Jaringan Ulama Awal Abad XX Kabupaten Sidrap dan Parepare

  • Wardiah Hamid Balai Litbang Agama
Keywords: Jaringan, Ulama, Sidrap, Parepare

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan fakta sejarah jaringan ulama awal abad XX di dua daerah yaitu Sidrap dan Parepare terbangun secara intens. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa jaringan ini terbentuk melalui transmisi intelektual dalam bentuk pengajian tradisonal yang biasa disebut mangngaji tudang. Untuk memperkuat jaringan ini dijalin dengan mengadakan tali perkawinan diantara sesama keluarga ulama lain. Suatu dampak yang brilian tertuang melalui Ide maupun gagasan lahir dengan terbentuknya halaqah-halagah, Sekolah Arab hingga pendirian pondok pesantren diberbagai wilayah Sidrap maupun Parepare. Tersebutlah para ulama di dua tempat ini antara lain KH. Bahsen Salman, KH. Mahmud Fasieh, KH. Muhammad Sanusi Maggu, Hakim Lukman dan Syekh Jamal Usman Padaelo.

Kata kunci: Jaringan, Ulama, Sidrap, Parepare

References

DAFTAR PUSTAKA
Azra, Azyumardi. 2007. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Abdurrahman, Emsoe. 2016. H Tempo Doeloe, Kisah Klasik Berangkat H Zaman Dahulu Bandung: MCM Publishing.
Burhanuddin, Jajat. 2012. Ulama dan Kekuasaan. (Pergumulan Elite Muslim Dalam Sejarah Indonesia) Indonesia: Mizan Publika.
Bruinessen, Van Martin. 2015. Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat. Yogyakarta: Penerbit Gading Publishing.
Dhofier, Zamakhsyari. 2011. Tradisi Pesantren (Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia): Jakarta LP3ES.
Glasse, Cyril. 2015 Ensiklopedi Islam. Cet. III. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hamid, Wardiah. 2017. Peran Orang Arab dalam Pendidikan Keagamaan di Kabupaten Maros, dalam Jurnal Pusaka, Volume 5 Nomor 2 Tahun 2017 (hal 257-268)
Kersten, Carool. 2017. Mengislamkan Indonesia (Sejarah Peradaban Islam di Indonesia). Tangerang Selatan : Penerbit Baca.
Bosra, Mustari.et.al. 2015. Menapak Jejak Menata Langkah: Sejarah Gerakan dan Biografi Ketua-Ketua Muhammadiyah Sulawesi Selatan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Milles, M.B. and Huberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analiysis. London: Sage Publication
Published
2018-11-01