Pola Interaksi Migran Bugis dalam Pengembangan Pendidikan Agama di Kota Bitung

  • Muhammad Nur Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Migran Bugis, pendidikan keagamaan, tradisi keagamaan

Abstract

Penelitian ini mencoba menelusuri interaksi orang orang Bugis yang tersebar di belahan nusantara, khususnya di wilayah pesisir laut. Fenomena ini menarik untuk dikaji, tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan tentang bagaimana kehidupan migran Bugis di beberapa daerah khususnya di Kota Bitung, sekaligus menjelaskan peran migran Bugis dalam bidang sosial khususnya pengembangan pendidikan agama. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan tiga pendekatan yaitu studi dokumen, pengamatan langsung, dan wawancara, dengan informan kunci tokoh masyarakat dan agama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mereka orang-orang Bugis dalam perantauan mampu hidup berdampingan dengan suku migran lain dan menjunjung nilai budaya setempat sehingga bisa diterima keberadaannya. Karena itu, mereka hidup rukun bersama warga penduduk lokal. Salah satu sifat orang Bugis yang selama ini dikenal dengan tradisi senang merantau juga tidak terlepas dari keperdulian mereka terhadap pengembangan agama di dunia pendidikan jika berhasil dalam perantauan. Diantara mereka ada yang telah menjadi Pejabat Pemerintah setampat, Anggota DPR, TNI, dan Pengusaha.

 

References

Asra, A. R. 2009. Orang Bugis Di Semenanjung Melayu: Dari Integrasi Ekonomi Ke Politik. 1sted. Jakarta.

Bakti, Andi Faisal. 2010. Diaspora Migran Bugis Di Alam Melayu Nusantara. I. Ininnawa.

Creswell, Jhon W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif Dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Dumay, Haidar Putra. 2007. Sejarah Pertumbuhan Dan Pembangunan Pendidikan Islam Di Indonesia. I.Kencana.

Ima, Andi Kesuma. 2004. Migrasi Dan Orang Bugis. Edited by Nursam. 2nded. Yogyakarta: Ombak. Indonesia, Republik. n.d. Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam. Republik Indonesia.

Irfan, Muhammad. 2010. “Laporan Hasil Penelitian Pelayanan Kementerian Agama Terhadap

Penganut Khonghucu Kota Bitung.” Balai Litbang Agama Makassar.Kantor Kelurahan PatetenSatu, Kota Bitung. 2018. “Data Base Kependudukan Kantor Kelurhan Pateten Satu, Kota Bitung.” Kota Bitung.

Mattulada. 1991. Menyusuri Jekak Kehidupan Makassar Dalam Sejarah. Makassar: Hasanuddin Press.

Muslim, Abu. 2019. Migran Bugis Dan Pendidikan Islam. I. Balai Litbang Agama.

Naim, Hendry Saputra and Akhsan.2010. Kewarganegaraan, Suku Bangsa, Agama, Dan Bahasa Sehari-Hari Penduduk Indonesia: Hasil Sensus Penduduk. Jakarta. Pelras, Christian 1st ed. 1996. The Bugis. Blackwell Publisher.

Rahman, A. Rahim. 2011. Nilai-Nilai Utama Kebudayaan Bugis. 1sted.Yogyakarta.: ombak.

Republik Indonesia. 2004. UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, indonesia.

Statistik, Badan Pusat. 2018. Kota Bitung Dalam Angka. Badan Pusat Statistik, Kota Bitung.

Suardi, Ismail Wekke. 2017. Migran Bugis Dan Madura Di Selatan Papua Barat : Perjumpaan Etnis Dan Agama Di Minoritas Muslim Intelektualita. Jakarta.

Sugiyono. 2010. No TitleMetode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan RND . Alfabet. Vlekke, Barnard n.d. Nusantara Sejarah Indonesia. I. Jakarta:Gramedia.

Published
2019-11-05