Pembinaan Kesiswaan Berbasis Sastra Religi Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu

  • Abu Muslim Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Sastra Religi, Literasi Siswa, Pembinaan Kesiswaan

Abstract

Penelitian yang bersifat deskriptif ini dilakukan dalam rangka penelusuran potensi sastra religi siswa MAN 1 Palu. Lokus  ini dipilih karena MAN 1 Palu sebagai salah satu madrasah aliyah unggulan di Kota Palu, terlihat sangat prospektif dalam potensi sastra religinya pembinaan kesastraan juga telah berjalan sejak lama. Keterlibatan para siswa dalam segenap organisasi intra madrasah, turut membuat pengembangan sastra ikut berjalan serta. Salah satu program kerja rutin yang diagendakan adalah pembuatan majalah dinding dalam setiap momentum memperingati hari-hari besar nasional atau hari-hari besar keagamaan Islam yang bisa menjadi salah satu wadah dalam mewujudkan ekspresi literasi siswa madrasah yang di dalamnya menghendaki penulisan dan atau pengutipan petuah-petuah bijak, puisi, cerita pendek, dan lain-lain yang tentu sangat potensial menunjang berkembangnya jiwa-jiwa berkesenian dan bersastra. Hal itu menunjukkan kontekstualiasasi dan perluasan makna sastra religi yang tidak hanya berbasis Qurani, tetapi juga menghendaki eksplorasi mendalam tentang asimilasi aktif antara sastra dalam gendre lokalitas diintegrasikan dengan sastra Islami. Hal ini menunjukkan betapa dinamisnya perkembangan sastra yang ternyata juga sudah menyasar dan tercerap oleh para siswa madrasah, yang diharapkan sebagai pioner pengembangan sastra religi ke depan.    

Kata kunci: Sastra Religi, Literasi Siswa, Pembinaan Kesiswaan

References

Abdurrahman, Bintu al-Syati’ Dr. Aisyah. 1992. Qiyamun Jadidah lil-Adab al-Araby. Kairo: Dar al-Maarif.
al Mozayyen. Ala. Seminar Sastra Islam Internasional, 15 Maret 2011, Institut Negeri Jakarta.
Anonoim 2009. ”Manajemen Pembinaan Kesiswaan”. Warna Dunia. 29 Oktober 2009. (sumber:: http://warnadunia.com/manajemen-pembinaan-kesiswaan).
Arini, Esti Gusti. 2012. Pembinaan Siswa Berbakat dan Berprestasi Di SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Varia Pendidikan, vol. 24. No. 2, desember 2012.
Badudu JS. 2002. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta
Chaniago, Anto. 2010. “Administrasi Kurikulum dan Kesiswaan”. (sumber: wordpress.com/2010/05/bab-xi.doc).
Cresswell, John W. 1994. Research Design, Qualitative and Quantitative Approaches. California: Thousand Oaks.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Pusat Bahasa) Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Depdiknas. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Departemen Pendidikan Nasional.
Firdaus, Fattah. 2009. “Model Sistem Kesiswaan Berdasarkan Desain Sistem Instruksional ADDIE”. (sumber: www.teknologi-pembelajaran.co.cc).
Hadi W.M., Abdul. 1985. Sastra Sufi Sebuah Antologi. Jakarta: Pustaka Firdaus
Hidayatullah, M. Irfan. 2016. Mari Berpuisi pada Setiap Jejak Ruang Hidup Ini. Disampaikan pada acara Program Pengembangan Softskill Karya Sastra Religi Siswa MA di Kawasan Timur Indonesia, Makassar, 23 April 2016
Kailani, Najib. 1985. Rihlati Ma’a al-Adab al-Islamy. Beirut: Muassasah al-Risalah.
King. 2009. “Acceleration”. (sumber: http://www.hoagiesgifted.org).
Majalah Horison, 7/1984.
Milles, M.B. and Huberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication
Mulyana, Deddy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif (paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Guru Sertifikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas), Nomor 39 Tahun 2008
Said Hawwa. 2004. Al Islam. Gema Insani Press, Jakarta.
Senjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siswanti, Parlina Susi. 2012. Pengaruh Karya Sastra Puisi Anak Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Kelas 3a di SDN Babakan 04, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryosubroto, B. 2009. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Teeuw. 1984.Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.
Tohari, Ahmad. 1998. Sastra dan Budaya Islam Nusantara (Dialektika Antarsistem Nilai). Yogyakarta: SMF Adab IAIN Sunan Kalijaga.
. 2016. Membangun Karakter Religius Melalui Karya Sastra. Disampaikan dalam Workshop Softskills Karya Sastra Religi Siswa Madrasah Aliyah Se-KTI. Balai Litbang Agama Makassar, 22-25 April 2016.
Published
2017-05-20