Ekspresi Literasi Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bone

  • Israpil Apil Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: literasi, karya sastra, puisi, cerpen, Madrasah Aliyah Negeri 1 Bone

Abstract

Program literasi sekolah sejatinya adalah pembiasaan membaca dan menulis bagi peserta didik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kreativitas peserta didik. Diyakini, bahwa dengan membaca dan menulis, ilmu pengetahuan akan semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana bentuk pengembangan kegiatan literasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN 1 Bone). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan datanya dengan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pengembangan kegiatan literasi di MAN 1 Bone salah satunya adalah berupa karya sastra dalam bentuk penulisan cerpen dan puisi. Isi cerpen dan puisi peserta didik MAN 1 Bone adalah bentuk ekspresi diri mereka terhadap pembacaan dari problematika yang dihadapi.

Kata Kunci: literasi, karya sastra, puisi, cerpen, Madrasah Aliyah Negeri 1 Bone

References

Abustam, M. Idrus, dkk. 2006. Pedoman Praktis Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Antoro, Billy. 2017. Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aprillianingtyas. www.academia.edu. diakses 27 Februari 2019.

Dede Nurhasanah. Efektifitas Program Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MAN 2 Kota Bogor (http://ejournal.uikabogor.ac.id/index.php/ANDRAGO GI/article/view/1064/874). Diakses 29 Februari 2019).

Dewayani, Sofie, Pratiwi Ratnadingdyah. 2017. Suara dari Margin: Literasi sebagai Prakti Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Iswanto, Agus. 2018. “Praktik Literasi Berbasis Madrasah Riset: Pelaksanaan Gerakan Literasi di MANS Yogyakarta”. Al-Qalam, Vol. 24 Nomor 2 Balai Litbang Agama Makassar.

Martin Jimi. Membangun Kembali Budaya Menulis (https://m.kumparan.com. Diakses tanggal 21 Februari 2019).

Muslim, A. (2017). Pembinaan Kesiswaan Berbasis Sastra Religi Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu. PUSAKA, 5(1), 1-22.

Muslim, A. (2017). MEMBACA EKSISTENSI ‘PUSAT LITERASI’DARI PELOSOK NEGERI: IRONI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH KONAWE SELATAN. Penamas, 28(1), 25-42.

Najelaa Shihab. 5 miskonsepsi Literasi yang perlu dipahami. (https://m.kumparan.com. Diakses tanggal 29 Februari 2019.

Rachmatullah, S. 2010. Khazanah Kesusasteraan Dunia dari Zaman Kuno sampai Modern. Jakarta: Oncor Semesta Ilmu.

Subair, Muh. 2017. Ekspresi Literasi Petuah Bijak Daerah Siswa Man 1 Bone Dan Mas Al-Junaediyah Biru Bone. Jurnal Al-Qalam Vol. 23. No. 2

Wachid, Abdul, 2005. Sastra Pencerahan, Yogyakarta: Centra Grafindo.

Wiedarti, Pangesti, dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI.

Published
2019-06-01