Strategi Pencarian Naskah Kuno Sulsel

  • Muhammad Subair Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Naskah kuno, peneliti naskah, strategi pencarian naskah, tradisi

Abstract

Penelitian dan digitalisasi naskah sudah sangat sering dilakukan dalam lingkungan Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar. Namun, kegiatan ini kerap dianggap sebagai sesuatu yang mudah dan gampang untuk diselesaikan. Padahal berbagai rintangan dan problematika peneliti di lapangan tidaklah semudah yang dibayangkan. Karena itu, tulisan ini hadir untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana sesungguhnya strategi peneliti dalam penelitian tersebut, melalui kajian kualitatif yang disajikan dalam data deskriptif naratif. Pendekatan dalam memperoleh sebuah naskah kuno untuk sekedar dilihat dan didigitalkan tanpa mengambilnya dari tangan pemiliknya, bukan  persoalan sederhana yang dapat ditunaikan dengan tangan bersedekap semata. Diperlukan usaha-usaha ekstra dengan muslihat tertentu untuk memukau dan menarik perhatian pemilik naskah agar mereka tergoda dan mau membuka naskahnya. Strategi jaringan kekeluargaan paling banyak berpeluang untuk menemukan sebuah naskah yang menjadi target, meskipun tidak selalu mudah dilakukan, sebab pemilik naskah harus benar-benar dikenal untuk menjalankan strategi ini. Strategi pertemanan juga efektif untuk mendekati dan menjerat pemilik naskah dalam suasana kekeluargaan, dan pada gilirannya mereka mau dan bersedia membuka naskahnya. Adapun strategi struktural, hanya efektif berlaku terhadap naskah yang tersimpan di instansi pemerintah seperti yang ada di museum.

References

As’ad. 2010. Laporan Hasil Penelitian Digitalisasi Naskah Kuno di Sulawesi Selatan. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar.
Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar. 2015. Katalog I Naskah Keagamaan Kawasan Timur Indonesia. 2009. Laporan Hasil Penelitian Naskah Kuno di Kawasan Timur Indonesia.
Idham. 2011. "Naskah Klasik di Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara." Jurnal Manassa: Berkala Ilmiah. Pernaskahan Nusantara (Masyarakat Pernaskahan Nusantara (MANASSA) Kampus UI Depok) Vol. I, No. 1 (2011).
Ikram, Achadiati. 1997. Filologi Nusantara, Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.
Koentjaraningrat. 1974. Kebudayaan, Mentalitet, dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.
La Mansi. Pengantar Ahmad Rahman, 2010. Naskah Klasik Sebagai Media Soosialisasi Ajaran Agama Pada Komunitas Muslim. Cet. I. Rabbani Press.
La Sakka. 2010. Laporan Hasil Penelitian Digitalisasi Naskah Kuno di Kalimantan Timur. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar.
Mulia, Musda dkk (ed.). 1998. Katalog Naskah Kuno yang Bernafaskan Islamdi Indonesia. Bukul. Jakarta: Badan Litbang Agama Departemen Agama RI.
Subair, Muhammad. 2015. Laporan Hasil Penelitian Digitalisasi Naskah Kuno di Sulawesi Barat. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Kedua. Cetakan Kedua. -Jakarta: Balai Pustaka
Published
2017-05-20