Pembelajaran Kitab Kuning pada Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate

  • Faizal Bachrong Balai Litbang Agama
Keywords: Pondok Pesantren, Hidayatullah Ternate, Pengkajian kitab

Abstract

Pengkajian kitab kuning di Pesantren merupakan unsur penting dari padanya, dan hal ini secara umum cenderung mengalami kemunduran, karena berbagai hal. Karena itu pengkajian tentang pemanfaatan kitab kuning di pesantren penting dilakukan. Penelitian ini menyoroti realitas pengkajian kitab kuning di pesantren. Fokus penelitian ini adalah PP HIdayatullah Ternate. Karena penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan studi dokumen dan pustaka. Analisis datanya adalah deskreprif kualitatif. PP Hidayatullah Ternate termasuk pondok pesantren kombinasi yang selain membina satuan pendidikan formal berupa sekolah dan madrasah, juga membina kepesantrenan, termasuk pengajian kitab. Santri yang dibina di dalamnya laki-laki dan perempuan. Dalam program kepesantrenan selain salat berjemaah, hafalan Al Alquran dan hadits, juga ada taklim diniyah (pengkajian kitab) dan ada halaqah diniyah. Pengkajian kitab memilih 5 kitab yang digariskan oleh Pengurus Pusat Hidayatullah berkaitan dengan Aqidah, Fiqih, Tafsir. Sirah dan Bahasa Arab. Para pengajarnya adalah kader-kader Hidayatullah sendiri dan lainnya. Pengkajian kitab ini dengan metode ceramah dan kitab pegangannya adalah terjemahannya. Santri hanya mendengar tanpa memiliki kitabnya. Kendala utama adalah kemampuan berbahasa Arab uantuk pengkajian kitab, terutama bagi santri yang dapat digolongkan tidak memilikinya.         

Kata Kunci: Pondok Pesantren, Hidayatullah Ternate, Pengkajian kitab.

References

DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, Abd. Kadir: Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak dan Issu Terorisme. Dalam Al-Qalam Jurnal Penelitian Agama dan Sosial Budaya. No.XIX Tahun XIII, Edisi Januaqri – Juni 2007. Makassar: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar. 2007.
As’ad, Muhammad. Transformasi Kelekturan Pada Pesantren Manahil Ulum Kaballangan dalam “Transformasi Kelekturan Pesantren di Sulawesi Selatan. Ujung Pandang: Balai Penelitian Lektur Keagamaan Ujung Pandang, 1994.
BPS Kota Ternate. Kota Ternate Dalam Angka 2017
Baso, Ahmad. Pesantren Studies 2a. Jakarta: Pustaka Afid, 2012.
Burhanuddin, Jajat. Ulama dan Kekuasaan: Pergumulan Elite Muslim Dalam Sejarah Indonesia Jakarta: Mizan, 2012
Cresswell Jhon W.. Research Design,Qualitative and Quantitative Approaches. (California: Thousand Oaks, 1994).
Ismail, Arifuddin. Peswantren dan Radikalisme (Studi Kasus Pesantren Hidayatullah Ternate). Dalam Al-Qalam Jurnal Penelitian Agama dan Sosial Budaya. No.XIX Tahun XIII, Edisi Januari – Juni 2007. Makassar: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar. 2007.
Mardiyah. Kepemimpinan Kiai Dalam memelihara Budaya Organisasi. Cet. II; Yogyakarta: Aditya Media Publishing, 2013.
Mujizatullah. Implementasi Pengajian Kitab Pada Pondok Pesantren Mambaush Shalichin Al-Haramain dalam “Reinversi Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Jakarta: Orbit, 2011.
Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam.
Umar, Nasaruddin. Rethinking Pesantren. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.
Published
2018-11-26
Section
Articles