Pesona Kurikulum SMP Islam Terpadu ‘Al-Qalam’ Kota Kendari
Abstract
Tulisan ini adalah hasil penelitian kualitatif dengan berfokus pada Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Qalam Kota Kendari, khususnya pengembangan Kurikulum kekhasan bidang Pendidikan Agama Islam baik dalam pembelajaran sebagai kurikulum inti dan kurikulum lokal. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Landasan, komponen dan Prinsip pengembangan kurikulum Pendidikan Agama dan keagamaan di SMP IT Al-Qalam Kendari dikembangkan dari inovasi dan kreatifitas pengelola sekolah secara mandiri yang diajarkan pada peserta didik baik secara monolitik maupun holistik (integratif) yang disusun oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMP-IT ‘Al-Qalam’ Kota Kendari dan atau mengadopsi dari kurikulum yang disepakati oleh sekolah-sekolah Islam Terpadu di Indonesia yang terhimpun dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di Indonesia. Kapasitas Pendidik yang mengajarkan pendidikan agama dan keagamaan baik secara monolitik maupun integratif sudah baik namun kapabilitasnya masih perlu dikembangkan. Rekomendasi dari penelitian ini diantaranya perlunya pemerintah terutama Kementerian Agama untuk mengkaji secara mendalam pola pengembangan kurikulum pendidikan agama dan keagamaan yang diterapkan di SMP IT secara umum terutama nilai budaya yang berkearifan lokal dan rasa nasionalisme, sesuai dengan tingkatan psikologi perkembangan anak dan tujuan pendidikan secara nasional, termasuk memberikan pelatihan bagi pengelola SMP IT untuk meningkatkan Kapabilitasnya.
References
Ahmadi, dkk. 2012. Mengembangkan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dalam KTSP. Prestasi Pustaka. Jakarta
Apriani, Rilla. 2015. Peran kepala sekolah dalam meningkatkan Efektivitas kerja guru di sekolah dasar Islam terpadu (sdit) nurul hadi samarinda. eJournal Administrasi Negara Volume 3, Nomor 2, 2015: 564-577
Arifin, Zuhairansyah. 2014. Dilema Pendidikan Islam Pada Sekolah Elite Muslim Antara Komersial Dan Marginalitas. Jurnal Potensia vol.13 Edisi 2 Juli – Desember 2014 Halaman 177-200.
Budi Hadi. Makalah. Manajemen Pendidikan Islam Terpadu Dalam Membentuk Siswa Berakhlak Mulia Studi Kasus di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Sukoharjo Tahun 2012-2013. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2013.
Darmin, Sudarwan. 2006. Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Euis Sumaiyah. Makalah. Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu Di SMP Islam Terpadu PAPB Pedurungan Semarang. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang 2010.
Hadiyanto, 2004. Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Rineka Cipta. Jakarta
Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.
Latef, Suryawahyuni. 2011. Rekrutmen Tenaga Pendidik di Sekolah Menengah Pertama Islam Tepadu Al Azhar Jambi. Jurnal Innovatio. Volume X, No. 1, Januari-Juni 2011 Halaman 195-207.
Muhaimin, 2012. Paradigma Pendidikan Islam - Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Remaja Rosdakarya. Bandung
Mulyasa, 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Rabingatin,siti. 2015. Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu, Jurnal Syamil. Volume 3 (1) 2015. Halaman 127-154.
Rahman, Muhammad. 2012. Kurikulum berkarakter (Refleksi dan Proposal Solusi terhadap KBK dan KTSP). Prestasi Pustaka. Jakarta.
Rohiat. 2010. Manajemen Sekolah: teori dasar dan Proaktik. Refika Aditama. Bandung.
Sagala, Syaiful. 2007. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabet. Bandung.
Soemanto. 2014. Edukasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. Volume 12. Nomor 2. Hal. 247-260.
Supar. 2014. Strategi pemasaran sekolah dasar islam terpadu nurul fikri tulungagung. Jurnal Humanity Volume 10, Nomor 1 September 2014 halaman 158 – 170
Suprapto. 2014. Edukasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. Volume 12. Nomor 1. Hal. 27-41.
Suryasubroto, 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Rineka Cipta. Jakarta.
Suyatno, 2015. Sekolah Dasar Islam Terpadu Dalam Konsepsi Kelas Menengah Muslim Indonesia, Analisa Journal of Social Science and Religion Volume 22 No. 01 June 2015 halaman 121-133
Suyatno. Makalah Penelitian. Sekolah Islam Terpadu Dalam Peta Sistem Pendidikan Nasional. Prodi PGSD Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Tilaar, H.A.R. 2006. Standarisasi Pendidikan Nasional suatu Tinjauan Kritis. Rineka Cipta. Jakarta.