Literasi Keagamaan Berbasis Inklusi Sosial Melalui Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Perpustakaan
Abstract
Tujuan studi untuk mendeskripsikan sumber daya manusia di perpustakaan dan menganalisis manajemen dan pengembangan sumber daya manusia di perpustakaan dalam literasi keagamaan berbasis inklusi sosial. Kualitatif ekploratif digunakan sebagai metode penelitian dalam mendeskripsikan studi ini. Lokus studi di Desa Ngablak Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang dengan fokus pada sumber daya manusia terkait literasi keagamaan berbasis inklusi sosial. Waktu penelitian dilaksanakan sejak bulan Mei sampai dengan Juni 2021 dengan melakukan survey dan wawancara terhadap responden yang mendukung studi ini. Pengumpulan data dilakukan dengan parameter manajemen dan pengembangan sumber daya manusia. Temuan dalam studi ini Demografi di lokus studi ini didominasi oleh penduduk yang menganut agama Islam dengan derajat Pendidikan pada level menengah ke bawah. Upaya literasi keagamaan memiliki interaksi yang belum maksimal meskipun telah ada beberapa masyarakat yang mengakses literasi keagamaan berbasis inklusi sosial. Peningkatan literasi keagamaan berbasis inklusi sosial dapat ditingkatkan dengan penguatan kapasitas SDM dengan parameter manajemen sumber daya manusia ditinjau dari 1) Rekrutmen, keragaman SDM, dan keahlian; 2) Peran, tanggung jawab dan deskripsi pekerjaan; 3) Data personel; 4) waktu layanan; 5) Relawan/Magang; 6) Disiplin, keluhan dan resolusi konflik, sedangkan untuk pengembangan sumber daya manusia diukur dengan 7) Evaluasi kinerja SDM; dan 8) Pengembangan SDM dengan mengacu pada indikasi yang ada dalam level yang telah dibahas di atas. Peningkatan kapasitas SDM dengan parameter tersebut juga dapat bermanfaat untuk literasi bidang lain berbasis inklusi sosial secara bertahap.
References
Aisyah, M. F. et al. (2017) ‘Kualitas Sumber Daya Manusia, Profesionalisme Kerja, Dan Komitmen Sebagai Faktor Pendukung Peningkatan Kinerja Karyawan PDAM Kabupaten Jember’, e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 4(1), p. 131. doi: 10.19184/ejeba.v4i1.4753.
Akhmad, C. A. and Suyadi, S. (2021) ‘Literasi Kesehatan dalam Pendidikan Islam: Studi Kasus Dampak Covid-19 bagi Mahasiswa UAD’, Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 14(1), pp. 28–42. doi: 10.37812/fikroh.v14i1.107.
Asyhari, A. (2017) ‘Literasi Sains Berbasis Nilai-Nilai Islam dan Budaya Indonesia.’, Ilmiah Pendidikan Fisika Al Biruni, 1((6)), pp. 137–148.
Fanindy, M. N. and Mupida, S. (2021) ‘Pergeseran Literasi pada Generasi Milenial Akibat Penyebaran Radikalisme di Media Sosial’, Millah: Jurnal Studi Agama, 20(2), pp. 195–222. doi: 10.20885/millah.vol20.iss2.art1.
Fathy, R. (2019) ‘Modal Sosial: Konsep, Inklusivitas dan Pemberdayaan Masyarakat’, Jurnal Pemikiran Sosiologi, 6(1), p. 1. doi: 10.22146/jps.v6i1.47463.
Habibah, M. (2020) ‘Pengembangan Budaya Literasi Agama di SMA Negeri 2 Kediri’, Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), pp. 203–215. doi: 10.33367/ijies.v2i2.1110.
Habibah, M. and Wahyuni, S. (2020) ‘Literasi Agama Islam Sebagai Strategi Pembinaan Karakter Religius Siswa RA KM Al Hikmah Kediri’, JCE (Journal of Childhood Education), 4(1), p. 120. doi: 10.30736/jce.v3i2.114.
Haryanto, F. D. (2019) ‘Strategi Pengembangan Minat Baca Di Perpustakaan Muda Bhakti’, EJurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 8(5).
Hasfera, D. et al. (2020) ‘Pengoptimalisasian Keterampilan Literasi Informasi Ilmiah Guru Pendidikan Agama Islam’, Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 8(1), p. 74. doi: 10.24252/kah.v8i1a8.
Ihsan (2018) ‘Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi Pesantren’, Perputakaan,LIBRARIA, 1(6).
