Metode Dakwah Mencegah Bullying Komunikasi Politik Di Media Sosial

Pusaka Jurnal

  • Syarifudin Syarifudin IAIN Ambon
Keywords: bullying, politik, etnografi, medsos

Abstract

Tulisan ini berkaitan dengan etnografi bullying komunikasi politik di media sosial selama masa kampanye di kota Ambon. Model Deskriptif kualitiatif diterapkan untuk menelaah realitas bullying komunikasi politik di ruang publik media sosial di kota Ambon. Hasil penelitian menemukan empat aspek dari realitas tersebut: 1). Berita yang paling banyak dikonsumsi selama kampanye pilpres di kota Ambon bullying politik telah merusak system sosial persatuan, persaudaraan, dan budaya empati Islam Kristen. 2). Berita yang sangat berperan besar dalam mengkosntruksi otak masyarakat di kota Ambon sangat berpengaruh dalam diskusi politik di warung kopi adalah berita yang sumber di Youtube. 3). Bullying politik berpengaruh terhadap perubahan pilihan politik untuk PILPRES selama masa kampanye. 4). Berita yang dijadikan argument komunikasi politik adalah 70% berita di media sosial. Dari realitas ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi komunikasi bullying politik yang input oleh publik kota Ambon dari media sosial semakin sulit merawat persaudaraan dikalangan masyarakat untuk menata wawasan berpikir sehat di ruang publik media sosial secara sistematis.

References

Arbi, Armawati. 2019. Komunikasi Intrapribadi: Integrasi Komunikasi Spiritual, Komunikasi Islam, dan Komunikasi Lingkungan. Cet. I; Jakarta: Prenada Media Group.

Coloroso, Barbara. 2007. Stop Bullying (memutus Rantai kekerasan Anak dari Pra Sekolah hingga SMU). Cet. I; Jakarta: PT. Ikrar Mandiri Abadi.

Dell Hymens, Ethnography of Communication: SPEAKING Dell Hymes dan Peristiwa Tutur (Speech Event) oleh: Endah Ratna https://dunianyasosiolinguistik.w ordpress. com/2013/06/11/speaking-dellhymes-dan-peristiwa-tuturspeech-event/.

Dell Hymes, The Legacy of: Ethnopoetics, Narrative Inequality, and Voice (Encounters: Explorations in Folklore and Ethnomusicology). https://terasmaluku.com/ditkrimsuspolda-maluku-gandeng-mediasiber-ambon-lawan-hoax-danhate-speech/

Ibrahim, Abd. Syukur. 1994. Etnografi Komunikasi. Surabaya: Usaha Nasional. Jokowi Pki? 5 Fakta Hubungan Jokowi Dan Pki Yang Terkuak Menjelang Pilpres 2019: https://www.youtube.com/watch? v=qp734V0N8hc. Jokowi Pki? 5 Fakta Hubungan Jokowi Dan Pki Yang Terkuak Menjelang Pilpres 2019: https://www.youtube.com/watch? v=qp734V0N8hc.

Junaedi, Fajar. 2019. Etika Komunikasi di Era Siber: Teori dan Praktik. Cet. I; Jakarta: Rajawali Pers.

Kabiro Humas Kemenkominfo (Plt), Ferdinandus Setu, di Ibis Budget Hotel, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Jumat (19/10/2018). Kasus “Bullying” dan Sanksi Tegas yang Harus Diterapkanhttp:// megapolitan. kom pas.com/read/2016/05/ 04/08040681/Kas us.Bullying.dan. Sanksi.Tegas. yang. Harus.Diterapkan (dikases pada 20 April 2019).

Kuswarno, 2008. Memahami Pola Komunikasi Melalui Pendekatan Etnografi. Cet. I; Bandung: Widya Padjadjaran.

Kuswarno, Engkus. 2008. Etnografi Komunikasi: Suatu Pengantar dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjajaran.

Musdawati, Nurfaidah, Etnografi Komunikasi dalam Sosiolinguistik: http://www. ariesrutung.com / 2018/04/pengertiansosiolinguistik-menurut-paraahli.html

Suryadi, Edi. 2018. Strategi Komunikasi: Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global Cet. I; Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Syahputra, Iswandi, 2019. Media Relations: Teori, Strategi, Praktik, dan Media Intelijen (Cet. I; Jakarta: Rajawali Pers.

Taufik, H. M. Tata, 2017. Etika Komunikasi Islam (Cet. I; Jakarta: Pustaka Setia.

Widodo, Aan, 2016. Komunikasi Bully: Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. Volume VI Nomor 1/Juni 2016.

Published
2019-06-01