Nilai-Nilai Religius dan Tradisi Ziarah Kubur Makam Syekh Baribin di Desa Sikanco Kecamatan Nusawungu Cilacap
Abstract
Perlakuan sebagian masyarakat dalam menyakralkan atau mensucikan makam orang suci dilakukan dengan cara menziarahi makamnya yang dijadikan tradisi atau bagian dari ibadah. Seringkali mereka melakukan tawasul atau meminta sesuatu kepada Tuhan melalui perantara wali yang disucikan itu. Pada masa dahulu ziarah memang tidak diperbolehkan oleh Rasulullah lalu kembali diperbolehkan karena dalam ziarah terdapat banyak manfaat yang salah satunya
dapat mengingat pada kematian. Intinya ziarah kubur bukan dimaksudkan untuk syirik. Tulisan ini merupakan penelitian analisis deskriptif, dengan studi lapangan yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya nilai-nilai religius dalam tradisi ziarah kubur makam Syekh Baribin yang dikelompokan menjadi tiga bagian yaitu nilai Ibadah, Nilai Aqidah dan Nilai Akhlak. Tradisi Ziarah Kubur Makam Syekh Baribin di Desa Sikanco yaitu tahlil kubur pada malam Jumat yang dilaksanakan pada jam 12 malam dengan membaca yasin 40 kali, tahlil kubur pada malam Jumat setelah maghrib, hari keramat Kamis wage Jumat kliwon acaranya dilakukan dari siang sampai malam.
References
Asnawi, Sibtu. 1966. Adab Tata Cara Ziarah Kubur. Surabaya: AlIkhlas.
Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) Pudentia MPSS (Editor). 2015. ‚‘Metodologi Kajian Tradisi Lisan.’‛ Yayasan Obor Indonesia.
Aziz, Abd. 2018. ‚ZIARAH KUBUR, NILAI DIDAKTIS DAN REKONSTRUKSI TEORI PENDIDIKAN HUMANISTIK.‛ Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.21274/epis.2018 .13.1.33-61.
Busroli, Ahmad. 2019. ‚Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih Dan Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Di Indonesia.‛ Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal. https://doi.org/10.15575/ath.v4i2. 5583.
Christimoty, Debora Nugrahenny. 2019. ‚Teologi Ibadah Dan Kualitas Penyelenggaraaan Ibadah: Sebuah Pengantar.‛ PASCA : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen. https://doi.org/10.46494/psc.v15i1 .62.
Fahrurrazi, Fahrurrazi. 2018. ‚Another Meaning of Ziarah Kubur in Madura.‛ Islamic Studies Journal for Social Transformation. https://doi.org/10.28918/isjoust.v 2i1.1613.
Fathurrahman, Muhammad. 2015. Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.
Ghulam, Zainil, and Achmad Farid. 2019. ‚Ideologisasi Identitas Aswaja An-Nahdliyah Di LP. Ma’arif NU Lumajang Dalam Menangkal Gerakan Islam Transnasional.‛ Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.36835/tarbiyatu na.v12i2.401.
Hamim, Nur. 2017. ‚Pendidikan Akhlak: Komparasi Konsep Pendidikan Ibnu Miskawaih Dan Al-Ghazali.‛ Ulumuna. https://doi.org/10.20414/ujis.v18i 1.151.
Hanani, Doly. 2014. ‚Pendidikan Karakter Anak Menurut Imam AlGazali.‛ Jurnal Pembaharuan Pendidikan Islam (JPPI).
Hidayat, Nurul. 2015. ‚Metode Keteladanan Dalam Pendidikan Islam.‛ Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.21274/taalum.2 015.3.2.135-150.
Ibrahim, Muhammad Rusli. 2016. ‚Persepsi Masyarakat Tentang Makam Raja Dan Wali Gorontalo.‛ El-HARAKAH (TERAKREDITASI). https://doi.org/10.18860/el.v18i1. 3417.
Jamaluddin. 2006. ‚Tradisi Ziarah Kubur Dalam Masyarakat.‛ Homo.
Jannah, Miftahul. 2016. ‚LIVING HADIS DALAM TRADISI MENJAGA KUBUR MASYARAKAT BANJAR KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH KALIMANTAN 123 SELATAN.‛ ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin. https://doi.org/10.14421/esensia.v 15i1.763.
