Efektivitas Belajar Online Bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibdtidaiyah di Kota Malang Jawa Timur
Abstract
Pandemi covid-19 telah merubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online. Keterbatasan dan ketidakbiasaan menghadapi situasi sulit menimbulkan kreativitas dan inovasi pembelajaran. Situasi ini dijumpai dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Kota Malang. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengamatan terhadap pembelajaran online siswa SD Brawijaya Smart School dan MIN 1 Kota Malang. Berdasarkan metodologi pembelajaran bahasa, ditemukan adanya keterbatasan penggunaan metode pengajaran secara online. Khususnya terkait teknis pembelajaran untuk mengoperasionalkan instruksi metode menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Karena itu, diajukan beberapa alternatif penggunaan teknik pembelajaran seperti: simak-kerjakan, simak tulis, membuat rangkuman dan simak-terka. Teknik-teknik ini dapat dikembangkan oleh guru bersama siswa agar tidak bosan dan tetap berorientasi pada pencapaian target belajar.
References
Alfianika, N. (2018). Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. In Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia.
Ariyanto, R. R., & Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran : Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. Yugyakarta: Pustaka Pelajar. Djuanda, D. (2008). Pembelajaran keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar. Bandung: Pustaka Latifah.
Herawati, O. D. P., Siroj, R., & Basir, D. (2013). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.22342/jpm.4.1.3 12.
Hernawan, A. H. (2018). Strategi Pembelajaran di SD. In PDGK4105/MODUL 1. Informasi, K. (2020). Pengertian Metode. Retrieved June 20, 2020, from http://www.kanalinfo.web.id
Mahamod, Z. (2011). Memperkasa guru, mempercekap pelajar: pengajaran dan pembelajaran bahasa melayu dalam abad ke-21. Seminar Bahasa Melayu.
Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i 1.107
Mansyur, U. (2016). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Retorika.
Mujahidun. (2016). Pemerataan Pendidikan Anak Bangsa: Pendidikan Gratis Versus Kapitalisme Pendidikan.
Tarbiyatuna. Pinarac. (2020). Defenisi metode pembelajaran. Retrieved from http://www.google.com/amp/s/pin arac.wordpress.com/2012/04/050d efinisi-metode-pembelajaran2/amp/
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Riwan Putri Bintari, N. L. G., Sudiana, I. N., & Bagus Putrayasa, I. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik ( Problem Based Learning ) Sesuai Kurikulum 2013 Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Amlapura. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Satria Trio, G. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menyimak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Setyawati. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia.
Yuma Pusataka. Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Tersedia: Http://Akhmadsudrajat. Wordpress. Com/2008/09/12/PengertianPendekatan-Strategi-MetodeTekniktaktik-Dan-ModelPembelajaran/.[20 Oktober 2008].
Tarigan, H. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.