Peran Guru Pada Proses Belajar dari Rumah Selama Covid-19 di SMPN 1 Sungguminasa Gowa Sulawesi Selatan
Abstract
Pandemi COVID-19 ini tidak hanya membuat masyarakat Indonesia berada pada krisis kesehatan, tetapi juga krisis ekonomi serta krisis pembelajaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Surat Edaran nomor 4 tahun 2020 tentang Belajar dari Rumah (BDR) untuk mengatur pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada masa pandemi ini. Hal ini untuk mendorong dan menciptakan proses belajar dari rumah yang lebih efektif. Seluruh satuan Pendidikan memiliki perannya masing-masing. Tulisan ini fokus pada peran guru pada proses belajar mengajar selama COVID-19 di SMPN 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan Indonesia. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di daerah perkotaan ternyata juga menemukan kesulitan dalam melakukan proses belajar mengajar selama pandemi COVID-19 (Maret – Juli 2020). Peran guru yang tidak dapat berjalan efektif ini dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal yaitu sarana dan prasarana pendukung termasuk jaringan internet, siswa dan orang tua. Faktor internal yaitu kemampuan guru baik penggunaan sarana dan prasana maupun kemampuan membagi waktu karena pengaruh bekerja dari rumah (work from house/WFH). Di tengah keterbatasan pelaksanaan BDR, para guru di SMP 1 Sungguminasa memiliki tanggung jawab yang tinggi untuk tetap memberikan pengajaran.
References
Annisa, Sani. 2021. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Pendidikan Karakter Bertema Budaya Sipakatau Berbasis Luring Di SD Negeri 48 Lappae.” JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION 1(2): 97–102.
Aristiadewi, Ni Desak Putu. 2020. “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Hindu Melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)LURING Di Tengah Pandemi Covid 19.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(3s).
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1): 55–61.
Fitria, Eka. 2021. “Analisis Pemanfaatan Media Online Pada Pembelajaran Daring Fisika Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media 2(1): 43– 51.
Handarini, Oktafia Ika, and Siti Sri Wulandari. 2020. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study from Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8(3): 496–503. 57
Kurniasari, Asrilia, Fitroh Setyo Putro Pribowo, and Deni Adi Putra. 2020. “Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid19.” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 6(3): 246–53.
Lubis, Nuraini, Abdul Mujib, and Yenni Sriwahyuni. 2020. “GURU KELILING (GULING) PADA MASA PANDEMI COVID-19.” Integral: Pendidikan Matematika 11(2): 28–39.
Malyana, Andasia. 2020. “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung.” Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia 2(1): 67–76.
Martorejo, T N. 2020. “Pandemi Covid19: Ancaman Atau Tantangan Bagi Sektor Pendidikan.” Jurnal Binus 7(1): 1–15.
Pakaya, Nurain, Faudzan Azhar Kida, and Wirahayu Atas. 2020. “Dampak Media Pembelajaran Online Pada Pendidikan Islam Mts Al Muhajirin Manado Dalam Perspektif Psikologi Anak Di Era COVID-19.” JIVA: Journal of Behavior and Mental Health 1(2).
Pratama, Rio Erwan, and Sri Mulyati. 2020. “Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Masa Pandemi Covid19.” Gagasan Pendidikan Indonesia 1(2): 49–59.
Pujilestari, Yulita. 2020. “‘Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid19.’” Adalah 4(1).
Rasudin, Nurahim. 2012. “Rencana Tata Ruang Perkotaan Berdasarkan Undang-Undang Nomor: 26 Tahun 2007.” JIP (Jurnal Industri dan Perkotaan) 12(22).
Ri, B K D, Gd Nusantara I Lt, and Jl Jend Gatot Subroto. 2020. “Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19.”
Risalah, Ainur et al. 2020. “Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di MI/SD (Studi Kbm Berbasis Daring Bagi Guru Dan Siswa).” JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School 1(1): 10–16.
Siahaan, Matdio. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan.” Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan 20(2).
Syaharani, Arifah Nur, and Farida Nurani. 2019. “Kesenjangan Mutu Pendidikan Antara Desa Dan Kota.”
Wardani, Anita, and Yulia Ayriza. 2020. “Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi: jurnal Pendidikan anak usia dini 5(1): 772–82.
Yunitasari, Ria, and Umi Hanifah. 2020. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID 19.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2(3): 232– 43.
Zhafira, Nabila Hilmy, Yenny Ertika, and Chairiyaton Chairiyaton. 2020. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran.” Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen 4(1). 58
Internet Bakri. 2019. Pendidikan Karakter di Tengah Pandemi.
https://aceh.tribunnews.com/ diakses pada Oktober 2020.
https://www.kompas.com/tren/read/202 0/07/21/113523165/curhatanseorang-guru-di-tengahpandemi-corona?page=all diakses 7 Nopember 2020
https://riaupos.jawapos.com/pendidikan /16/08/2020/236540/peranguru-dan-orang-tua-dalamproses-pembelajaran-jarakjauh.html diakses 7 Nopember 2020
https://mediaindonesia.com/read/detail/ 323947-membangun-budayabelajar-virtual diakses 7 Nopember 2020
https://covid19.go.id/p/berita/pemerinta h-umumkan-penyesuaiankeputusan-bersama-empatmenteri-tentang-panduanpembelajaran-di-masapandemi-covid-19 diakses Agustus 2020)