Manan, Syaepul. 2017. ‚Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan.‛ Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim.
Muhaimin, Abdul Wafi. 2020. ‚Mengurai Polemik Hukum Ziarah Kubur Bagi Perempuan.‛ Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu AlHadis. https://doi.org/10.24252/tahdis.v1 0i2.11528.
Mumfangati, Titi. 2007. ‚Tradisi Ziarah Makam Leluhur Pada Masyarakat Jawa.‛ Jantra Vol. II, No. 3, Juni 2007.
Muslim, Abu. 2016. ‚Simbol Pada Makam Syekh Bil Ma’ruf Dan Sosio-Religi Pulau Tangnga Sulawesi Barat.‛ Jurnal Lektur Keagamaan. https://doi.org/10.31291/jlk.v14i2. 501.
Muslim, Abu. 2017. ‚Puang Kali Taherong: Biografi Dan Karamahnya.‛ AlQalam Jurnal Penelitian Agama Dan Sosial Budaya. https://doi.org/http://dx.doi.org/10 .31969/alq.v23i2.417.
Norhashimah Yahya, Syed Hadzrullathfi Syed Omar, and Mohd Shahril Othman. 2017. ‚Konsep Kepuasan Diri Menurut Al-Ghazali Dan Maslow: Satu Kajian Perbandingan.‛ In International Conference of Empowering Islamic Civilization.
Ridlo, Muhammad Rasyid. 2018. ‚Mendudukkan Makna Jihad: Studi Analitis-Komparatif Pandangan Fundamentalis Dan Nilai-Nilai Religius dan Tradisi Ziarah Kubur Makam Syekh Baribin - Donny Khoirul Azis dan Tri Lestari Modernis.‛ TSAQAFAH. https://doi.org/10.21111/tsaqafah. v14i1.2299.
Rinaldi, Rinaldi, Dalmenda Dalmenda, and Rizki Putra Aslendra. 2017. ‚Perilaku Komunikasi Peziarah Kubur Jamaah Syatariah.‛ Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi. https://doi.org/10.25008/PKNK.V 1I1.90.
Setiawan, Eko. 2015. ‚NILAI RELIGIUS TRADISI MITONI DALAM PERSPEKTIF BUDAYA BANGSA SECARA ISLAMI.‛ Al-‘Adâlah.
Setiawan, Heri. 2019. ‚Tata Cara Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Dalam Ajaran Islam.‛ 18 Jan 2019. 2019.
Subair, Muhammad. 2016. ‚ULAMA KHARISMATIK KH. HAMRAIN KAU ANUGRAH ATAS ILMU DAN AMALNYA.‛ Al-Qalam. https://doi.org/10.31969/alq.v21i1 .209.
Subair, Muhammad. 2018. ‚AGH Huzaifah Dalam Pusaran Tradisi Santri Di Qismul Huffadz Pesantren Biru Bone.‛ Jurnal Pusaka volume 6 N.
Wati, Dian Chrisna, and Dikdik Baehaqi Arif. 2017. ‚Penanaman Nilai-Nilai Religius Di Sekolah Dasar Untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa.‛ Konferensi Nasional Kewarganegaraan III.
Wulandari, Asri. 2016. ‚Nilai-Nilai Islam Yang Terkandung Dalam Tradisi Ziarah Kubur Pada Hari Raya Idul Fitri Kec.Tanjung Batu Kel.Tanjung Batu Kab. Ogan Ilir.‛ In Revista Brasileira de Ergonomia. https://doi.org/10.5151/cidi2017- 060.
Zainal Abidin; Fiddian Khairudin. 124 2017. ‚Penafsiran Ayat-Ayat Amanah Dalam Al-Qur’an.‛ Jurnal Syahadah Vol.
Zubair, Muhammad. 2011. ‚MAKNA DAN FUNGSIINSKRIPSI PADA MAKAM LAJANGIRU DI BONTOALA MAKASSAR (Study Arkeo-Epigrafi) Meaning and Function of the Inscription in Lajangiru Cemetery Bontoala Makassar (a Study ArkeoEpigraphy).‛ Al-Qalam. https://doi.org/10.31969/alq.v17i1 .98.