Memahami Konsep Matematika dengan Quantum Learning dan Quantum Teaching

  • Andriani Fatimah Fakultas Tarbiyahdan Keguruan UIN Alauddin Makassar
  • Ulfiani Rahman Fakultas Tarbiyahdan Keguruan UIN Alauddin Makassar
  • Andi Ika Prasasti Fakultas Tarbiyahdan Keguruan UIN Alauddin Makassar
Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Quantum Learning, Quantum Teaching

Abstract

Artikel ini membahas tentang perbandingan penerapan model pembelajaran Quantum Learning dan Quantum Teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning; (2) mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching; (3) mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematika melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning dengan model pembelajaran Quantum Teaching. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment dengan design Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa Kelas VIII B2 dan Kelas VIII B3 yaitu 60 orang dari jumlah keseluruhan siswa kelas VIII 120 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemahaman konsep matematika, lembar observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning mengalami peningkatan; (2) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching mengalami peningkatan; (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematika melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning dengan model pembelajaran Quantum Teaching.

 

Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Quantum Learning, Quantum Teaching

 

References

DAFTAR PUSTAKA
Murizal, Angga, Yarman dan Yerizon. 2012. “Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching”. Jurnal Pendidikan Matematika 1, Nomor 1.
Intan, Besse Permatasari. 2014. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Superitem dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 11 Makassar, “Jurnal Matematika dan Pembelajaran 2, Nomor 1.
Gunahardi, Mustapa Kassim dan Abdull Sukor Shaari. 2014. “The Impact Of Quantum Teaching Strategy On Student Academic Achievements And Selfesteem In Inclusive Schools”. Malaysian Journal Of Learning And Instruction 11.
Eka, Karunia Lestari & Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2013. Penelitian Pendidikan Matematika. Cet. I ; Bandung : PT Refika Aditama.
Ketit, Susiani, Nyoman Dantes, dan I Nyoman Tika. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Banyuning.” Jurnal Pendidikan Dasar 3.
Santana, Kurnia Septiawan. 2013. Mind Mapping dalam Quantum Learning dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas Peserta Didik,” dalam Muis Said. Quantum English. Cet. I; Makassar: Alauddin University Press.
Darkasyi, Muhammad, Rahmah Johar dan Anizar Ahmad. 2014. ”Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5Lhokseumawe.” Jurnal Didaktik Matematika 1, Nomor 1.
Mwakapenda, Willy. 2004. “Understanding Student Understanding In Mathematics”, School of Education, University of the Witwatersrand, Pythagoras. 60.
Sarlina. 2015. “Miskonsepsi Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 SMA Negeri 11 Makassar.” Jurnal Matematika dan Pembelajaran 3, Nomor 2.
Utari, Vivi, Ahmad Fauza dan Media Rosha. 2012. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep melalui Pendekatan PMR dalam Pokok Bahasan Prisma dan Limas.” Jurnal Pendidikan Matematika 1, Nomor 1.
Published
2018-11-01