Lasadindi: Ulama Pejuang Islam dan Tokoh Gerakan dari Tanah Kaili

  • Husnul Fahima Ilyas Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
  • Jefrianto Jefrianto Komunitas Batu Karang (KBK)
Keywords: Lasadindi, ulama, pejuang, pengemban Islam, Tanah Kaili

Abstract

Artikel ini mengungkap tentang kehidupan dan peran Lasadindi di Tanah Kaili sebagai ulama lokal yang berasal dari Sulawesi Tengah, yang memainkan peran dalam mempertahankan kemerdekaan, sekaligus mengembangkan agama Islam di daerahnya. Selain itu tokoh lokal ini juga melibatkan dirinya ke dalam organisasi gerakan Syarikat Islam untuk memperjuangkan kemerdekaan. Keberhasilannya dalam mengemban misi Islam dianggap bisa membumikan nilai-nilai ajaran Islam ke dalam kehidupan suku Kaili yang tradisional. Kehadirannya di tanah Kaili juga dikenal sebagai salah seorang Raja di Kerajaan Sindue, suatu kerajaan yang saat ini wilayahnya berada dalam Kabupaten Donggala. Data tersebut diperoleh dengan teknik wawancara, studi dokumen, kajian pustaka, dan observasi terhadap lingkungan tempat ulama semasa hidupnya.

References

Ahmad, Ainur Rofiq Sayyid. 2008. Tiga Kiyai Khos. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara. Ali, Abdul Halim. 2010. Biografi Guru Tua: Sayed Idrus bin Salim Aljufri.
Dg. Siame, Norma. 2011. Kepemimpinan Sayid Idrus Bin Salim Aldjufri dan Perubahan Masyarakat Islam Di Palu Sulawesi Tengah Tahun 19301969. Laporan Penelitian STAIN Datuk Karama Palu. Hadidjah. 2006. Islam Di Tawaeli (Studi Tentang Masuk Dan Berkembangnya Islam). Laporan Penelitian STAIN Datuk Karama Palu. Jumat, Gani. 2012. Nasionalisme Ulama: Pemikiran Politik Kebangsaan Sayyid Idrus Bin Salim Al-Jufri 1891-1969. Disertasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Lolo, Andi Gunu. 2001. Tadulako dari 1745-1942 si Suwesi tengah. Tim Pencari Fakta Perjuangan Tadulako. Mattulada. Sejarah Kebudayaan “To Kaili” (Orang Kaili). Palu; Badan Penerbit Universitas Tadulako. Tanpa tahun Hal. 43. Quraish Shihab. 1996. Wawasan AlQur’an: Tafsir Maudhu’i Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan. Thahir, Abdul Muiz. 2004. Sejarah Tanah Kaili dan Perkembangannya. Tanpa Penerbit.
Published
2014-05-20