Dimensi Budaya Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Abk)

  • Randi Muhammad Gumilang Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Irnawati Irnawati Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Tunarungu, Konseling Lintas Budaya

Abstract

Pada setiap orang dewasa yang menjadi orangtua menginginkan agar anaknya terlahir dalam keadaan sehat, baik secara jasmani maupun rohani. Namun beberapa orang tua harus mendapati bahwa anaknya lahir dan tumbuh dengan kondisi tunarungu. Anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan gangguan tunarungu adalah individu yang mengalami masalah pada fungsi pendengarannya. Penerimaan orangtua terhadap Anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan fakta sosial yang berlaku di masyarakat dengan berbagai dimensi penerimaan, salah satunya adalah penerimaan dalam dimensi budaya. Artikel ini mengungkap bagaimana penerimaan dari orangtua terhadap anak berkebutuhan khusus dalam dimensi Budaya di Kota Samarinda. Artikel ini adalah hasil penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan life history method. Informan penelitian ditentukan secara purposive untuk mendapatkan hasil dari subjek dengan kriteria yang telah ditentukan, yakni orang tua dengan Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu). Kajian ini secara komprehensif menganalisis pernyataan subjek untuk menggali dimensi budaya yang menjadi argumentasi atas penerimaan orangtua dengan anak berkebutuhan khusus (Tunarungu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat subjek menunjukkan respon yang positif pada penerimaan terhadap anak berkebutuhan khusus dengan komposisi indikator penerimaan yang berbeda. Sebagian besar subjek memenuhi semua indikator penerimaan yang terdiri dari empat indikator, yakni: pertama, pemahaman terhadap kelebihan dan kekurangan anak; kedua, pandangan orang tua terhadap anak; ketiga, usaha membantu perkembangan anak; dan keempat, pemenuhan kebutuhan fisik dan psikis anak. Secara garis besar orangtua menerima keadaan, namun tidak memenuhi indikator penerimaan dalam aspek pemahaman terhadap kelebihan dan kekurangan anak karena tidak memiliki preferensi tentang kelebihan yang dimiliki oleh anaknya. Melalui kajian ini diharapkan ada langkah-langkah progresif dalam mengkampanyekan pemahaman, wawasan dan pengetahuan akan penerimaan terhadap anak berkebutuhan khusus dalam dimensi budaya.

References

Adhyatma, M. D. R., & Handayani, M. M. (2016). Pengaruh Penerapan Positive Behaviour Support terhadap Pengembangan Budaya Inklusi. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 1(1), 22. https://doi.org/10.20473/jpkm.v1i 12016.22-34

Adnan, M. (2020). Mengenal Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Akhlak Anak. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 5(2). https://doi.org/10.37348/cendekia. v5i2.80

Amin, B. (2019). Ulama-Difabel: Menarasikan Ekspresi Kultural Masyarakat Banjar Dalam Lensa Studi Disabilitas. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(2), 209. https://doi.org/10.18592/khazanah .v17i2.3215

Anshari, M. (2015). Teori Disabilitas: Sebuah Literatur. Jurnal Difabel, Vol.2 No.2(June), 137–155.

Ariesta, A. (2016). Kecemasan Orang Tua Terhadap Karier Anak Berkebutuhan Khusus. In E￾Journal Bimbingan dan Konseling Edisi 4 Tahun Ke-5 (Vol. 4, pp. 51–61).

Boham, A., Kawung, E. J. R., & Harilama, S. H. (2018). Berkebutuhan Khusus Di Kota Manado Provinsi. 4, 1–13.

Dharmawan Ardi Purnama. (2021). Pembaruan Logoterapi Viktor Frankl: Pencarian Makna Hidup Melalui Interpretasi Hermeutika Naratif Restoratif. PT Kanisius.

F. Mangunsong. (1988). Psikologi dan pendidikan anak luar biasa. LPSP3 UI.

FAJAR. (2019). Pemenuhan Hak-Hak Kaum Difabel Dalam Kerangka Hak Azasi Manusia. 4(2), 137– 160.

Hayati, S. A., & Aminah. (2020). Konseling Logoterapi Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Pada Anak Broken Home. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(1), 1–6. https://ojs.uniska￾bjm.ac.id/index.php/AN-NUR

Ika Febrian Kristiana, C. G. W. (2021). Buku ajar psikologi anak berkebutuhan khusus 1. 1–110.

Ikhsani, S. S. S., & Utami, D. S. (2020). Hubungan Antara Pengasuhan Positif Dan Child Well-Being Pada. Prosiding Seminar Nasional Dan Call Paper “Psikologi Positif Menuju Mental Wellness,” 322– 331.

