Pemetaan Kapasitas Pondok Pesantren di Kabupaten Jeneponto dan Takalar

  • Amiruddin Amiruddin Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Pemetaaan, Kapasitas, Pesantren, Pemberdayaan

Abstract

Penelitian tentang pemetaan kapasitas pesantren yang di lakukan di Kabupaten Jeneponto dan Takalar diorientasikan pada tiga aspek pemetaan yaitu: pemetaan tentang persebaran pesantren, kapasitas pengelolaan substansi pesantren, dan upaya-upaya pengembangan pemberdayaan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 24 pesantren yang tersebar pada 2 kabupaten, yang didominasi oleh pesantren dengan tipologi kombinasi. Penelusuran tentang kapasitas pesantren, dicermati pada aspek-aspek komponen utama pesantren sebagaimana yang diamanatkan oleh KMA Nomor 13 Tahun 2014, terdiri atas Kyai, Santri, Kitab Kuning, Pondok, dan Masjid/Mushollah. Kelima komponen tersebut belum sepenuhnya dimiliki oleh sebagian pesantren. Program pemberdayaan santri juga belum maksimal ini terlihat dari banyaknya program pemberdayaan yang tidak berkelanjutan dalam pengelolaannya serta belum terpokus pada pemberdayaan santri.

References

Rizqi dalam Sriharini, 2003. Pondok Pesantren dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Yokyakarta: Jurnal PMI Media Pemikiran Pengembangan Masyarakat.
Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. http://www.balitbangdiklat. kemenag. go.id. indeks/jurnal-penelitian/137-pesantren-dan-pemberdayaan-ekonomi-html, diakses, 12 Januari 2015.
Choeriyah, Chosinatul, 2009. Pemberdayaan Santri Melalui Pengembangan Life Skill di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kota Gede Yokyakarta (Skripsi). Yokyakarta. UIN Sunan Kalijaga
Departemen Pendidikan Nasional.2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Haedari, Amin. dkk. 2004. Masa Depan Pesanren dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas global. Jakarta: IRD Press.
Harmanto, Gatot.2008.1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Geografi untuk SMA/MA. Ringkasan Materi X, XI, dan XII. Bandung: Irama Widya.
Madjid, Nurcholis.1998. Bilik-Bilik Pesantren. Jakarta: Paramadina.
Mastuhu.1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.

Mujamil Qomar. 2001. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta. Erlangga.
Munir, Badrul.2012. Six Demension Organization. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.2007. Edukasi, Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan, Volume 5 Nomor 4, Oktober-Desember 2007.
-------------------, Volume 8 Nomor 1 Tahun 2010.
Sofyan BR. M.2014. Laporan Penelitian Pemberdayaan Pesantren Al Junaidiyah Sulawesi Selatan. Makassar: Balai Litbang Agama Makassar.
Surya, Priyadi. Pemetaan Pendidikan (Education Mapping) sebagai Dasar Meningkatkan Layanan Pendidikan. UNY (Priadisuryo@uny.ac.id)
www.nu.online.go.org. diakses, 12 Januari 2015.
Published
2017-11-19