Kemampuan Baca Kitab Kuning di Pesantren (Studi Komparatif Metode Mumtaz dan Metode Qawaid wa Tarjamah pada Pendidikan Diniyah Formal (PDF)
Abstract
Meskipun penelitian tradisi kemampuan baca kitab kuning sudah banyak dilakukan para ahli, namun masih sedikit yang membahas tentang metode kontemporer dalam meningkatkan tradisi kemampuan baca kitab kuning terbukti dengan kemampuan baca kitab kuning santri di Indonesia masih sangat rendah. Untuk mengisi kekosongan riset ini, Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode Mumta>z dalam meningkatkan tradisi kemampuan baca kitab kuning santri. Secara khusus, tujuan penelitian adalah untuk mengeksplorasi perbedaan yang signifikan antara santri yang belajar melalui metode Mumta>z dan metode Qawa>id wa Tarjamah. Ini adalah eksperimen semu dengan desain pra dan pasca tes. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya salah satu pesantren yang ada di Sulawesi Selatan, Indonesia. Peserta didik kelas XI a (Eksperimen 1) dan XI b (Eksperimen 2) berjumlah 42 siswa. Analisis data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t sampel berpasangan, analisis deskriptif komparatif, dan desain campuran ANOVA dengan menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kelompok metode Mumta>z memiliki perbedaan yang signifikan pada tingkat kemampuan baca kitab kuning (sig .0000); (2) metode Mumta>z merupakan model yang paling efektif untuk meningkatkan tradisi kemampuan baca kita kuning dengan perolehan skor .207 (rendah). Pembelajaran dengan metode Mumta>z dapat menjadi alternatif bagi pembuat kebijakan dan guru untuk meningkatkan minat serta motivasi pada tradisi baca kitab kuning.
References
Akbar, A., & Ismail, H. (2018). Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(1), 21–32. http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/alfikra/article/view/5139
Ardiansyah, A. A. (2020). Implementasi Metode Ibridai Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Hidayaytul Mubtadiien Majalengka. Al-Ittijah : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 12(1), 1. https://doi.org/10.32678/alittijah.v12i01.1329
Arsyad, M. H. (2019). Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa. Shaut Al Arabiyyah, 7(1), 13–30. https://doi.org/10.24252/SAA.V1I 1.8269
Banar, E., Pendidikan, J., Pengajaran, D., Maskur, A., & Anto, P. (2018). Metode Pembelajaran Bahasa Asing Arab di Pondok Pesantren Modern. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 63–68. https://staibanisaleh.ac.id/ojs/inde x.php/ElBanar/article/view/10
Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab : Problematika dan Solusinya. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2), 161–180. https://doi.org/10.15408/A.V1I2.1 137
Hasin, R., & Hadi, S. (2019). Strategi Pembentukan Soft Skill Santri Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Putri Bata-Bata Pamekasan. ReJiem (Research Journal of Islamic Education Management), 2(1), 156. https://doi.org/10.19105/rejiem.v2i1.2458
Himmah, R. H., & Amrulloh, M. A. (2018). Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Pesantren Mu’adalah (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Kausar Genteng Banyuwangi). Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(2), 234–248. https://doi.org/10.24042/albayan.v 9i2.2240
Jamil, H., & Sardiyanah, S. (2020). Eksistensi Metode Qawaid Tarjamah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Revolusi 4.0. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.47435/NASKHI. V2I1.289
Maziyah Ulya UIN Walisongo Semarang, N. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1–25. https://doi.org/10.21580/NW.2016 .10.1.867
Metode, A., & Ulum, A. L. I. L. (2018). Klasik Di Pondok Pesantren مادختساب وحنال ملع ميلعت Terpadu ةيجيتارتسإ فيرعتل ثحبال اذه فدهي : صخللما لصحي و . يديلقتال بتكال ميلعتال لئاسوك " يرقاديس مولعلل حاتفلما " ةقيرط حتفل ةأفك كلذكو ةثيدحال ةفرعملل تأفك هيلع مزال ةبلطال .نأي ثحبال اذه وهف ثحبال اذه
Metode, E., & Lil, A.-M. (2019). Efektivitas metode al- miftah lil ʻulum dalam meningkatkan kualitas membaca kitab kuning pada santri madrasah diniah. 2(1), 36–48.
Mulyadi, M. (2020). Metode Qawa’id dan Tarjamah dalam Memahami Kitab Kuning. AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 25–42. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i 01.143
NUR HALIMAH, M., Us, K. A., & Munir, M. I. Al. (2019). Penerapan Metode Talaqqi Untuk Meningkatkanketerampilan Membaca Dan Memahamikitab Kuning Di Pondok PesantrenalBaqiyatush Shalihatkuala Tungkalprovinsi Jambi.
Restu, M., & Wahyuni, S. (2019). Implementasi Metode Al Miftah Lil Ulum Dalam Membaca Kitab Fathul Qorib Bagi Pemula Di Pondok Pesantren Sidogiri Salafi Kabupaten Pasuruan. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 9(3), 263–272. https://doi.org/10.33367/JI.V9I3.1 025
Sudjani, D. H., & Gunadi, G. (2020). Thariqah Mubasyarah: Metode Pembelajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 39– 46. https://doi.org/10.30997/TJPBA.V 1I1.2573
Suhaemi, B. (2014). Urgensi Penguasaan Bahasa Arab Bagi Juru Dakwah. Jurnal Ilmu Dakwah.
Thoha, M. (2019). Eksistensi Kitab Kuning Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Studi Analisis Tentang Penggunaan Kitab Kuning Sebagai Referensi Kajian Keislaman Di STAIN Pamekasan dan STAI Al-Khairat Pamekasan). NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 16(1), 55. https://doi.org/10.19105/nuansa.v1 6i1.2391
Ummi, H. U., & Mulyaningsih, I. (2016). Penerapan Teori Konstruktivistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelompok 28 Program Intensifikasi Bahasa Arab Iain Syekh Nurjati Cirebon. Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 162. https://doi.org/10.24235/ileal.v1i2. 600
Widayat, P. A. (2017). Inovasi Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Aliyah Berbasis Kontruktivisme. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 19(1), 157. https://doi.org/10.32332/annabighoh.v19i1.762
Zailani, A. (2017). Problematika pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah