Peran Orang Arab Dalam Pendidikan Keagamaan di Kabupaten Maros

  • Wardiah Hamid Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Persebaran keturunan Arab, Lembaga Pendidikan

Abstract

Sejarah telah mencatat bahwa pembawa Islam ke wilayah Nusantara adalah para pedagang dan mubalig dari negeri Arab. Mereka sangat berjasa dalam penyebaran dan pengembangan agama Islam di Indonesia. Kemudian membentuk pemukiman di sepanjang wilayah di Nusantara. Keberadaan mereka di Sulawesi Selatan begitu urgen untuk ditelusuri. Penelitian ini akan mencoba untuk mendeteksi keberadaan mereka di kabupaten Maros. Untuk itu rumusan masalahnya adalah bagaimana gambaran persebaran keturunan orang Arab kabupaten Maros dan bagaimanasistem kelembagaan yang dibangun oleh keturunan Arab. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriftip. Hasil dari penelitian ini menunjukan keturunan Arab yang masih eksis sampai sekarang diantaranyAl Hamid, Al Idrus, Al qadri, Al Habsyi, bin Syihab, Al Mahdali, bi Faqih, Alwi dan Aidit, Assaggaf, Aidit, Al Idrus.Dan beberapa diantara mereka mengelola lembaga Pendidikan keagamaan di Sulawesi Selatan. Di Maros ada tarekat Khalwatiyah Yusuf  mursyidnya adalahn marga Assegaf yang tetap eksis sampai sekarang.

References

Al Alusi, Adil Muhyi Din. 1992. al Arubah wa Islam fi Januubi Syarqi Asia (al-Hind wa Induwnisiya). Diterjemahkan oleh Salim Basyarahil dengan Judul Arab Islam di Indonesia dan India. Jakarta: Gema Insani Press, 1992.
Azra, Azyumardi. 2007. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XV11 dan XVIII: Akar Pembaharuan Islam Indonesia: Jakarta Kencana.
Berg, L.W.C Van Den. 2010. Orang Arab Di Nusantara.Jakarta: Komunitas Bambu.
Burhanuddin, Jajat. 2012. Ulama dan Kekuasaan Pergumulan Elite Muslim dalam Sejarah Indonesia.Jakarta: Mizan.
Darmawijaya, 2008. Nikmatnya Tasawuf Mengupas kisah Sukses Ulama Tasawuf dalam Islamisasi Nusantara. Makassar: Refleksi.
Goodman J. Douglas & Ritzer Goerge. 2007. Modern Socioloycal Theory, 6 th Edition ( Teori Sosiologi Modern, Edisi ke-6) Jakarta: Kencana.
Hamid Abu 2005, Syekh Yusuf Makassar Seorang Ulama, Sufi dan Pejuang.Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Kazhim, Musa 2012 “ Sekapur Sirih Sejarah, Alawiyin dan Perannya Dalam Dakwah Damai di Nusantara: Sebuah Komplikasi Bahan” Dalam “Peran Dakwah Damai Habaib/Alawiyin di Nusantara”. Yogyakarta: Rausyan Fikr Institute.
Lauer, Robert H, 1977. Perspektif tentang Perubahan Sosial. Jakarta: Bina Aksara.
Mulyati, Sri. 2004. Tarekat-tarekat Muktabarah di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.
Published
2017-11-19