Persepsi Kebangsaan Siswa Kristen Di Kawasan Timur Indonesia

  • Muhammad Ali Saputra Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Kebangsaan, siswa, siswa Kristen, negara kesatuan, nasionalisme

Abstract

Dewasa ini, sebagai efek dari krisis multidimensional di Indonesia pada tahun 1997, nasionalisme/kebangsaan bangsa ini ditengarai mengalami kemerosotan. Ini ditandai dengan maraknya aksi intoleransi antar etnis/agama, penetrasi budaya asing hingga pada munculnya upaya aksi separatisme di sejumlah wilayah, seperti Maluku dan Papua. Aksi-aksi separatis maupun konflik antar agama yang utamanya terjadi di wilayah-wilayah berbasis Kristen, seperti Poso, Ambon, dan Papua mempertanyakan kembali komitmen nasionalisme kelompok Kristen di Indonesia, khususnya bagi generasi muda Kristen yang berpendirian, sehingga perlu diteliti bagaimana persepsi mereka tentang kebangsaan/nasionalisme. Penelitian ini dilakukan di lima lokasi, yaitu Manado, Ambon, Jayapura (Papua), Poso, dan Toraja. Subjek penelitian adalah siswa SMA/sederajat beragama Kristen dengan jumlah sampel 1100 orang. Metode yang digunakan adalah mix methods, menggabungkan penelitian kuantitatif dengan kualitatif, dengan rancangan kombinasi sekuensial eksplanatory, menggunakan angket dan wawancara sebagai alat pengumpul data. Temuan penelitian menunjukkan, bahwa, secara umum, pemahaman kebangsaan responden (dalam keempat aspek kebangsaan) adalah baik, namun dalam sejumlah hal aktual, agak berbeda. Masih ada problem keinginan berpindah kewarganegaraan, adanya ketidak yakinan bahwa Pancasila mampu mengatasi tantangan zaman, dan ketidakpatuhan terhadap hukum dalam hal tertentu yang perlu diperbaiki. Untuk itu, perlu dipertahankan dan ditingkatkan kegiatan terkait penanaman nilai nasionalisme di sekolah, baik melalui kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, maupun kegiatan seperti sosialisasi 4 pilar kebangsaan dan kader bela negara yang melibatkan pihak luar sekolah.

References

Alhethail, R.M. 2015. “Exploring the perception of nationalism in the United States and Saudi Arabia”. Tesis. Eastern Washington University. WA: Cheney.

Brubaker, Rogers. 2012. Nations and nationalism. 18(1):2-20 · Januari.

Cresswell, John W. 2016. Research design: Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Terj. Ahmad Fawaid dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Cet. Ke-1.

Haas, Ernst. 1997. Nationalism, liberalism, and progress: The rise and decline of nationalism. New York: Cornell University Press.

Hamada, K, & Tanabe, S. 2015. “Relationship between subordinate concepts of nationalism and political values: emprical assessment in the ethnic nation”, Makalah, disampaikan dalam ECPR General Conference University de Montreal, Montreal, 26-29 Agustus 2015.

Hutchinson, John. 2000. “Ethnicity and modern nations”. Ethnic and racial studies, 23 (4).

Leavitt, Harold J. 1978. Managerial psychology. Chicago: University of Chicago Press.

Mertens, D.M. 2010. Research and evaluation in education and psychology: Integrating diversity with quantitative, qualitative, and mixed methods. Edisi ke-3. Thousand Oaks. CA: Sage.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis data kualitatif Buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: UIP.

Prasetyo, B., Jannah, Lina M..2011. Metode penelitian kuantitatif: Teori dan aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Dewi, Hardyana P, & Warsono, “Nasionalisme Siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Sidoarjo”, dalam Kajian Moral dan Kewarganegaraan, No. 1 Vol. 3 Tahun 2013, h. 455-469.

Reksa, Gladia Yuanda. 2016. “Pengaruh lagu-lagu perjuangan terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Pada Kelompok Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMA Negeri 1 Blitar”. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak Diterbitkan.

Sabara. 2018. Laporan fact finding kasus penolakan pembangunan masjid agung Al-Aqsha Sentani, Kab. Jayapura. Makassar: Balai Litbang Agama.

Sekretariat Jenderal MPR RI. 2012. Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Jakarta.

Smith, Anthony. 2013. Nationalism. New York: John Wiley.

Sugiyono. 2007. Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Walgito, Bimo. 2002. Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Widianti, dkk. 2018. “Wawasan Kebangsaan Siswa Sekolah Menegah Atas dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Siswa”, Jurnal Ketahanan Nasional Vol.24 No.1 April 2018, h.126

Published
2019-06-01