (2024). The caliphate in learning resources of Indonesian Islamic boarding school: a view of kyai and santri Pesantren Lirboyo Kediri. Cogent Education,11(1).
https://doi.org/10.1080/2331186X. 2024.2426968

Imarah, M. (1988). Al-Islam wa al- Sulta.

Jameelah. M. (1982). Islam dan Modernisme (Syafiq A. Mughni, Ed.). Usaha Nasional.

Jufri, M., Aidonojie, P. A., Arowosaiye, Y. I., Universitas, L., & Madura, T. (2024). Religion And State In Islamic Constitutional Law : The Role Of Pesantren In Strengthening Symbiotic Islam And The State In Madura. Justicia Islamica : Jurnal Kajian Hukum Dan Sosial, 21(2), 221–246.
https://doi.org/10.21154/justicia.v 21i2.9283

Kemenag, Q. (2025). QS. Yunus (10) : 99. Qur’an Kemenag.

Mohamed, T., & Elhaouas, G. (2024). The Political Legitimacy And Doctrinal Maturity Of The Fatimid State. Journal of Namibian Studies, 1, 41–42.

Mugiyono. (2017). Konstruksi Islam Reformatif : Analisis Kritis terhadap Pemikiran M . Abid al- Jabiri. Tajdid, XIV(2), 206.

Mulia, M. (2011). Sejarah Sosial Dan Pemikiran Politik Ali Abdul Raziq. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 10(2), 117–136.

Munawir Sjadzali. (1993). Islam dan Tata Negara (IV). (ed. IV; Jakarta: UI-Press, 1993.

Nur, R. (2018). Radicalization of Faith Concept in the School of Islam: Study of Khawarij and Muktazilah. Asian Social Science, 14(7), 80–
110.
https://doi.org/10.5539/ass.v14n7p 1

Otis, A. W. and R. A. (2020). Global Mobilization in the Name of Islam: the Global Imaginary of Political Islam. In Challenges of Globalization and Prospects for an Inter-civilizational World Order. Springer International Publishing.
https://doi.org/10.1007/978-3-030- 44058-9

Penyuntin Dewan Redaksi Ensikloedi. (1994). Ensiklopedi Islam, jilid IIII (1994 Penerbit PT. Ichtiar Baru Van Hoeve (ed.); III).

Quraishi, A. (2011). Interpreting the Qur’an and the Constitution: Similarities in the Use of Text, Tradition, and Reason in Islamic and American Jurisprudence. SSRN Electronic Journal.
https://doi.org/10.2139/ssrn.96314 2

Rahman, A. (2021). Sistem Negara dalam Pemikiran Ali Abdur Raziq. TASAMUH: Jurnal Studi Islam, 13(1),21–40.
https://doi.org/10.47945/tasamuh. v13i1.350

Raziq, A. A. (1985). al-Islam wa al- Hukm: Bahts fi al-Khilafah wa al- Hukumah Terjemah Muhammad Afif. Pustaka Al-Husna. RI, K. A. (n.d.). Terjemahan Al-Quran Al Karim.

Ridha, R. (1923). Al-Khilafah wa al- Imamah al-Uzma.

Sahjad M.Akhsan. (2018). Konsep Egopandangan Iqbal Tentang ManusiA. At-Tadabur, 4(2).

Sholichuddin, M. A., Putu Muchtar, N. E., & Ratna, R. D. (2023). The Relationship of Islam and The nState in Contemporary Islamic Political Discourse in Indonesia. Dirasah International Journal of Islamic Studies, 1(2), 78–88.
https://doi.org/10.59373/drs.v1i2.11

Tausikal, M. A. (2013). Tidak Taat Pemimpin, Akibatnya Mati Jahiliyah.
https://rumaysho.com/3730-tidak- taat-pemimpin-akibatnya-mati- jahiliyah.html

Tim Penulis IAIN Syarif Hidayatullah. (1992). Ensiklopedi Islam Indonesia. Penerbit Djambatan, 1992.

Yudha, G. (2024). Diakronik Politik Islam : Historis dan Faktual. Penerbit CV EUREKA MEDIA AKSARA.

Zulifan, M. (2016). Politik Islam di Indonesia: Ideologi, Transformasi dan Prospek dalam Proses Politik Terkini. Indonesian Political Science Review, 1(2), 171–195.
https://doi.org/10.31289/perspektif.v8i2.2606
Published
2025-06-22