Iswanto (2018) ‘Praktik Literasi Agama pada Masyarakst Indonesia Tempo Dulu Tinjauan Awal Atas NaskahNaskah Cirebon’, Manuskripta, 2((8)), p. 114.
Kadi, T. (2020) ‘Literasi Agama dalam Memperkuat Pendidikan Multikulturalisme di Perguruan Tinggi’, Jurnal Islam Nusantara, 04(01), pp. 81–90. doi: 10.33852/jurnalin.v4i1212.
Kailani, M. (ed.) (1999) Daftar Tajuk 175 Subyke Islam dan Sistem Klasifikasi Islam: Adaptasi dan Perluasan DDC Seksi Islam. Jakarta: Puslitbang Lektur Agama Badan Litbang Agama Departemen Agama.
Khulusinniyah and Zamili, M. (2021) ‘Literasi Agama pada Anak melalui Program Pembiasaan Praktik Ibadah’, edupedia, 5(2).
Mahdi, R. (2020) ‘Perpustakaan Umum Berbasis Inklusi Sosial: Apa dan Bagaimana Penerapannya? (Sebuah Kajian Literatur)’, Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 15(2), p. 201. doi: 10.14421/fhrs.2020.152.201-215.
Mahdi, R. dan A. A. (2020) ‘Pemberdayaan Masyarakat oleh Perpustakaan Umum Kabupaten Magelang dalam Mewujudkan Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial’, Jurnal PKS, 19(3), pp. 255–263.
Mahmudah Nur (2019) ‘Litersi Digital Keagamaan Aktivitas Organisasi Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri (Man) di Kota Bandung’, SMART (Studi Masyarakat Religi, dan Tradisi), 1((5)), pp. 15–27.
Mansyur, M. H. (2021) ‘IQRA ’ sebagai Bentuk Literasi dalam Islam’, Hawari Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 2(1), pp. 1– 7.
Marzuki, A. and Mabrur, M. (2020) ‘Literasi Digital: Sumber Paham Keagamaan pada Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an Di PTIQ Jakarta’, Penamas, 33(1), pp. 77– 94.
Muslimin (2018) ‘Penumbuhan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Masyarakat desa’, Cakrawala Pendidikan, 37(1), pp. 107–118.
Nasution, L. N. and Astut, D. (2018) ‘Kajian Inklusi Sosial dan Keuangan serta Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia’, JURNAL Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik, 3(1), pp. 38–43.
Ningrum, D. F. (2019) ‘Kegiatan Inklusi Sosial di Perpustakaan Ganesha SMA N 1 Jetis Bantul’, UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 10(2), pp. 123–131. doi: 10.20885/unilib.vol10.iss2.art9.
Prasetyawan, Y. Y. and Suharso, P. (2015) ‘Inklusi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Perpustakaan Desa’, Acarya Pustaka, 1(1), pp. 31–40.
Raharja, S. P. and Nursalim (2018) ‘Pemberdayaan Masyarakat Suku Kokoda Dalam Membangun Rumah Baca Berbasis Inklusi Sosial’, Abdimasa, 1(1), pp. 15–19.
Rokhmaniyah, R. (2017) ‘Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mencapai Pendidikan Yang Berkualitas Di Sekolah Dasar’, DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), pp. 73–83. doi: 10.20961/jdc.v1i1.14410.
Sari, E. D. K. et al. (2020) ‘Literasi Keagamaan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Uin Syarif Hidayatullah Jakarta’, Jurnal Emanasi, Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial, 3(1), pp. 1–32.
Utami, D. and Wahyu Deni Prasetyo, D. (2019) ‘Perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk pembangunan Sosial-Ekonomi masyarakat’, VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 21(1), pp. 31–38.
Warsilah, H. (2015) ‘Pembangunan Inklusif Sebagai Upaya Mereduksi Eksklusi Sosial Perkotaan: Kasus Kelompok Marjinal di Kampung Moch Lukluil Maknun, dkk. 176 Semanggi, Solo, Jawa Tengah’, Jurnal Masyarakat & Budaya, 17(2), pp. 207–232.
Widodo, A.- (2020) ‘Kebijakan Pembangunan Desa Inklusif: Analisis Monitoring dan Evaluasi di Kelurahan Sidorejo, Kulonprogo D.I Yogyakarta’, Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 5(2), p. 40. doi: 10.24235/empower.v5i2.7157.
Woro Titi Haryanti (2019) ‘Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial’, Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 2(2). doi: 10.32734/lwsa.v2i2.728