Inventarisasi Pemetaan dan Digitalisasi Naskah Klasik Di Provinsi Maluku

  • La mansi Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Inventarisasi, Pemetaan, Naskah Maluku

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi naskah-naskah klasik keagamaan yang masih dapat ditemukan di kalangan masyarakat, salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang tak ternilai berisi berbagai pemikiran, pengetahuan, kepercayaan, adat istiadat, serta perilaku masyarakat masa lalu yang berperan sebagai sarana kebudayaan dan komunikasi antar generasi masa lampau, masa sekarang, dan masa mendatangmelakukan inventarisasi, pemetaan dan pengklasifikasian terhadap naskah klasik keagamaan yang diketemukan dan dilanjutkan dengan katalogus, dan melakukan digitalisasi terhadap naskah-naskah klasik yang diketemukan sebagai salah satu upaya pelestariannya.Sedangkan kegunaan dari penelitian ini diharapkan hasilnya dapat dijadikan bahan masukan bagi perumusan dan pengambilan kebijakan bagi pemerintah dalam rangka pembinaan kehidupan keagamaan dalam masyarakat, memperkaya khazanah kebudayaan nasional dan dapat memberikan kontribusi ilmiah untuk kepentingan akademik, kesejarahan, dan kesusasteraan.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, digunakan studi pustaka, wawancara, observasi, dan digitalisasi. Studi pustaka dilakukan dengan menelusuri dan mengumpulkan informasi tentang naskah klasik. Wawancara dilakukan dengan pemilik naskah, dan orang-orang yang dianggap mengetahui informasi tentang naskah.Observasi dalam penelitian ini dilakukan di lokasi penelitian untuk melihat secara langsung naskah yang dimiliki oleh masyarakat.

 

References

Lubis, Nabilah. Naskah, Teks, dan Metode Penelitian Filologi. Jakarta: Forum Kajian Bahasa dan Sastera Arab Fakultas Adab IAIN Syarif Hidayatullah, 1996.
Maluku. Online: http: //id. wikipedia. org/ wiki/Maluku. Diakses tanggal 1 April 2009).
Manusama, Z.J. Hikayat Tanah Hitu: Historie en Sociale Structure van de Amonsche Eilanden in het Algemeen en van uli Hitu in ket Bijzonder tat ket Midden der Zevertiande Eeuw, Disertasi, Leiden: Rijks Universiteit, 1977.
Massoweang Abd. Kadir dkk, Inpengtarisasi, Pemetaan dan Digitalisasi Naskah klasik, Cet. I oleh CV Indobis, Pn. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar. 2010.
Mulia, Musda. dkk. (ed.). 1998/1999. Katalog Naskah Klasik yang Bernafaskan Islam di Indonesia.Jilid II.Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Agama, Departemen Agama RI.
Paeni, Mukhlis, dkk. 2003. Katalog Induk Naskah naskah Nusantara Sulawesi Selatan.
Ratnawati, Tri. 2006. Maluku dalam Catatan Seorang Peneliti. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tim Peneliti. Laporan Inventarisasi Naskah Klasik di Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Ambon: Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional, Direktorat Jeneral Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1998.
Tjandrasasmita, Uka. Penggunaan Tulisan Jawi di Indonesia Setelah Kedatangan Islam.Dalam Jurnal Lektur Keagamaan. Vol 6 No. 1, 2008, h, 17
Westerkamp, B. 1971. Safararrijali. Dalam CPR. Luhulimja (ed.) Bunga Rampai Sejarah Maluku. Lembaga Research Kebudayaan Nasional.
Yusuf, Yumsari. Katalog Koleksi Naskah Maluku. Onlione. http://books.Google. com/ books?. Disakse pada tanggal 9 Pebruari 2009.
Published
2017-05-20