Penanaman Karakter Islami Melalui “Pohon Ketaatan” pada Anak TK Taman Ria Tanuntung Bulukumba

  • Syarifah Halifah Institut Agama Islam Negeri Parepare
Keywords: pohon ketaatan, pendidikan karakter, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penanaman karakter dalam konsep“pohon ketaatan”, yaitu konsep yang mendorong peserta didik untuk mengaplikasikan rasa syukur, meningkat, dan bermanfaat. Penelitian ini adalah studi kasus pada TK Taman Ria Tanutung Bulukumba Sulawesi Selatan. Fokus
utama adalah anak usia 5-6 tahun yang diobservasi untuk melihat perkembangan perilakunya. Hasil penelitian menunjukkan adanya anak yang masih berperilaku tidak sesuai konsep pohon harapan. Hal itu disebabkan karena adanya anak tersebut diistimewakan (misalnya dia adalah anak seorang guru), anak yang pendiam, dan aktif. Kemudian setelah penanaman karakter melalui pohon ketaatan diterapkan. Anak-anak yang tadinya berperilaku tidak sesuai dengan “pohon ketaatan” karena faktor diistimewakan dapat mengalami perubahan, sebagaimana tergambar pada anak usia dini kelompok B TK Taman Ria Tanutung, yang mana sudah dapat memahami rasa bersyukur, meningkat dan bermanfaat untuk menanamkan sikap kebajikan, berpikir baik, berperasaan baik dan berperilaku baik. Ini menunjukkan efektivitas pohon ketaatan untuk pembinaan anak usia dini.

References

Abu Mushlih Ari Wahyudi. n.d. “Hakikat Sabar.”

Dikbud, Bidang & KBRI Tokyo. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasonal RI.

Dikbud, Bidang, and Kbri Tokyo. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasonal RI.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal. 2012. Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Hadi, Sopyan. 2018. “Konsep Sabar Dalam Al-Qur’an.” Jurnal Madani 1 (2): 473–88. https://doi.org/https://doi.org/10.3 3753/madani.v1i2.25.

Jacobs, Don Trent, and Jessica Jacobs Spencer. 2001. Teaching Virtues: Building Character Across the Curriculum.

Lickona, Thomas, and Matthew Davidson. 2005. Smart & Good High Schools. Institute for Excellence and Etnics. Washington.

Mei-Ju, Chou, Yang Chen-Hsin, and 96 Huang Pin-Chen. 2014. “The Beauty of Character Education on Preschool Children’s Parent-Child Relationship.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 143 (August): 527–33. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2 014.07.431.

Muslim, A. (2011). EKSPRESIKEBIJAKSANAAN MASYARAKAT BUGIS WAJO MEMELIHARA ANAK (ANALISIS SASTRA LISAN) Wisdom Expression of Bugineese Wajo Community in Caring Children (Oral Litelature Analysis). Al-Qalam, 17(1), 125-132.

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara. National Association for the Education of Young Children. 2009. “Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8,” 2009.

Okina Fitriani. 2018. Enlightening Parenting. Edited by Tim Redaksi. Jakarta: Serambi.

Profesor Dr Hamka. 2015. Tafsir AlAzhar: Karya Agung Ulama Nusantara, Jilid 1 (Juz 1, 2 & 3). PTS Publications.

Sinaga, Rida. 2018. Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Societas Dei: Jurnal Agama Dan Masyarakat. Vol. 5. https://doi.org/10.33550/sd.v5i2.8 9.

UNESCO. 2015. “A Review of the Literature: Early Childhood Care and Education (ECCE) Personnel in Low- and Middle-Income Countries - UNESCO Digital Library.” In , edited by the United Nations Educational.

Published
2020-05-01