Kasnodihardjo. (2014). Nilai Anak Dalam Keluarga Dan Upaya Pemeliharaan Kesehatannya (Suatu Studi Etnografi Di Desa Gadingsari, Kabupaten Bantul) Value of Children in The Family and Health Care (An Ethnography Study at Gadingsari Village, Bantul District). Ekologi Kesehatan, 13(Vol. 13. No. 4 (2014): Jurnal Ekologi Kesehatan), 354 – 362. file:///D:/SOSIOLOGI UNESA 20202021/smtr 1/Pengantar Metode Penelitian sosiologi/jurnal pmps/81518-ID￾nilai-anak-dalam-keluarga-dan￾upaya-peme.pdf

Khoiri, H. (2012). Penerimaan orangtua terhadap anak retardasi mental ditinjau dari kelas sosial. Developmental and Clinical Psychology, 1(1), 21–27.

Khoirunnisa’, L. U. (2018). Bimbingan dan Konseling dengan Teknik Multikultural Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(5), 456–468. http://e￾jurnalmitrapendidikan.com

Kusnadi, S. K., & Agustin, A. (2019). Parental Emotional Coaching untuk Meningkatkan Gaya Pengasuhan dan Penerimaan Orang Tua yang Memiliki Anak Tunarungu. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 9(2), 148. https://doi.org/10.26740/jptt.v9n2. p148-159

M. Ainul Yaqin. (2015). Nilai-Nilai Multikultural Dalam Kehidupan Siswa. ThaqafiyyaT, 16(1), 11. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1. 241

Miles huberman & Saldana. (n.d.). Qualitative Data Analysis.

Muthmainah, Situmorang, N. Z., & Tentama, F. (2018). Gambaran subjective well-being pada perempuan difabel. The 8thUniversity Research Colloquium 2018 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 143– 147.

Nasiruddin. (2018). Pembentukan Karakter Anak melalui Keteladanan Orang Tua Nasiruddin. Jurnal Kependidikan, 6(1), 323–333. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1 696

Noor, H. M. (2016). Agama Dan Pemberdayaan Difabel:Studi Komparatif terhadap Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam(Yaketunis) dan Pusat Rehabilitasi Yayasan KristenUntuk Kesejahteraan Umum (Yakkum). Inklusi, XII(1), 17–37.

Normasari, E., Fitrianawati, M., & Hidayah, N. (2021). Akseptabilitas Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Kota Yogyakarta (Studi Kasus Pada Lembaga Federasi Komunikasi Keluarga Penyandang Disabilitas). WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i 2.6927

Psikologi, P. M., Pascasarjana, S., & Surakarta, U. M. (2017). Dinamika penerimaan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. 4(1), 18–23.

Rachmayanti, S., & Zulkaida, A. (2011). Penerimaan Diri Orangtua Terhadap Anak Autisme Dan Peranannya Dalam Terapi Autisme. Jurnal Ilmiah Psikologi, 7–17. http://www.ejournal.gunadarma.ac .id/index.php/psiko/article/view/2 77

Santoso, M. B., Wibhawa, B., & Ishartono, I. (2018). Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Dengan Retardasi Mental. Share : Social Work Journal, 8(1), 31. https://doi.org/10.24198/share.v8i 1.16111

Sere, I., & Endang. (2018). Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Mendidik Anak Menurut Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 12-19 (Analisis Tafsir Ibnu Katsir). Jurnal Pendidikan Islam, 53(1), 59–65. http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2 012.03.001

Sinaga, M. E., & Gulo, Y. (2020). Konseling Lintas Budaya dan Agama (Nilai-Nilai pada Masyarakat Suku Batak dalam Melakukan Pendampingan terhadap Disabilitas). Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(2), 96. https://doi.org/10.24114/antro.v5i 2.14217

Susanto, S. E. (2014). Penerimaan Orangtua Terhadap Kondisi Anaknya Yang Menyandang Autisme Di Rumah Terapis Little Star. Jurnal Psikosains, 9(2), 140– 152.

Trivette, C. J. D. dan C. M. (1986). Looking Beyond the Parent-Child Dyad For the Determinants of Maternal Styles of Interaction. Infant Mental Health Journal, Vol. 7.

Twining Presta Mintari dan Nurlaela Widyani. (2015). Gambaran Strategi Coping pada Orang tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Insight, Vol. 11(No. 2).

Ulyatin Nur Afina. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Religiusitas dengan Penerimaan Orang tua pada ABKNo Title. Jurnal Psikologi Maria Kudus, Vol. 1(No. 1).

Wardhani, P. S. N. (2020). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Menyikapi Keberagaman Di Sekolah Inklusi. Journal Fascho in Education …. https://journal.stkipmbogor.ac.id/index.php/Proceedings /article/view/96%0Ahttps://journal .stkipmbogor.ac.id/index.php/Proceedings /article/download/96/55

Widyorini, E., Harjanta, G., Roswita, M. Y., Sumijati, S., Eriyani, P., Primastuti, E., Hapsari, L. W., & Agustina, E. (2014). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. 1– 100. http://repository.unika.ac.id/26427 /1/2013G2_BukuABKpdf.pdf
Published
2022-07-05