Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al Risalah Batetanga Kabupaten Polman Provinsi Sulawesi Barat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pembelajaran kitab kuningdi pondok pesantren, serta mendeskripsikan problem dan solusi yang dihadapdalam mempelajari kitab-kitab tersebut. Penelitian ini merupakan penelitiankualitatif deskriptif yang memotret pembelajaran kitab kuning di pondokpesantren. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri sebagai ciri khas dari penelitian kualitatif Teknik pengumpulan data yangdipergunakan adalah wawancara, dokumentasi dan obseservasi. Hasil penelitianini menunjukan bahwa mekanisme pembelajaran kitab kuning di pondokpesantren yang bertipe Salafiyah dalam hal ini Pondok Pesantren Al Risalahmenunjukkan kitab-kitab tersebut digunakan dalam proses pembelajaran. Adapunproblem dan solusi yang dihadapi dalam pembelajaran kitab kuning salah satunyaadalah tingkat kecerdasan anak yang bervariasi sehingga diperlukan tenaga ekstrauntuk mengajar anak-anak ini adalah salah satu kendala proses pembelajaranBeberapa kasus yang terjadi anak-anak yang latar belakangnya berasal dari SDumum belum mampu mengaji dibuatkan kelas khusus serta jam pelajaran metode iqra’. Sehingga pembelajaran pun terasa lambat karena menunggu kemahiran anaksantri dalam mengenal huruf hijaiyah.
References
Mizan. Bustaman, K. dan A. (2017). Islam Historis (Dinamika Islam Di Indonesia) (1st ed.). Jogja Bangkit Publisher.
Dhofier, Z. (2015). Tradisi Pesantran (Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. LP3ES.
Idham. (2014). Pergumulan Budaya Lokal Dengan Islam Di Bau Bau. Studi Islam IAIN Ambon, 3(No 1 Januari-Juni 2014).
Idham. (2015). Problematika Pemanfaatan Buku Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Dasar Di Kabupaten Mamuju. Penamas Balitbang Jakarta, 17(2).
Milal Biwawie, Z. (2016). Masterpice Islam Nusantara (Sanad dan Jejaring Ulama Santri). Pustaka Compas.
Muqoyyidin, A. W. (1970). Kitab Kuning Dan Tradisi Riset Pesantren Di Nusantara. Ibda` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya. 82 Https://Doi.Org/10.24090/Ibda.V 12i2.441
Muslim, A. (2018). Refleksi Pembelajaran Kitab Kuning Pada Pondok Pesantren Di Balikpapan. Pusaka, 16(1).
Nata, A. (2008). Menajmen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia (1st Ed.). Kencana Prenada.
Subair, M. (2017). Strategi Pencarian Naskah Kuno Sulsel. Pusaka, 5 No 1, 1–139.
Subair, M. (2018). AGH Huzaifah Dalam Pusaran Tradisi Santri Di Qismul Huffadz Pesantren Biru Bone. Jurnal Pusaka, Volume 6 N.
Subair, M. (2019). Ideologi Kebangsaan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantr¬En Pkp Manado. Al-Qalam. Https://Doi.Org/10.31969/Alq.V2 5i1.696
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D).
Alfabeta. Sukamto. (1999). Kepemimpinan Kiai Dalam Pesantren (1st Ed.). LP3ES.
Thoriqussu ’Ud, M. (2012). ModelModel Pengembangan Kajian Kitab Kuning Di Pondok Pesantren. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah.
Wikipedia. (2018). Kitab Kuning. Wikipedia. Https://Id.Wikipedia.org/wiki/Kit ab_kuning Zuhriy, M. S. (2011). Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter pada Pondok Pesantren Salaf. Walisongo, 19 No. 2(November 2011), 287–310.