Rasionalitas Ulama Muktazilah
Abstract
Kajian ini adalah studi pustaka yang memotret pemikiran ulama Muktazilah dalam ranah pemikiran Islam. Dalam sejarahnya, Mazhab Muktazilah pernah mengalami masa keemasan khusus pada zaman Dinasti Abbasiyah pada masa pemerintahan Khalifah al-Ma’mun. Pada waktu, Mazhab Muktazilah dijadikan sebagai mazhab resmi negara. Hanya saja, pemberlakuan sebagai mazhab resmi dalam berbagai dijalankan dengan cara kekerasan hingga adanya tragedi mihnah yaitu semacam ujian kepada para ahli agama berkenaan dengan keyakinan mereka terkait Alquran sebagai makhluk Tuhan. Peristiwa mihnah ini pada akhirnya memakan korban dari bbeberapa ulama yang tidak sependapat dengan Muktazilah seperti Imam Ahmad ibn Hanbal. Ia dipenjara karena tidak mau mengakui dan meyakini posisi Alquran sebagai makhluk Tuhan. Akibat dari peristiwa mihnah, mazhab ini kemudian mengalami penentangan dari berbagai kelompok khususnya Asy’ariyah yang menyebabkan kemunduran dari mazhab. Terlepas dari itu, Muktazilah pernah menghiasi arena pemikiran Islam dan dianggap sabagai pelopor kelompok rasional dalam Islam. Ini dipisahkan dari peran para ulama Muktazilah seperti: Abu>> al-Hużail al-‘Alla>f, Ibra>hi>m al-Naz}z}a>m dan Abu>> ‘Ali> al-Jubba>iy
Kata kunci: Rasional, Muktazilah, Mihnah, Mazhab
References
_______. Fajr al-Isla>m. Cet. XI. Kairo: Maktabah al-Nahd{ah al-Mis}riyyah, 1975.
Al-Asy‘ariy, Abu> al-H{asan ‘Ali> bin Ismail. Maqa>la>t al-Isla>miyyah wa Ikhtila>f al-Mus}alli>n. Juz I. t.p., t.th..
Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam. “Muktazilah” Ensiklopedi Islam. Jilid III. Cet. III; Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1994.
Hanafi, Ahmad. Pengantar Theology Islam. Cet. VI; Jakarta: Al Husna Zikra, 1996.
Hilmi>, Mus}t}afa>. Manhaj ‘Ulama>’ al-Ha>di>s| wa al-Sunnah fi> Us}u>l al-Di>n, Cet. III; Iskandariyyah: Da>r al-Da‘wah, 1992.
Jabba>r, al-Qa>d{iy Abdul. Syarh} al-Us}u>l al-Khamsah. Cet. I; Kairo: Maktabah Wahbah, 1965.
Majma’ al-Lugah al-‘Arabiyyah. Mu’jam al-Wasit}. Cet. IV; Kairo: Maktabah al-Syuru>q al-Dauliyyah, 2004.
Al-Mahdaliy, Muh}ammad ‘A
Nasr, Seyyed Hossein. Theology, Philosophy and Sprituality, diterjemahkan oleh Suharono dan Jamaluddin MZ dengan judul Intelektual Islam: Teologi, Filsafat dan Gnosis. Cet. I; Yogykarta: CIIS Press, 1995.
Nasution, Harun. Akal dan Wahyu dalam Islam. Cet.II; Jakarta: UI Press, 1986.
_______. Teologi Islam. Analisa Perbandingan Aliran-aliran. Cet. I; Jakarta: UI Press, 2002.
Al-Nasysya>r, ‘Ali> al-Sya>miy. Nasy’ah al-Fikr al-Falsafiy fi> al-Isla>m. Kairo : Da>r al- Ma‘arif, t.th.
Nicholson. “Mihna” H.A.R. Gibb dan J.H. Kramers (ed.), Shorter Encyclopedia of Islam. Leiden: Brill , 1961.
Oleiree, Dailace. Al-Fikri al-'Arabiy wa Muka>natuhu fi>> al-Ta>ri>kh. Kairo: al-Muassasah al-Mis}riyyah al-‘A
Al-Syahrastaniy. Al-Milal wa al-Nihal. Beirut: Da>r al-Fikr, t.th..
Syalabi, Ah}mad. Mausu>‘ah al-Ta>ri>kh al-Isla>miyyah. Jilid II. Kairo: Da>r al-Kutub al-Mis}riyyah, 1984.
Al-Syantanawiy, Ah}mad. et al. “Al-Jubba>'i>” Da>irah al-Ma‘a>rif al-Isla>miyyah. Beirut: Da>r al-Fikr, t.th..
Al-Z{ahiriy, Ibn Hazm. Al-Fas}l fi> al-Milal wa al-Ahwa>’ wa al-Nihal. Juz. IV. Cet. II; Beirut: Da>r al-Jail, 1996.