Geliat Kampung Arab Gorontalo dan Pertumbuhan Pendidikan Keagamaan

  • La mansi Balai Litbang Agama
Keywords: Peran Orang Arab, Pendidikan Keagamaan, Kota Selatan, Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui memahami dan mendalami tujuan pendidikan keagamaan sebagaimana tercermin dalam cita-cita dalam lingkup perorangan, keluarga, komunitas, kelompok, atau lembaga pendidikan di kalangan Orang Arab dalam konteks ke-Indonesiaan. Mendeskripsikan sistem kelembagaan yang ada sebagai bagian dari strategi untuk mewujudkan cita-cita atau tujuan pendidikan keagamaan baik dalam skala perorangan, keluarga, kelompok, atau lembaga pendidikan. Memahami konten ajaran perorangan, keluarga, kelompok, atau materi pelajaran lembaga pendidikan atau jenis-jenis aktifitas dalam bidang sosial, ekonomi dan politik. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi. Jajaran Kementerian Agama dan instansi lainnya yang berkepentingan sebagai data keagamaan yang dapat dijadikan dasar pertimbangan dalam pengambilan kebijakan pembangunan di bidang agama Para akademisi, pencinta ilmu, serta pihak-pihak lainnya sebagai informasi faktual untuk kepentingan pengembangan pengetahuan. Kepustakaan masyarakat sebagai pengayaan khazanah keagamaan yang dapat berguna sebagai acuan moral dan intelektual.

Kata Kunci: Peran Orang Arab, Pendidikan Keagamaan,Kota Selatan, Gorontalo

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Bahafdullah, Madjid Hasan, 2010, Dari Nabi Nuh Orang Hadhramaut di Indonesia Menelusuri Asal Usul Hadarin. Bania Publishing.

BPS Kota Gorontalo. 2014. Gorontalo Dalam Angka Tahun 2014.

Burhanuddin Umar, Kecamatan kota Selatan Kelurahan Limba B, Wawancara, 22 Agusus 2017

Burhanuddin Umar, sebuah dokumen Selayang pandang Perguruan Islam A-Hudah Searah berdirinya Al-Huda. 20 Agustus 2017.

Cresswell, John W. 1994. Research Design, Qualitative and Quantitative Approaches. California: Thousand Oaks.

Kamaru, Abdur Rasyid, 2014, Polah Pembinaan Pondok Pesantren Al-Hudah Provinsi Gorontalo Dalam Meningkatkan Penguasaan Santri Terhadap Kitab Kuning, Sebuah Tesis Program Magister Studi Pendidikan Agama Islam Pasca Sarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Kau, Sofyan A.P. 2013. Islam Tradisi dan Kearian Lokal Gorontalo. Gorontalo: Sultan Amai Press IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Menteri Dalam Negeri, Format Laporan Profil Kecamatan Kota Selatan kota Gorontalo, Buku VI Lampiran V, Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 17, Tentang Pedoman Penyusunan Dan Pendayagunaan Data Profill Kecamatan, Depatemen Dalam Negeri Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa 2007.

Mustafa, Muhammad Sadli, 2017. Buku Paket Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (Tinjauan terhadap Problematika Pemanfaatannya di Kota Gorontalo) Jurnal Lentera Pendidikan. UIN Alauddin.

Rauf, Abbas, Hamrain Kau dan Yusuf Bulla. Potret dan Peran Tokoh Islam Gorontalo Sutan Amai, Ct. I. 2015.

Sesuai dokumen bab II milik Dr Burhanuddin Umar, di dalam dokumen tentang Selayang Pandang perguruan Islam Al-Hudah, Khatim podungge, Mantan Guru Madrasah Al Fatah, yang berdiri pada tahun 1929 – 1961. di Gorontalo tanggal 20 Agustus 2017.

Sayyid Ahmad bin Alwi Al Mansur, bekas Guru Alfatah tahun 1930-1933.wawancara di Gorontalo, 26 november 1983.

Subair, M. (2016). Ulam Kharismatik KH. Hamrain Kau. Anugrah atas Ilmu dan Amalnya. Al-Qalam, 21(1), 45–54.

Supriadi, Dedi. 2000. Anatomi Buku Sekolah di Indonesia; Problematika Penilaian, Penyebaran, dan Penggunaan Buku Pelajaran, Buku Bacaan dan Buku Sumber. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

http://www.dutaislam.com/2016/08/svair-kemerdekaan-karva-habib-idrus-bin-salim-aljufri-paki.html. diakses 8 Juni 20T7.
Published
2018-05-01
Section
Articles