Sinergitas Kinerja Guru Pai Dan Pengawas Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMP Manado

  • Amiruddin Amiruddin Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Sinergitas, Pengawas PAI, Guru PAI, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan survei terhadap pemenuhan kebutuhan pengawas PAI dan guru PAI di sekolah umum sekaligus untuk mengetahui tingkat sinergitas kinerja antara Guru PAI dan Pengawas. Melalui mtode kuantitatif dengan survei atas populasi pengawas dan Guru PAI di SMP Manado. Ditemukan bahwa proporsi pemenuhan kebutuhan Guru PAI dan pengawas di Kota Manado masih dirasa kurang. Beban guru mentransmisi pengetahuan kepada siswa tidak efektif karena rasio ketersediaan guru dan jumlah siswa tidak berimbang, begitu pun pada ketersediaan pengawas PAI semakin tahun semakin berkurang. Tingkat sinergitas kinerja Guru PAI dan pengawas berada pada tingkat yang Tinggi. Keterlibatan pengawas dalam memberikan pembinaan telah intens dilakukan. Proses kunjungan pengawas PAI ke sekolah dalam melakukan supervisi akademik kepada guru PAI setiap hari di lakukan. Hubungan performance antara guru PAI dan Pengawas semakin bersinergi hal ini ditandai dengan keterlibatan pengawas pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh MGMP PAI. Namun pada aspek kelitbangan tampak berbeda walau tingkat sinergitasnya tinggi, tetapi kualitas pembimbingannya rendah.

References

Aedi, Nur. 2014. Pengawas Pendidikan Tinjauan, Teori, dan Praktek. Jakarta: Rajawali Pers.

Agung, Iskandar dan Yufridawati. 2013. Pengembangan Pola Kerja Harmonis dan Sinergi Anatar Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Jakarta: Bestari Buana Murni.

An-Nahidl, Nunu Ahmad. 2010. Pendidikan Agama Di Indonesia, Gagasan dan Ralitas. Jakarta. Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan RI.

Badruzzaman. 2005. Hubungan Performansi Pengawas dan Guru PAI Dalam Upaya Meningkatkan Mutu PAI pada Satuan Pendidikan. Laporan Penelitian. Makassar: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar.

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, Bahan Belajar Mandiri Kelompok Kerja Pengawas Sekolah Dimensi Kompetensi Supervisi Akademik (Jakarta : Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, 2009).

Fathurrohman, Muhammad & Hindama Ruhyani. 2015. Sukses Menjadi Pengawas Sekolah Ideal. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ismail, Arifuddin. 2015. Pergumulan Islam dengan Budaya Lokal. Makassar: Kreatif Lenggara. Kumpulan Laporan Penelitian. 2012. Kompetensi Pengawas Pendidikan Di Kawasan Indonesia Timur. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar.

Kunandar, 2008. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Lampiran Keputusan Menteri Agama RI No 39 Tahun 2015 tentang Rencana Strategi Kementerian Agama Tahun 2015-2019. Lampiran Permen Diknas RI Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.

Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasisi Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag No. Djl/12A/2009 tentang penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler PAI pada sekolah.

Peraturan Menteri Agama RI Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah.

Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010 Tentang Jabatan Fungsional Pengawas dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 12 tahun 2007 Tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.

Pusat Bahasa Depatemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Retoliah. 2014. Istiqra. Jurnal penelitian Ilmiah. Volume 2 Nomor 2 JuniDesember 2014.

Siahaan, Amiruddin, dkk. 2006. Manajemen Pengawas Pendidikan. Jakarta: Quantum Teaching (Ciputat Press Group).

Sudarmanto. 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM: Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2019-06-01