TRADISI PUASA HARI SENIN DAN KAMIS (STUDI TENTANG ‘ILAL HADIS)

  • Muhammad Zuhri AbuNawas Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo
Keywords: Puasa Senin dan Kamis, 'Ilal Hadis.

Abstract

Makalah ini bertujuan menjelaskan tentang kualitas hadis puasa Senin dan Kamis setelah diverifikasi dalam ilmu ‘ilal hadis. Metode yang digunakan adalah penelitian sanad dan matan hadis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sanad yang diteliti dapat digolongkan sebagai shahih mendekati hasan. Dalam hal penelitian matan disimpulkan bahwa hadis ini tergolong shahih al-matn dan dapat dijadikan sebagai hujjah karena tidak bertentangan dengan ayat-ayat al-Qur'an atau hadis mutawatir serta tidak bertentangan dengan akal sehat. Dan hadis ini mengandung semacam ‘illat karena Khalid ibn Ma’dan adalah periwayat yang banyak melakukan irsal dalam hadis dan adanya indikasi keterputusan sanad pada riwayat al-Nasai.

References

Al-Nasai, Ahmad ibn Syu'aib, Abu 'Abd al-Rahman al-Nasai, Sunan al-Nasai, tahqiq: Maktab Tahqiq al-Turats, cet. V, (Beirut: Dar al-Ma'rifah, 1420), j. IV.
Al-Qur'an dan Terjemahnya, (Madinah: Mujamma' al-Malik Fahd li Thiba'ah al-Mushhaf al-Syarif, 1422 H.).
Al-Tirmidzi, Muhammad ibn 'Isa, Abu 'Isa al-Tirmidzi al-Sulami, Sunan al-Tirmidzi, tahqiq, Ahmad Muhammad Syakir dkk., (Beirut: Dar Ihya al-Turats al-'Arabi, t.th.), j. III.
Ibn Hajar, Ahmad ibn Ali al-'Asqalani, Taqrib al-Tahdzib, tahqiq: Muhammad 'Awwamah, (Cet. I, Halab: Dar al-Rasyid, 1406 H.), j. I dan II.
Ibn Majah, Muhammad ibn Yazid, Abu 'Abdillah Ibn Majah al-Qazwaini, Sunan Ibn Majah, tahqiq: Muhammad Fuad 'Abd al-Baqi, (Beirut: Dar al-Fikr, t.th), j. I.
Ismail, M. Syuhudi, Metodologi Penelitian Hadis Nabi, (Cet. I, Jakarta: Bulan Bintang, 1992).
Mulyana, Dedi, 2015. Ilmu ‘Ilal Hadits, Makalah. Tugas Mata Kuliah: UIN SGD Bandung.
Najib, Mohammad, 2014. I’lal Hadits. Jurnal 'Adliya: Jurnal Hukum Dan Kemanusiaan. Vol 8. No. 1.
Program Hadis Digital: CD-ROM hadis Kutub at-Tis’ah dan Maktabah Syamilah.
Wahid, Ramli Abdul. 2005. Studi Ilmu Hadis Bandung : Cita Pustaka.
Published
2016-11-23