Analisis Budaya Organisasi Dalam Pelaksanaan Pelatihan Berbasis-Aplikasi Simdiklat Di Balai Diklat Keagamaan Makassar

  • Ahmad Ihsan Raya Universitas Fajar Makassar
  • Sri Adianti Muin Universitas Fajar Makassar
  • St Rukaiyah Universitas Fajar Makassar
  • Rosmiati Rosmiati Universitas Fajar Makassar
Keywords: pelatihan, aplikasi simdiklat

Abstract

Tujuan dari artikel ini, untuk Analisis Pelaksanaan Pelatihan Berbasis Aplikasi Simdiklat di Balai Diklat Keagamaan Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pelatihan berbasis SIMDIKLAT di Balai Diklat Keagamaan Makassar menunjukkan bahwa implementasi sistem informasi manajemen pendidikan dan pelatihan telah membawa transformasi signifikan dalam penyelenggaraan program pengembangan kompetensi aparatur. Pelatihan ini tidak hanya berhasil meningkatkan efisiensi administratif dan pengelolaan data peserta, tetapi juga memperkuat kualitas pembelajaran melalui integrasi teknologi yang memungkinkan aksesibilitas materi dan pemantauan kemajuan secara real-time. Dengan adanya SIMDIKLAT, Balai Diklat Keagamaan Makassar telah membuktikan komitmennya dalam menghadapi era digitalisasi pendidikan, sekaligus memberikan inspirasi bagi lembaga pelatihan lainnya untuk mengadopsi pendekatan berbasis teknologi serupa dalam upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di lingkungan Kementerian Agama, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada kualitas pelayanan publik dan pencapaian visi pembangunan nasional.

References

Susanti, E., & Rahmawati, R. (2021). Transformasi Pendidikan dan Pelatihan di Era Digital: Studi pada Lembaga Pemerintah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 251-260.

Adiyanta, F.C.S. (2023). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Digital di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Administrasi Publik, 15(2), 112-128.

Annisa Salsabilla, dkk. (2025). Pengaruh Budaya Organisasi dan Pelatihan terhadap Kinerja Pegawai dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening pada Kantor Camat Lubuk Sikarah Kota Solok. Lokawati: Jurnal Penelitian Manajemen dan Inovasi Riset Volume 3. Nomor 2, 52-64.

Ardiansyah, M. R., & Sulistyowati, L. (2023). Efektivitas Implementasi Simdiklat dalam Peningkatan Kualitas Pelatihan ASN. Jurnal Administrasi Publik, 15(2), 112-128.

Balitbang Diklat Kementerian Agama RI. (2023). Optimalisasi Layanan Simdiklat dalam Peningkatan Mutu Pelatihan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan, 7(2), 45-58.

Bintang & Dharmadiaksa. (2018). Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi pada Kinerja Individual dengan Budaya Organisasi sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas UdayanaVol.25.3. Desember, 229- 232.

Hakim et al.. (2021). Karakteristik Budaya Organisasi: Sebuah Studi Kualitatif terhadap Pengusaha Batik Muslim Laweyan Surakarta. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Tahun 2021, Volume 6, nomor 2, Bulan Desember, 1 - 24.

Hanafi Pelu & Muh. Zainal. (2022). Interactive Communication through Cas-Cis-Cus Method. Jurnal Ilmiah Nizamia Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama Volume 04, No. 2, April, 174.

Handayani, S., Purnomo, A., & Widodo, T. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Pelatihan pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 8(3), 245-263.

Hartati, S. (2021). Strategi Efektif dalam Pelaksanaan Pelatihan Karyawan. Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 7(2), 89-100.

Hartono, S., & Prasetyo, B. (2021). Model Pembelajaran Campuran untuk Peningkatan Keterampilan Digital Mahasiswa Vokasi: Implementasi dan Evaluasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Vokasi, 12(3), 278-295.

Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayati, N. (2020). Pentingnya Pelatihan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 67-78.

Johan Wahyu Utomo dan Hapzi Ali. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi, Pelatihan dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan. urnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Agustus - September 2024) Vol. 5 No. 5,154.

Maulana, A. A., & Armaniah, H. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi dan Pelatihan terhadap Kinerja Pegawai dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening. Lokawati. Jurnal Penelitian Manajemen dan Inovasi Riset, 2(5), 1-15.

Nugroho, A., & Lestari, D. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Simdiklat dalam Pelatihan Karyawan: Studi Kasus di Perusahaan. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 8(1), 45-59.

Prasetyo, A. (2021). Efektivitas Pelatihan Daring Menggunakan Simdiklat di Lingkungan Pemerintahan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 45-58.

Pratama, R., & Haryoko, S. (2022). Analisis Kinerja Aplikasi Simdiklat dalam Pelatihan Profesional. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(1), 45-60.

Prayoga. (2020). Work Environment, Work Motivation, and Organizational Culture in Influencing Teachers’ Performance. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Volume 53 Nomor 3, 276-286.

Priansa, D.J. (2022). Manajemen Pelatihan dan Pengembangan dalam Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Priyanti, D., & Dharma, A. G. (2023). Transformasi Budaya Organisasi dalam Implementasi Simdiklat: Studi pada Instansi Pemerintah di Jawa Timur. Jurnal Administrasi Publik, 21(2), 112–129.

Purnomo, H., Rahmawati, D., & Kuswanto, H. (2023). Transformasi Kompetensi Pengajar dalam Menghadapi Revolusi Pembelajaran Digital: Kajian Longitudinal 2019-2023. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 29(1), 45-67.

Putri, D. A., & Hartati, S. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan dan Pelatihan di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(1),
45–55.

Ramadhan, I. (2021). Pengaruh Pelatihan Berbasis Teknologi Informasi terhadap Peningkatan Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 215-227.

Santosa. (2022). Organizational Culture as The Basis of Teacher Performance Development. Al- Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 06 No. 03, 962-973.

Sari, R. D., & Hidayati, N. (2023). Efektivitas Pelatihan Berbasis Aplikasi Simdiklat dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 10(2), 123-135.

Sedarmayanti. (2018). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Sedarmayanti. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil (Edisi Terbaru). Bandung: Refika Aditama.

Subyantoro, A., Mardiana, T., & Hasan, Z. M. (2022). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Wahyudi, A. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Digital: Konsep dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, A., & Setyawan, R. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Efektivitas Sistem Pelatihan Digital pada Sektor Publik. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 15(1), 45–58.

Widiastuti, D. (2019). Analisis Kualitas Pelatihan: Pendekatan Berbasis Teknologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(3), 200-215.

Wijaya, A., & Suryani, N. (2022). Analisis Efektivitas Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital pada Pendidikan Tinggi di Indonesia: Studi Kasus pada 12 Perguruan Tinggi Negeri. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 18(2), 124-142.

Winangsit & Sinaga. (2021). Local Entities in Music Learning: Between Culture and Education. Journal of Music Science,Technology, and Industry Volume 4, Number 2, 211.
Published
2025-06-22