Problematika Pemanfaatan Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Kota Kendari

  • Syarifuddin Syarifuddin Balai Litbang Agama
Keywords: Buku PAI, Sekolah Dasar, Pembelajaran PAI.

Abstract

Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, keberadaan buku menjadi urgen oleh karena itu, penelitian ini mencoba memotret problematika pemanfaaan PAI Sekolah Dasar di Kota Kendari. Sekolah Dasar yang menjadi sasaran yaitu satu Sekolah Dasar unggulan diwakili oleh SDN 12 Baruga dan Sekolah Dasar non unggulan yaitu SDN 12 Mandonga.Temuan penilitain ini yaitu; Kurikulum yang digunakan di SDN 12 Baruga yaitu Kurikulum 2013 untuk Kelas 1, Kelas 2, Kelas 4 dan Kelas 5, dipadukan dengan materi Kurikulum KTSP 2006. Sementara buku yang digunakan yaitu buku terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk kelas 1 dan kelas 4 serta buku terbitan Tiga Serangkai untuk yang lainnya. Sementara buku PAI yang digunakan di SDN 12 Mandonga yaitu buku kurikulum KTSP 2006 dari penerbit Erlangga untuk Kelas 1, Tiga Serangkai untuk Kelas 2. Kelas 3 dan Kelas 5, sertaYudhistira untuk Kelas 4 dan Kelas 6. Problem pemanfaatan buku PAI di sekolah secara umum yaitu kurangnya peran pengambil kebijakan dalam penyediaan buku sehingga belum mencapai rasio 1:1. Disamping itu, kurangnya diklat, bimbingan teknis maupun sosialisasi yang dapat mengkatkan kompetensi bagi guru PAI. Dari sisi konten buku problem yang dikeluhkan yaitubahasa yang digunakan oleh \masih kurang sederhana serta materi masih dianggap kurang.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anas, Muhammad. 2014. Mengenal Metode Pembelajaran. t.p..
As’ad, Muhammad. 2009. et.al. Reformulasi Buku-buku Paket Madrasah. Makassar: Idelenggara.
Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. 2014. Panduan umum Implementasi Pendidikan Agam Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Muhaimin. 2009. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafinndo Persada.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muslim, Abu. “Problematika Pemanfaatan Buku Paket Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Di Kota Balikpapan.” Jurnal Edukasi Volume 14 Nomor Tahun 2016.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 105 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 159 Tahun 2014 Tentang Evaluasi Kurikulum 2013.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2009.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Cet. IV; Bandung: Alfabeta.
Surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 179342/MPK/KR/ 2014 Tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional
Yunanto, Sri Joko. 2004. Sumber Belajar Anak Cerdas. Jakarta: Grasindo.
Published
2018-11-01
Section
Articles