Geliat Jama’ah Tablig di Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo

  • Sitti Arafah Balai Litbang Agama
Keywords: Geliat, Kelompok, Jama’ah Tablig, Boalemo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelompok Jama’ah Tablig di Kabupaten Boalemo yang secara signifikan mengalami perkembangan pesat dan kehadirannya diterima oleh berbagai Kalangan masyarakat. Informasi yang terhimpun dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumen.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran kelompok Jama’ah Tablig memberikan warna bagi perkembangan dan dinamika kelompok keagamaan di Boalemo, walaupun diawal datangnya tahun 1997 masih dikejar-kejar hingga tahun 2000 kelompok jama’ah Tablig diterima oleh masyarakat dibawah amir KH. Abd. Ghawi Djafar Alamri. Kelompok jama’ah Tablig mengalami perkembangan yang signifikan berdasarkan data catatan khuruj sebanyak 7000-an orang. Beberapa aktifitas yang dilakukan oleh kelompok jama’ah Tablig antara lain: (1) aktifitas keagamaan berupa khalaqah dan khuruj; (2) aktifitas pendidikan melalui pondok pesantren Darul Muhlisin berada dibawah naungan yayasan Alkhairat; (3) aktifitas sosial berupa kunjungan ke rumah tahanan dan rumah sakit. Adapun hambatan-hambatan yang dihadapi lebih bersifat eksternal baik dari masyarakat maupun kelompok keagamaan tertentu.

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, A. Kadir. 1996. Faham Keagamaan Kelompok Minoritas, Makassar: Balai Penelitian Lektur Keagamaan.
-------------------. 2009. Varian Gerakan Keagamaan. Makassar: Indobis Rekagrafis.
Arikunto, Suharsini. 2007, Manejemen Penelitian, Jakartaa: Rineka Cipta.
Azis, Abdul, Thalkah, 1996. Gerakan Islam di Indonesia, Jakarta: Pustaka Firdaus.
Bahri, Saepul et.al. 2009. Inventarisasi Literatur Paham dan gerakan Keagamaan Islam, Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta.
Bruinessen, Martin Van. Gerakan Sempalan di Kalangan Umat Islam Indonesia: Latar Belakang Sosial Budaya (Secratian movements in Indonesia Islam: Sosial and Culture Background) dalam Jurnal Ulumul Qur’an, Vol. III No. 1 Tahun 1992.
Hakim, A (ed). 2009. Direktori Aliran, Faham dan Gerakan Keagamaan di Indonesia, Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan.
Ismail, Arifuddin. 2015. Pemikiran dan Gerakan Keagamaan Mahasiswa. Yogyakarta; Arti Bumi Intaran.
Mahfuzh, Ahmad Najib. 1997. Menyingkap Tabir Kesalafahaman Terhadap Jamaah Tablig, Yogyakarta: Ash-Shaff.
Moleong, Lexi J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Nuh. M. Nuhrison. 2009. Aliran Faham Keagamaan Sufisme Perkotaan, Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan.
Published
2018-11-01