Strategi Supervisor dalam Memberikan Supervisi Akademik

  • Syahruddin Syahruddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Syahruddin Usman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Umar Sulaiman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Erwin Hafid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Baharuddin Baharuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: trategi supervisor, upervisi akademik, tenaga pendidik

Abstract

Supervisor memiliki tugas memberikan supervisi akademik terhadap tenaga pendidik.Hal tersebut diperlukan karena masih terdapat beberapa tenaga pendidik yang tidak mengetahui tugas pokoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses supervisi akademik serta faktor pendukung, penghambat dan solusi pengawas. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan penelitian yaitu pendekatan metodologi, studi keilmuan, serta fenomenologis. Adapun sumber data penelitian diperoleh langsung dari pengawas kabupaten Bone, para guru UPT SMPN 1 Amali Kabupaten Bone dan informan yang dianggap ada kaitan dengan tulisan ini. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta penelusuran berbagai literatur atau referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas kabupaten di UPT SMPN 1 Amali Kabupaten Bone terdiri dari 5 tahapan yaitu: Pra supervisi akademik,Perencanaan, Pelaksanaan supervisi akademik, Evaluasi dan Rencana tindak lanjut supervisi; Faktor pendukung diantaranya, adanya perencanaan, sarana dan prasarana, hubungan dan komunikasi yang baik, hubungan pengawas kepala sekolah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang baik, pengetahuan dan pendidikan serta pengertian guru yang baik. Faktor penghambat diantaranya, perangkat pembelajaran yang belum siap, tenaga pendidik takut disupervisi, jarak sekolah yang jauh, kurangnya komunikasi timbal balik, kurangnya tenaga pengawas di kabupaten Bone. Penghambat pelaksanaan supervisi yaitu: Membantu menyelesaikan perangkat pembelajaran, memberikan sugesti kepada tenaga pendidik yang takut di supervisi, sebaiknya sekolah yang berdekatan langsung sekaligus disupervisi, meminta kejujuran tenaga pendidik, melakukan perekrutan pengawas.

References

Ali, M. (1985) Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa

Astuti, S. (2016) ‘Penerapan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Administrasi Penilaian Di SD Laboratorium UKSW’, Scholaria, 6 (1).
Candra, W., Hasibuan, L. and Rosadi, K.I. (2021) ‘Efektifitas Supervisi Pengawas Madrasah di Kementerian Agama Provinsi Kepri Perspektif Kontemporer’, PALAPA, 9 (2).

Creswell, J.. (1998) Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Tradition. London: Sage Publications.

Dkk, A.S. (2016) Supervisi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Aswaja.

Gunawan, I. (2016) ‘Pendekatan Alternatif dalam Pelaksanaan Supervisi Pengajaran’, Premiere educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 1 (02).

Ilmiah, T.P.P.P.K. (2013) Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah; Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi dan Laporan Penelitian. Cet I. Makassar: Alauddin Press.

Jamilus (2019) ‘Perspektif Islam Terhadap Pengembangan Kompetensi Supervisi Manajerial dan Akademik Pengawas’, Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 3 (2), pp. 67–75.

Maryono (2014) Dasar-dasar dan Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Moleong, L.J. (2010) Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. XXVII. Bandung: Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. (2012) Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. (2017) Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, D. dan T. (2015) Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Sahmudin and Prayoga, A. (2019) ‘Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Pendidik Dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik’, Al-Mau’izhoh, 1 (2).

Santosa, H.S. (2009) ‘Implementasi Permendiknas Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Standar Pengawas Sekolah Dalam Pengembangan Sikap Profesional Pengawas Sekolah/Madrasah’, Progresiva, 3 (2).

Sudiyono, L.D.P.& (2011) Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Suhertian., D. (2010) Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta.

Sulaimah, U. and Sudirman, A. (2021) ‘Pengaruh Supervisi Akademik dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru SD Negeri Sekecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur’, Jurnal Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 1 (1).

Tatang S (2016) Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Tengko et al. (2021) ‘Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara’, Attractive: Innovative Education Journal, 3 (1).

Agustan (Guru IPS UPT SMPN 1 Amali Kabupaten Bone), Wawancara, Bone 22 Februari 2022

Haryono (Guru SBK UPT SMPN 1 Amali Kabupaten Bone), Wawancara, Bone 27 Februari 2022

Hasni Hariati (Guru Bahasa Inggris UPT SMPN 1 Amali Kabupaten Bone), Wawancara, Bone 26 Februari 2022

Irmayanti (Guru Prakarya UPT SMPN 1 Amali Kabupaten Bone), Wawancara, Bone 21 Februari 2022

Kamaludding (Pengawas SMP Kabupaten Bone), Wawancara, Bone 26 Februari 2022

Kamaludding (Pengawas SMP Kabupaten Bone), Wawancara online, Bone 31 Mei 2022

Nurhayati Tahir (Guru PAI UPT SMPN 1 Amali SMP Kabupaten Bone), Wawancara, Bone 26 Februari 2022

Suriadi (Guru Bahasa Indonesia UPT SMPN 1 Amali Kabupaten Bone), Wawancara, Bone 21 Februari 2022

Tasmah (Guru IPA UPT SMPN 1 Amali Kabupaten Bone), Wawancara, Bone 28 Februari 2022
Published
2022-07-05