Strategi dan Tantangan Pustakawan dalam Meningkatkan Pelayanan di Perpustakaan Masjid

  • Nasrullah Nasrullah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Pelayanan Perpustakaan, Perpustakaan Masjid, Strategi Pustakawan

Abstract

Perpustakaan sebagai penyedia pelayanan informasi tentu diharapkan mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengunjung perpustakaan. Hal tersebut disebabkan karena pelayanan menjadi hal yang penting dalam mengelola perpustakaan agar kebutuhan informasi pengunjung dapat terpenuhi dengan baik serta merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Sebagai pengelola perpustakaan, pustakawan tentu memiliki berbagai strategi untuk meningkatkan pelayanan. Selain itu, pustakawan juga akan menemui beberapa tantangan dalam meningkatkan pelayanan di perpustakaan. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui strategi serta tantangan yang dihadapi pustakawan dalam meningkatkan pelayanan di perpustakaan masjid. Penelitian ini dilaksanakan di perpustakaan masjid Al Markaz Al Islami Makassar pada bulan Februari 2022. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini mengolah dan menganalisis data yang diperoleh dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan pustakawan dalam meningkatkan pelayanan di perpustakaan masjid Al Markaz Al Islami Makassar yakni membenahi sarana dan prasarana perpustakaan, mengembangkan dan meningkatkan jumlah bahan pustaka, menyediakan akses Online Public Access Catalogue (OPAC) sebagai sarana temu balik informasi menyediakan internet khusus pengunjung dan anggota perpustakaan. Sedangkan tantangan yang dihadapi pustakawan masjid Al Markaz Al Islami Makassar dalam meningkatkan pelayanan yakni jumlah tenaga pustakawan yang masih kurang, kurangnya anggaran dan server yang sering terganggu.

References

Adhi, H. S. (2018). Peran Pustakawan dalam Mewujudkan Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Melalui Program Proliterasiku. Jurnal Ikatan Pustakawan Indonesia, 3(2), 123–131.
Akbar, A., Usmar, T., Agusalim, A., Ali, A. M., & Nasrullah, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1725–1734.
Bimas Kemenag. (2019). Pedoman Pengelolaan Perpustakaan Mesjid. Jakarta: Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Islam.

Christina, R. (2009). Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Pelayana Perpustakaan. Wacana Kinerja, 12(1).

Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hariyah. (2015). Perpustakaan Mesjid: Upaya Membangun Kesadaran Inklusif. Baca:Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 36(1), 173–189.

Hermawan, R., & Zen, Z. (2006). Etika Kepustakawanan: Suatu Pendekatan terhadap Kode Etik Pustakwan Indonesia. Jakarta: Sagung Seto.

Ilyas, H. F. (2013). Masjid Al-Markaz Al-Islami Ikon Kawasan Timur Indonesia: Sistem Pelayanan Masjid Kota. Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, 1(1), 69– 82.

M., A. K. (2016). Pengelolaan Perpustakaan Madrasah Aliyah di Kota Kendari. Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, 4(1), 71– 90.

Maknun, M. L., Muna, M. K., Prasetyo, A., & Eliza, M. (2021). Literasi Keagamaan Berbasis Inklusi Sosial Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia di Perpustakaan Manajemen dan Religious Literature Based on Sosial Inclusion Through Human Resources Management and Development in Library Moch Lukluil Maknun Balai Peneli. Pusaka: Jurnal Khazanah Keagamaan, 9(2), 161–176.

Mansi, L. (2016). PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH DI KOTA PALU SULAWESI TENGAH. Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, 4(2), 213–224.

Mustafa, M. S. (2016). Pengelolaan Perpustakaan Madrasah Aliyah di Kabupaten Sinjai. Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, 4(1), 91–110.

Nasrullah. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa Smp Dan Sma Di Bosowa School Makassar. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 73–80.

Nasrullah, Muliyadi, I., & Umar, T. (2021). Sosialisasi Pelayanan Perpustakaan Sekolah di Era Pandemi di Pondok Pesantren Al Qamar Takalar. Jurnal Abdidas, 2(2).

Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Adab 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1).

Qudusisara. (2019). Transformasi Pustakawan di Era Teknologi Informasi. Libria, 11(1).

Rahmah, E. (2018). Akses dan Layanan Perpustakaan : Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Subair, M. (2014). Standarisasi Pengelolaan Perpustakaan Madrasah Aliyah di Kabupaten Gorontalo. Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, 2(1–18).

Suratmi, I. (2019). Peran Dan Tanggung Jawab Pustakawan Sebagai Pengelola Informasi Di Perpustakaan. Yogyakarta.

Suwarno, W. (2015). Ilmu Perpustakaan & Kode Etik Pustakawan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Suwarno, W. (2016). Perpustakaan & Buku : Wacana Penulisan & Penerbitan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Syarifuddin. (2016). MERAWAT MINAT BACA SISWA DI PUSAT JALUR TRANS SULAWESI (Potret Perpustakaan Madrasah Aliyah di Kabupaten Parigi Moutong). Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, 4(185–204).

Wahyuni, S. (2018). Peran Pustakawan Sebagai Agent of Change dalam Memberikan Layanan Kepada Pemustaka. Libria, 10(2)
Published
2022-07-05