Kitab Nikattere’na Nabi SAW (Analisis Struktur dan Makna Wacana Keagamaan Makassar)

  • Nurkhalis A. Gaffar Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar
Keywords: Naskah Keagamaan, Nikattere’na Nabi, Filologi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang manuskrip yang berisi tentang cerita Nabi bercukur versi bahasa Makassar beraksara Serang dengan judul Nikattere’na Nabi saw. Permasalahan dalam tulisan ini yaitu bagaimana struktur dan kandungan naskah. Hasil penelitian menunjukkan naskah tersebut dapat dibagi dalam tiga bagian yaitu pertama, kisah Nabi bercukur yang meliputi siapa yang mencukur, kapan waktu melakukannya, dan apa yang menjadi ikat kepala Nabi setelah rambutnya dipotong, kedua, berisi tentang manfaat yang akan diperoleh bagi siapa saja yang menyimpan, menyalin, dan membaca naskah NNS serta larangan untuk memberikannya kepada orang yang memiliki sifat tidak baik, ketiga, berisi teks-teks doa’doa yang menjadi penutup bagian akhir dari naskah tersebut.

Kata Kunci: Naskah Keagamaan, Nikattere’na Nabi, Filologi

References

DAFTAR PUSTAKA
Al-Qur’an dan Terjemahannya.
Aprilisani, Yuristia. 2011. “Hikayat Nabi Bala Bulan: Suntingan Teks”, Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Azra, Azyumardi. 2010. “Islam dan Penguatan Peradaban Nusantara”. Makalah. Disampaikan pada Temu Peneliti Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI di Bukittinggi, 8 Juli 2010.
Baried, Siti Baroroh dkk. 1985. Pengantar Teori Filologi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa DEPDIKBUD.
Diana, Ani. 2015. “Fungsi dan Kedudukan Hikayat Nabi Bercukur”, dalam Jurnal Pesona, Volume 1 Nomor 1.
Fathurahman, Oman dkk. 2010. Filologi dan Islam Indonesia. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Lektur Keagamaan Kementrian Agama RI.
Fathurrahman, Oman. 2015. Filologi Indonesia, Teori dan Metode. Jakarta: Kencana.
Hadrawi, Muhlis. 2010. “Filologi Sebagai Ilmu Kajian Nusantara.” Makalah. Disajikan pada Workshop Pengembangan Metode Penelitian Filologi Bagi Peneliti di Lingkungan Kementerian Agama, di Hotel Santika, Makassar, 15 Maret 2010.
Paeni, Mukhlis. 2003. Katalog Induk Naskah-Naskah Sulawesi Selatan. Jakarta: Arsip Nasional Republik Indonesia kerjasama dengan The Ford Foundation Universitas Gadjah Mada University Press.
Rahmawati. 2012. ”Hikayat Nur Muhammad: Suntingan Teks dan Analisis Penciptaan (Koleksi Kabau dan Cod.Or.1758 I)”, Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Robson, S.0. 1994. Prinsip-Prinsip Filologi Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Sulton, Agus. 2013. “Naskah Syair Kanjeng Nabi dan Hikayat Nabi Bercukur dalam Relasi Epigonisti”, Jurnal Poetika Volume 1 Nomor 2.
Tjandrasasmita, Uka. 2006. Kajian Naskah-Naskah klasik dan Penerapannya bagi Kajian Sejarah Islam di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama Republik Indonesia.
Zakiyah, 2008. “Naskah Nabi Haparas, Naskah Sasak Bernuansa Islam di Nusa Tenggara Barat.” Jurnal Lektur Keagamaan. Volume 6 Nomor 2. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama Republik Indonesia.
https://icasjakarta.wordpress.com/2008/04/23/sejarah-intelektual-islam-di-nusantara-1. Dikutip pada 22-9-2016, 18:51
Published
2018-11-01