Refleksi Pembelajaran Kitab Kuning Pada Pondok Pesantren di Balikpapan

  • Abu Muslim Balai Litbang Agama
Keywords: Kitab Kuning, Pembelajaran, Santri, Kiai, Pesantren

Abstract

Penelitian ini memaparkan tentang pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren, yang dilakukan pada dua pondok pesantren bergenre salafiyah di kota Balikpapan, yakni pondok pesantren Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary dan pondok pesantren salafiyah subulussalam Balikpapan. Penelitian ini mengoperasionalkan metode kualitatif dengan mengandalkan wawancara dan observasi langsung di pesantren yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren terlihat menggunakan model halaqah/sorogan. Pada setiap tingkatan terlihat perbedaan cara belajar kitab dimana pada fase awal terlihat pola pembelajaran kitab yang sangat mengandalkan kiai/ustad untuk membacakan dan menjelaskan keseluruhan, sementara santri cukup mengulang-ulanginya. Sementara pada fase yang lebih tinggi diskusi dan pengkajian mendalam terhadap materi sudah dilakukan, termasuk pada pemaknaan kontekstual dan perbandingannya dengan kitab-kitab lainnya. Hal lain yang mengemuka dalam setiap dominasi pemaparan materi kitab kuning oleh kiai itu adalah asa berkah yang diharapkan santri tertular dalam setiap pembelajaran yang diikutinya. Sementara itu problem kepemilikian kitab kuning menjadi salah satu yang cukup menonjol dalam temuan penelitian ini, yang hanya mengandalkan lapak-lapak kitab yang disiapkan oleh ustad, sementara dalam konteks bantuan pemerintah, hampir tidak ada. Di Balikpapan, dalam beberapa tahun terakhir, kitab kuning belakangan menjadi bagian penting dalam pelaporan pemutakhiran data pesantren, yang keberadaannya menjadi wajib, sebagai pertimbangan perpanjangan ijin operasional pesantren.

Kata Kunci: Kitab Kuning, Pembelajaran, Santri, Kiai, Pesantren

References

DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Abdul Rahman. Implementasi Pengajian Kitab Kuning Pada Pondok Pesantren Salafiyah Parappe Kabupaten Polewali Mandar dalam “Reinversi Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Jakarta: Orbit, 2011.
As’ad, Muhammad. Transformasi Kelekturan Pada Pesantren Manahil Ulum Kaballangan dalam “Transformasi Kelekturan Pesantren di Sulawesi Selatan. Ujung Pandang: Balai Penelitian Lektur Keagamaan Ujung Pandang, 1994.
Baso, Ahmad. Pesantren Studies 2a. Jakarta: Pustaka Afid, 2012.
Bruinessen, Martin Van. Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat. Cet. II; Yogyakarta: Gading Publishing, 2015.
. 1994. 'Pesantren and Kitab Kuning: Continuity and change in a tradition of religious learning', in: Wolfgang Marschall (ed.), Texts from the islands: Oral and written traditions of Indonesia and the Malay world [Ethnologica Bernensia, 4], Berne: The University of Berne Institute of Ethnology.
Cresswell, John W. Research Design, Qualitative and Quantitative Approaches. California: Thousand Oaks, 1994.
Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES, 2011.
Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Deperteman Agama RI. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah; Pertumbuhan dan Perkembangannya. Jakarta: Deperteman Agama RI, 2003.
Kadir M, Abd. Transformasi Kelekturan Pada Pesantren As’adiyah Sengkang dalam “Transformasi Kelekturan Pesantren di Sulawesi Selatan Ujung Pandang: Balai Penelitian Lektur Keagamaan Ujung Pandang, 1994.
Kementerian Agama RI. Kementerian Agama RI Dalam Angka. Jakarta: Kementerian Agama RI Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, 2017.
Mujizatullah. Implementasi Pengajian Kitab Pada Pondok Pesantren Mambaush Shalichin Al-Haramain dalam “Reinversi Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Jakarta: Orbit, 2011.
Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Guru Sertifikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya 2008
Muslim, Abu. Problematika Pemanfaatan Buku Paket Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Di Kota Balikpapan. Jurnal Edukasi Volume 14 Nomor Tahun 2016.
Nurhayati, Aisatun. 2013. Literatur Keislaman dalam Konteks Pesantren. Jurnal Pustakaloka Volume 5 Nomor 1 Tahun 2013.
Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam.
Pusat Bahasa Deparetemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 2009.
Qamar, Mujamil. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga, t.th.
Rosdiana. Implementasi Pengajian Kitab Pada Pondok Pesantren Salafiyah Ulumul Qur’an Fatimah Az-Zahra dalam “Reinversi Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Jakarta: Orbit, 2011
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2010.
Wahid, Abdurrahman. 1985. ‘Nilai-Nilai Kaum Santri’ dalam M. Dawam Rahardjo, Pergulatan Dunia Pesantren: Membangun dari Bawah. Jakarta: P3M.
Published
2018-05-01