Pengkaderan Ulama di Ma’had Aly Pondok Pesantren DDI Mangkoso Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan

  • Muhammad Sadli Mustafa Balai Litbang Agama
Keywords: Ma’had Aly, Pondok Pesantren, DDI Mangkoso

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengkaderan ulama di Sulawesi Selatan dengan fokus kajian Ma’had Aly DDI Mangkoso, Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi literatur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengkaderan ulama di Sulawesi Selatan sebenarnya telah lama dilakukan di beberapa Pondok Pesantren. Khusus di Barru, pengkaderan ulama dalam bentuk Ma’had Aly baru dimulai sejak tahun 2013. Hingga kini masih sedang berlangsung dan belum menelurkan alumni. Masa pengkaderannya empat tahun untuk satu angkatan dengan kurikulum berupa ilmu-ilmu alat seperti ilmu lugah (bahasa) khususnya bahasa Arab, Usul Fikih, Usul Tafsir, Usul Hadis, serta Aqidah/ilmu Tauhid yang bersumber dari Kitab-kitab klasik yang dipelajari hingga tuntas dalam sistem tradisional yakni dalam bentuk pengajian halaqah. Semua mahasantri di Ma’had ini dibebaskan dari segala bentuk biaya pendidikan. Yang unik dari sistem pendanaan di Ma’had ini adalah menggunakan pola orang tua angkat/asuh yang menyumbangkan dana setiap bulan selama program ini berlangsung meskipun tetap menerima sumbangan dari para donatur lainnya dan juga pemerintah khususnya pemerintah setempat.

Kata Kunci: Ma’had Aly, Pondok Pesantren, DDI Mangkoso

 

References

DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, Abd. Kadir. 2009. Ulama Bugis. Makassar: Penerbit Indobis Publishing.
As’ad, Muh. dkk. 2011. Buah Pena Sang Ulama. Cet. I; Jakarta: Orbit.
Azra, Azyumardi. 1994. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad ke-17 dan 18. Bandung: Mizan.
------------ 2013. Problematika dan Prospek Kaderisasi Ulama: Inovasi Program Pengkaderan. Makalah. Disampaikan dalam Lokakarya ’Transformasi Model-model Pengkaderan Ulama di Masa Modern’ yang dilaksanakan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar pada tanggal 12 Mei 2013.
Damopolii, Muljono. 2005. Pembaruan Pendidikan Islam di Makassar (Studi Kasus Pesantren Modern Pendidikan Al Qur’an IMMIM Tamalanrea Makassar. Disertasi (belum terbit). Jakarta: Program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Dhofier, Zamakhsyari. 1994. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Kyai. Jakarta: LP3ES.
Halim, Wahyuddin. 2015. As’adiyah Traditions: The Construcion and Reproduction of Religious Authority in Contemprary South Sulawesi (Disertasi, belum terbit). Australia: Australian National University.
Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren; Suatu Kajian Tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.
al-Ma’luf, Louis. 1986. al-Munjid fi al-Lugati wa al-A’lam. Cet. XXXVIII; Libanon: Dar al-Masyriq.
Muchsin, Agus. 2014. Konstruksi Kaderisasi Ulama Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang dan Pondok Pesantren Darud Dakwah wal Irsyad Mangkoso: Tinjauan Terhadap Manhaj Fikih Pesanttren (disertasi, belum Terbit). Makassar: Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.
Munawwir, A.W. 1997. Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Cet. XIV; Surabaya: Pustaka Progressif.
Parwadi, Redatin. 2006. Kaderisasi Organisasi dalam Perubahan. Jurnal Wawasan, Volume 12 Nomor 1.
Ruslan, Muhammad dan Waspada Santing. 2007. Ulama Sulawesi Selatan: Biografi Pendidikan dan Dakwah. Makassar: Komisi Informasi dan Komunikasi MUI Sulsel.
Saprillah. 2014. Pengabdian tanpa Batas: Biografi Anregurutta Haji Abdul Malik Muhammad. Cet. I: ZADAHANIFA.
Shihab, Quraish. 2007. Ensiklopedia al-Qur’an: Kajian Kosakata. Jilid III. Cet. I; Jakarta: Lentera Hati.
al-Sijistani, Abu Dawud Sulaiman bin al-Asy’ats. T.th. Sunan Abi Dawud, Juz III. Beirut: Dar al-Kitab al-Arabi.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Tamrin, M. t.th. Metodologi Dakwah. Jakarta: YPI Ibnu Sina.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. III. Jakarta: Balai Pustaka.
Ziemek, Manfred. 1986. Pesantren dalam Perubahan Sosial. Jakarta: P3M.
Published
2018-11-01