Pengelolaan Pendidikan Karakter Masyarakat Berbasis Budaya Makassar di SD Inpres Talakayya Kabupaten Bantaeng

  • Mahmuddin Mahmuddin Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Keywords: Pendidikan karakter, budaya Makassar, tari tradisional, kearifan lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pendidikan karakter masyarakat berbasis budaya Makassar serta faktor pendukung dan penghambat di SD Inpres Talakayya Desa Bonto Tangnga Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara  dokumentasi, dan ditunjang dengan triangulasi untuk validitas data. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pendidikan karakter masyarakat berbasis budaya Makassar di SD Inpres Talakayya dilaksanakan dengan menyesuaikan pada kurikulum dan materi pendidikan yang bermuatan budaya Makassar serta mengintegrasikan materi yang mengandung unsur seni, bahasa dan sistem sosial budaya Makassar. Materi yang disampaikan juga bermuatan nilai kejujuran, kerendahan hati, kedisiplinan, kesopanan, kerja sama, kepedulian, dan tanggungjawab. Selain itu, disampaikan pula materi yang bersifat penanaman prinsip hormat, kerukunan hidup, watak arif dan jujur, mawas diri, rendah hati, serta membentuk unggah-ungguh dan tata krama yang baik sebagai wujud budi pekerti Makassar. Faktor pendukung dalam  pengelolaan pendidikan  karakter  berbasis  budaya  Makassar  yaitu dinas pendidikan dan pemerintah daerah, penyediaan fasilitas, komite dan orang tua peserta didik, managemen sekolah, serta peserta didik berasal dari masyarakat Makassar. Faktor penghambat pendidikan berbasis budaya Makassar yaitu belum adanya pedoman baku untuk pelaksanaan program pendidikan yang bermuatan budaya Makassar, minat peserta didik terhadap budaya Makassar, serta kekurangtahuan pendidik dalam mengoperasikan media belajar maupun keadaan media belajar yang kurang mendukung untuk digunakan.

 

References

DAFTAR PUSTAKA
Dewantara, K.H. 2011. Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama: Pendidikan.
Endraswara, S. 2006. Metode, Teori, Teknik, Penelitian Kebudayaan Ideologi, Epsitemologi, dan Aplikasi. Sleman: Pustaka Widyatama.
Megawangi, R. 2012, Pendidikan Karakter; Solusi Tepat Untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.
Pawito. 2010. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: PT LkiS Pelangi.
Aksara. Purwanto. M.N. 2011. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Samanim, M. dan Hariyanto, 2012, Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Sofiah. 2012. Pendampingan Orangtua dalam Upaya Melindungi Anak dari Bahaya Kecanduan Teknologi Komunikasi. Surakarta: Jurnal Komunikasi Massa Vol. 6 No. 2, Juli 2012.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sutopo, HB. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta. Sebelas Maret Universitas Press.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Zulkifli. 2011. Psikologi Perkembangan, Bagian Perkembangan dalam Masa Kanak-Kanak, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2018-11-01